-->
Hanya Ada Satu Solusi Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Kerja Di Dunia Modern
4/ 5 stars - "Hanya Ada Satu Solusi Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Kerja Di Dunia Modern" - Karir dan jabatan yang mapan bukanlah sebuah jaminan untuk menempati posisi yang paling kondusif dalam dunia kerja. Posisi terseb...

Hanya Ada Satu Solusi Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Kerja Di Dunia Modern




- Karir dan jabatan yang mapan bukanlah sebuah jaminan untuk menempati posisi yang paling kondusif dalam dunia kerja. Posisi tersebut sanggup diambil alih oleh kompetitor yang mempunyai kapasitas dan kemampuan yang sama dalam menduduki sebuah jabatan. Makin tinggi jabatan yang diinginkan, maka makin tinggi pula kompetitor yang kita miliki. Jika kita kalah dengan kompetitor kita, maka jabatan tersebut akan segera bergeser, dan posisi kembali menjadi tidak aman, bahkan bisa jadi kita dipensiunkan secara dini oleh perusahaan terkait. 

Saat ini aneka macam belum dewasa muda yang telah menggeser posisi orang-orang renta dalam jenjang karirnya. Anak-anak muda menjadi lebih kreatif dan lebih cerdas dalam menuntaskan permasalahan di dunia kerja, padahal ia belum mempunyai cukup pengalaman kasatmata dalam kehidupan.


Misalnya, banyak perusahaan yang mencari karyawaan seorang lulusan fresh graduate, alasannya seorang fresh graduate mau dilatih, dibimbing, dan dibina dengan baik. Perusahaan menjadi tidak terlalu mementingkan pengalaman kerja, yang terpenting orang tersebut mempunyai kemampuan dan mau mencar ilmu serta bekerja keras. Tentunya, kau tidak ingin hal tersebut terjadi pada dirimu bukan?

Persaingan kerja yang makin menggila

Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk sangat besar, sedangkan lowongan kerja yang ada tidak sebanding dengan jumlah penduduk tersebut. Secara otomatis persaingan para pencari pekerjaan makin banyak dan peluang menjadi makin kecil.

Kita bisa lihat pada setiap tahunnya, sekolah-sekolah di Indonesia menetaskan lulusan SMK/SMA, Sarjana, Pascasarjana yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu, sedangkan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia hanya beberapa, hal tersebut sanggup menyebabkan intensitas pengangguran di kalangan masyarakat menjadi besar. 


Untuk menghindari dampak pengangguran massal, ada baiknya kau mencoba mengasah kemampuan, minat, dan talenta yang kau miliki baik melalui magang, bekerja paruh waktu, atau memulai berbisnis. Jangan khawatir apabila pekerjaan yang kau geluti nantinya berbeda dengan jurusan yang telah kau ambil. Semua dalam proses pengembangan diri dan pengembangan skill yang akan kita miliki untuk menata masa depan.  

Persaingan kerja mempunyai babak baru

Ketatnya persaingan kerja di dunia modern dikala ini berpangkal pada satu hal, ialah insan zaman modern melek dengan internet. Ya, masyarakat kini sangat antusias dengan kehadiran internet. Melalui internet, kau bisa mengasah minat dan talenta yang kau mau. Di dalamnya kau akan banyak mempelajari dan menggali ilmu pengetahuan dari pakarnya secara langsung.


Jika dimanfaatkan secara maksimal, maka kehadiran internet menunjukkan efek yang dahsyat dalam menunjang karir kau ke depannya. Coba perhatikan lingkungan sekitarmu! Bukankah banyak toko-toko offline yang merambah ke dunia digital melalui internet? Bukankah banyak belum dewasa muda usia 20 tahunan yang mulai sukses di dunia digital? Bukankah banyak masyarakat yang mulai berlomba-lomba untuk memanfaatkan internet sebagai media bisnis mereka? Kamu juga harus mencoba!

Saat kau belum menemukan karir impianmu. Saat kau ditolak berkali-kali oleh perusahaan yang kau impikan. Saat finansialmu tidak kunjung membaik. Saat finansialmu stagnan di atas kebutuhan yang menghimpit. Saatnya kau mengejar semua impianmu melalui internet. Siapa tahu keberuntunganmu berada di situ.