-->
Soal Tes Potensi Skolastik (Tps) Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Beserta Pembahasannya
4/ 5 stars - "Soal Tes Potensi Skolastik (Tps) Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Beserta Pembahasannya" Soal TPS Kemampuan memahami bacaan dan menulis. Bacalah goresan pena berikut, lalu jawablah soal-soal yang tersedia dengan menentukan ba...

Soal Tes Potensi Skolastik (Tps) Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Beserta Pembahasannya



Soal TPS Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Bacalah goresan pena berikut, lalu jawablah soal-soal yang tersedia dengan menentukan balasan yang sempurna di antara pilihan balasan A, B, C, D atau E

Bacaan 1

(1) Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel badan manusia. (2) Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. (3) Pada penderita diabetes, pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. (4) Tanpa insulin sel-sel badan tidak sanggup menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. (5) Diabetes ialah penyakit yang berlangsung usang atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. (6) Apabila seseorang tidak bisa meminimalisir glukosanya di dalam darah akhir tidak diserap sel badan dengan baik sanggup mengakibatkan 1[…] gangguan organ tubuh. (7) Lebih parahnya lagi, kalau seseorang tidak bisa mengontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

8) Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. (9) Diabetes tipe 1 terjadi lantaran sistem kekebalan badan penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. (10) Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. (11) Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. (12) Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. (13) Dugaan paling berpengaruh ialah disebabkan oleh faktor 2[…] dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan. (14) Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

Soal
1. Judul yang paling sempurna untuk melengkapi teks di atas adalah….
A. Diabetes Disebabkan Kadar Glukosa dalam Tubuh
B. Diabetes Penyakit yang Disebabkan oleh Tingginya Kadar Glukosa
C. Glukosa Merupakan Faktor Diabetes
D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
E. Jenis-Jenis Penyakit Diabetes dan Penyembuhannya

2. Kata berimbuhan yang salah pada paragraf ke 1 adalah….
A. memproduksi
B. menyerap
C. meminimalisir
D. mengontrol
E. mengolah

3. Kata yang paling sempurna untuk melengkapi titik-titik pada kalimat di atas ialah ....
A. macam, keturunan,
B. berbagai, genetik,
C. banyak, keturunan,
D. jenis, riwayat,
E. macam-macam, gen

4. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah
A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel badan tidak sanggup menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
B. Jika seseorang tidak bisa mengontrol insulin dalam tubuh, maka penyakit berbahaya akan menjadi ancaman sampai kematian.
C. Diabetes tipe 1 terjadi lantaran sistem kekebalan badan penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.
E. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

5. Kalimat utama paragraf 1 ditunjukkan oleh nomor....
A. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel badan manusia.
B. Diabetes ialah penyakit yang berlangsung usang atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.
C. Jika seseorang tidak bisa mengontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.
E. Pada penderita diabetes, pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

6. Kalimat suntingan yang sempurna untuk kalimat 6 bacaan di atas ialah ....
A. Lebih parahnya lagi, kalau seseorang tidak bisa mengontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
B. Jika seseorang tidak bisa mengontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
C. Oleh lantaran itu, kalau seseorang tidak sanggup mengontrol glukosa dengan baik, maka sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
D. Namun, apabila seseorang tidak sanggup mengkontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
E. Apabila seseorang tidak sanggup mengkontrol glukosa dengan baik, sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

7. Agar menjadi paragraf yang baik, kalimat epilog paragraf terakhir yang paling sesuai ialah ….
A. Oleh lantaran itu, mengenali semenjak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol contoh asupan glukosa ke dalam tubuh.
B. Dan, kita harusnya mengenali semenjak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol contoh asupan glukosa ke dalam tubuh.
C. Tipe-tipe tersebut sangat penting untuk diketahui dan melaksanakan pencegahan terhadap penyakit diabetes.
D. Dengan mengenali tipe diabetes penderita bisa melaksanakan pencegahan lebih awal.
E. Kemudian mengenali faktor tipe diabetes tipe 1 dan 2 akan mengenali produksi insulin dalam tubuh.

8. Kalimat di bawah ini yang membuktikan kekerabatan syarat terdapat pada kalimat….
A. Microbial fuel cell ialah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik dengan agresi mikroorganisme, yang dalam masalah ini apabila ditemukan di dalam tanah.
B. Sampai sejauh ini para peneliti menyampaikan penelitian deteksi dini dilakukan dalam skala kecil dan tidak saling berhubungan.
C. Para ilmuwan menyampaikan kemampuan tanaman naungan untuk menghasilkan energi dalam tingkat yang rendah untuk memasok sel materi bakar akan merevolusi cara pengamatan alam.
D. Gula ini tidak tinggal di daun, tetapi diangkut ke seluruh tanaman ke batang dan akar.
E. Hal yang sangat penting dari teknologi ini ialah kemampuan untuk mendapat dan menangkap energi dari tanaman di tempat yang kurang sinar matahari.

Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D atau E)

Bacaan 2

Para penerima diberitahu wacana pilihan dokter untuk memperlihatkan opsi (9)bypass jantung. Opsi ini berpeluang menjaga kesehatan pasien selama bertahun-tahun, meski ada kemungkinan janjkematian ketika (10)operasi. Mungkin menyerupai sudah diprediksi, para penerima menilai keputusan (11)sang dokter jauh lebih keras kalau mereka diberi tahu bahwa pasien meninggal sesudah operasi dibandingkan ketika mereka diberitahu bahwa pasien bertahan hidup meskipun manfaat dan hasilnya sama persis dalam setiap kasus. Bagaimanapun, begitu Anda mengetahui wacana bencana itu, sulit untuk tidak menyalahkan, dokter menciptakan para penerima mempertanyakan kompetensinya dan (12)nonkooperatif.

9.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Bypass
C. “bypass”
D. bypass
E. “bypass”

10. 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. oprasi
C. Operasi
D. operasi
E. oprasi

11. 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Sang
C. sang
D. Sang
E. ‘sang’

12.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. non kooperatif
C. non-kooperatif
D. non-Kooperatif

Bacalah goresan pena berikut, lalu jawablah soal-soal yang tersedia dengan menentukan balasan yang sempurna di antara pilihan balasan A, B, C, D atau E.

Bacaan 3

(1) Bicara soal budaya Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. (2) Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda budpekerti istiadatnya. (3) Hal ini juga yang sering menarik perhatian dunia. (4) Wisatawan ajaib yang berkunjung ke Indonesia, niscaya akan terkesan dengan keragaman budaya di Indonesia ini. (5) Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga. (6) Indonesia sendiri sudah populer akan keragaman budaya. (7) Maka tidak heran kalau warga negara ajaib justru banyak yang rela bersekolah kebudayaan Indonesia, dan menetap di Indonesia. (8) Kita sebagai warga negara indonesia harus besar hati dan membantu untuk tetap melestarikannya.

(9) Batik merupakan hasil karya Indonesia yang kini ini sudah mendunia. (10) Banyak sekali artisartis luar negeri yang menggunakan baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama. (11) Selain itu batik juga sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. (12) Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri khas motif yang berbeda-beda. (13) Dan jenis batik sendiri kini juga sudah bermacam-macam mulai dari batik tulis dan batik cetak. (14) Dulunya batik dibentuk menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. (15) Namun, kini sudah ada alat batik dengan menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cetak.

13. Apa gagasan utama paragraf kedua?
A. Banyak sekali artis-artis luar negeri yang menggunakan baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama.
B. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri-khas motif yang berbeda-beda.
C. Jenis batik sendiri kini juga sudah bermacam-macam mulai dari batik tulis dan batik cetak.
D. Dulunya batik dibentuk menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis.
E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang kini ini sudah mendunia.

14. Kesalahan penggunaan tanda baca ditemukan pada kalimat ....
A. (1) dan (2)
B. (4) dan (7)
C. (9) dan (11)
D. (12) dan (13)
E. (14) dan (15)

15. Pertanyaan yang jawabannya tidak sesuai dengan teks tersebut adalah….
A. Keragaman apa saja yang menjadi pujian Indonesia?
B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunya warisan dunia?
C. Alat apa yang digunakan untuk menciptakan batik Indonesia yang mendunia?
D. Apa yang menciptakan wisatawan ajaib terkesan dengan budaya Indonesia?
E. Mengapa sebagai warga negara Indonesia harus besar hati dan membantu untuk tetap melestarikannya?

16. Kata “ini” pada kalimat ke-3 di atas merujuk pada….
A. Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga.
B. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri khas motif yang berbeda-beda.
C. Wisatawan ajaib yang berkunjung ke Indonesia, niscaya akan terkesan dengan keragaman budaya di Indonesia ini.
D. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda budpekerti istiadatnya.
E. Dulunya batik dibentuk menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik
tulis.

17. Konjungsi yang salah terdapat pada kalimat….
A. (2) dan (7)
B. (8) dan (10)
C. (11) dan (13)
D. (12) dan (4)
E. (9) dan (14)

18. Penulisan judul yang sesuai dengan EBI adalah….
A. Gerak-Gerik Pencuri di Malam Hari dengan Alat Saktinya
B. Kecil-kecil Makara Pengusaha Buah Mangga
C. Berjalan-Jalan Ke Kota Kembang Bandung
D. Si Pohan dan Si Juna Pemburu Harta Karun di Maribaya
E. Surat Cinta Dari Pengagum Rahasia

19. Penulisan abjad kapital di bawah ini yang salah adalah….
A. Seharusnya ia berpikir dan berdoa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.
B. Pria itu dikejar-kejar pihak berwenang lantaran mengaku sebagai nabi.
C. Bulan ini ayah saya akan dilantik menjadi menteri.
D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda.
E. Perang Kemerdekaan menjadi saksi rakyat Indonesia yang tak terlupakan.

