-->
Pengertian Usability Dalam Interaksi Insan Dan Komputer
4/ 5 stars - "Pengertian Usability Dalam Interaksi Insan Dan Komputer" Source image : uxplanet.org Usability berasal dari kata usable yang berarti sanggup dipakai dengan baik. Usability sendiri lebih sempur...

Pengertian Usability Dalam Interaksi Insan Dan Komputer



Source image : uxplanet.org
Usability berasal dari kata usable yang berarti sanggup dipakai dengan baik. Usability sendiri lebih sempurna dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat kenyamanan pemakaian dari sisi pengguna. Usability yaitu kondisi dimana seseorang bisa dengan gampang memakai sebuah alat atau objek tertentu buatan insan untuk sanggup mencapai suatu tujuan.

Usability yang dimaksud pada Interaksi Manusia dan Sosial yaitu bahwa sistem yang dibentuk tersebut gampang dipakai dan gampang dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Usability merupakan bab penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem.

Menurut Jakob Nielsen, usability mempunyai lima kriterian yang sangat penting, yaitu :
1. Learnability
  • Teks yang dipakai terang bagi pembaca
  • Warna teks nyaman untuk dibaca
  • Menu yang ada gampang untuk difahami
  • Kalimat yang gampang untuk difahami

2. Effeciency
  • Struktur sajian tersistem
  • Menu sanggup tampil dengan ccepat ketika di-klik

3. Memoriability
  • Nama halaman web gampang diingat
  • Memiliki widget Calender Event

4. Error
  • Tidak terdapat error pada tiap link halaman
  • Terdapat pesan yang terang bila terjadi error

5. Satisfaction
  • Mampu menciptakan user sanggup dating kemali
  • Menyajikan warta yang dibutuhkan
  • Informasi yang disajika ter-up to date (terkini)

Usability (Daya Guna) mempunyai prinsip dalam interaksi insan dan komputer yaitu:
  • Human Ability
Adalah kualitas kemampuan manusia, Dalam IMK human ability terdiri atas kemampuan memahami tinggi, kapasitas memori long term tidak terbatas, pengenalan contoh pikir yang powerfull. namun buruknya yaitu proses cenderung salah, lambat dan saluran yang tidak sanggup mendapatkan amanah pada short term memory (STM)
  • Human Capability
suatu kemampuan insan untuk melaksanakan sesuatu yang dimilikinya tetapi lebih mengarah kepada anggota penginderaan pada insan itu sendiri
  • Memori
Memori yaitu suatu daerah atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga sanggup menyimpan pengetahuan factual dan pengetahuan procedural
  • Proses
berjalannya suatu acara untuk mencapai tujuanyang akan dicapai. Pada usability proses yang dimaksud yaitu tahapan dalampengerjaan dan pemahaman dalam berinteraksi antara insan dngan komputer.
  • Observation
pengamatan dimana orang lebih fokus untuk menuntaskan masalah, tidak untuk berguru memakai suatu sistem secara efektif. Orang memakai perbandingan jikalau tidak ada penyelesaian. Orang lebih kepada heuristic dibanding algorithmic.
  • Problem Solving
Penyelesaian duduk masalah dalam IMK ini sesudah penyimpanan di LTM, lalu diaplikasikan.
Sumber https://yuanizen.blogspot.com/