Source image : uxplanet.org
Usability berasal dari kata usable yang berarti sanggup dipakai dengan baik. Usability sendiri lebih sempurna dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat kenyamanan pemakaian dari sisi pengguna. Usability yaitu kondisi dimana seseorang bisa dengan gampang memakai sebuah alat atau objek tertentu buatan insan untuk sanggup mencapai suatu tujuan.
Usability yang dimaksud pada Interaksi Manusia dan Sosial yaitu bahwa sistem yang dibentuk tersebut gampang dipakai dan gampang dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Usability merupakan bab penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem.
1. Learnability
- Teks yang dipakai terang bagi pembaca
- Warna teks nyaman untuk dibaca
- Menu yang ada gampang untuk difahami
- Kalimat yang gampang untuk difahami
2. Effeciency
- Struktur sajian tersistem
- Menu sanggup tampil dengan ccepat ketika di-klik
3. Memoriability
- Nama halaman web gampang diingat
- Memiliki widget Calender Event
4. Error
- Tidak terdapat error pada tiap link halaman
- Terdapat pesan yang terang bila terjadi error
5. Satisfaction
- Mampu menciptakan user sanggup dating kemali
- Menyajikan warta yang dibutuhkan
- Informasi yang disajika ter-up to date (terkini)
Usability (Daya Guna) mempunyai prinsip dalam interaksi insan dan komputer yaitu:
- Human Ability
- Human Capability
- Memori
- Proses
- Observation
- Problem Solving