20. Hubungan perbandingan terdapat dalam pernyataan....
A. Pengendara itu mengendarai mobilnya dengan sangat kencang, ia tengah mengendarai motornya di sebuah sirkuit balapan.
B. Rumahnya begitu megah dan glamor kalau dilihatnya sebuah istana di zaman Yunani kuno.
C. Roti ini sangat lembut serasa sebuah kapas.
D. Rasa manisnya begitu terasa di lidahku seolah-olah rasa cantik tersebut memanjakan atau merayu lidahku.
E. Vallen termangu membisu, mulutnya tengah terkunci dengan rapat.

Jawaban dan Pembahasan

1. Jawaban D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
Pembahasan: Menentukan judul dalam teks bisa dilihat dari banyak sekali wangsit pokok dalam sebuah paragraf, lalu menggabungkan wangsit pokok tersebut. Mengenali Kadar Glukosa ialah wangsit dalam paragraf ke-1

2. Jawaban C. meminimalisir
Pembahasan: Jelas dalam bahasa Indonesia bergotong-royong akhiran-ir tidak ada atau tidak baku.

3. Jawaban B. berbagai, genetik,
Pembahasan: mencari kata/diksi dengan tepat

4. Jawaban A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel badan tidak sanggup menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
Pembahasan: Jelas, dalam mencari pernyataan yang sesuai dengan teks maka harus membaca dengan cermat dan memperhatikan kekerabatan antar kalimat.

5. Jawaban B. Diabetes ialah penyakit yang berlangsung usang atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.
Pembahasan: Berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
a. Deduktif (awal paragraf)
b. Ineratif (tengah paragraf)
c. Deduktif (akhir paragraf)
d. Campuran (awal dan final paragraf)

6. Jawaban C. Oleh lantaran itu, kalau seseorang tidak sanggup mengontrol glukosa dengan baik, maka sanggup timbul banyak sekali komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
Pembahasan: tujuan penyuntingan ialah mempermudah pembaca dalam memahami teks bacaan serta kaidah kalimat efektif memperhatikan kehematan kata, sedangkan kaidah dalam bahasa Indonesia fungsi konjungsi sebagai ciri dalam suatu paragraf

7. Jawaban A. Oleh lantaran itu, mengenali semenjak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol contoh asupan glukosa ke dalam tubuh.
Pembahasan: penggunaan konjungsi kausalitas oleh lantaran itu, membuktikan kausal dari mengenali
tipe diabetes terhadap asupan glukosa (sebab-akibat)

8. Jawaban A. Microbial fuel cell ialah perangkat yang mengubah energi kimia menjadienergi listrik dengan agresi mikroorganisme, yang dalam masalah ini apabila ditemukan di dalam tanah.
Pembahasan: konjungsi apabila merupakan jenis konjungsi kekerabatan syarat.

9. Jawaban D. bypass
Pembahasan: serapan ajaib ditulis dengan abjad miring

10. Jawaban  A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: berdasarkan KBBI, yang sempurna ialah operasi bukan oprasi

11. Jawaban A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: penulisan sang ditulis dengan abjad kecil, kecuali penulisan dalam judul

12. Jawaban  A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: Kata ‘non’ digabung penggunaannya dengan kata dasar ataupun kata berimbuhan tanpa tanda strip atau spasi. Kata yang biasa disambung dan sudah ditemukan penggunaannya ialah kata yang diawali abjad a, b, d, e, f, h, i, k, m, p, s, t, dan v.

13. Jawaban  E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang kini ini sudah mendunia.
Pembahasan: Kalimat tersebut merupakan gagasan pokok yang berada di awal paragraf yang belum mengalami pengembangan paragraf berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
1. Deduktif (awal paragraf)
2. Ineratif (tengah paragraf)
3. Deduktif (akhir paragraf)
4. Campuran (awal dan final paragraf)

14. Jawaban B. (4) dan (7)
Pembahasan: penggunaan tanda ‘koma’ kalimat tersebut tidak tepat

15. Jawaban B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunya warisan dunia?
Pembahasan: Jelas, pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan pertnyataan dalam teks lantaran terdapat ciri kata ‘satu-satunya’ dalam pertanyaan tersebut.

16. Jawaban D. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda budpekerti istiadatnya.
Pembahasan: kata ‘ini’ merujuk pada kalimat sebelumnya.

17. Jawaban C. (11) dan (13)
Pembahasan: konjungsi ‘Selain itu’ merupakan konjungsi antarkalimat lalu harus disertai dengan tanda baca (,) sedangkan konjungsi ‘dan’ digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih
klausa yang memiliki status sederajat.

18. Jawaban D. Surat Cinta Dari Pengagum Rahasia
Pembahasan: Huruf kapital digunakan sebagai abjad pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.

19. Jawaban D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda
Pembahasan: Huruf kapital digunakan sebagai abjad pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa

20. Jawaban D. Rasa manisnya begitu terasa di lidahku seakanakan rasa cantik tersebut memanjakan atau merayu lidahku.
Pembahasan: konjungsi seakanakan merupan jenis konjungsi kekerabatan perbandingan.

Sumber https://yuanizen.blogspot.com/