-->
Soal Usbn Sejarah Peminatan Sma 2020 Dan Jawabannya
4/ 5 stars - "Soal Usbn Sejarah Peminatan Sma 2020 Dan Jawabannya" Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA/MA) yang se...

Soal Usbn Sejarah Peminatan Sma 2020 Dan Jawabannya






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN). Kali ini Mas Nazmi ingin menyebarkan infirmasi mengenai Contoh Soal USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ialah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh ratifikasi atas prestasi belajar.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Contoh Soal US (USBN) Sejarah Peminatan SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sama saja dengan Ujian Sekolah, yang membedakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berstandar nasional sedangkan Ujian Sekolah berstandar satuan pendidikan (sekolah).

Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah dilaksanakan semenjak tahun kemudian tetapi hanya 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan dan KKPI (untuk jenjang SMK) sedangkan mata pelajaran lain masuk Ujian Sekolah. Tahun ini semua mata pelajaran masuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Apa bedanya UN dan USBN. Soal UN dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menurut kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan Saoal USBN dibuat oleh guru-guru sekolah. Para guru tersebut tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan juga Kelompok Kerja Guru (KKG). Guru dari sekolah masing-masing tersebut membuat soal dari standar kisi-kisi yang sudah disusun oleh BSNP dan juga Kemendikbud.

Untuk Contoh Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020. Soal US (UAS/USBN) ini bisa anda gunaka sebagai acuan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2020

1. Sejarah dan insan merupakan satu kesatuan yang tak sanggup dipisahkan. Sejarah mempunyai hubungan yang bersahabat dengan kehidupan insan lantaran ......
A. sejarah menceritakan kisah kehidupan manusia
B. sejarah menceritakan kenangan masa kemudian manusia
C. kehidupan insan ketika ini ditentukan oleh sejarah
D. insan merupakn pencipta ilmu sejarah itu sendiri
E. insan mempunyai imajinasi untuk membuat sejarah

2. Konsep kronologis dalam sejarah sangat diharapkan lantaran insiden sejarah terdiri atas banyak sekali jenis dan bentuk insiden yang berbeda. Dampak penyusunan insiden sejarah tanpa konsep kronologis ialah ......
A. pembaca tidak menemui nilai – nilai positif dari tokoh sejarah
B. insiden pada suatu masa akan masuk ke masa yang lain
C. pembaca akan terjebak pada imajinasi sejarawan
D. sejarawan kesulitan menemukan teori sejarah
E. insiden sejarah tidak ditulis secara objektif

3. Dalam melaksanakan penelitian sejarah seorang sejarawan harus mengikuti langkah-langkah penelitian sejarah. Di antara langkah-langkah tersebut salah satunya Heuristik. Heuristik ialah tahap mencari, menemukan, serta mengumpulkan sumber-sumber atau banyak sekali data yang relevan dengan topik penelitian. Hal ini dilakukan guna mengetahui segala bentuk insiden atau insiden sejarah masa lampau. Jika seorang sejarawan ingin melaksanakan penelitian wacana tugas tokoh tertentu dalam reformasi di Indonesia maka untuk mendapat sumber yang relevan sanggup dilakukan memakai metode .....
A. mengunjungi situs-situs bersejarah wacana reformasi
B. melaksanakan wawancara guna melengkapai data yang ada
C. studi pustaka untuk membandingkan penelitian lainnya
D. pengecekan terhadap banyak sekali sumber yang telah dihimpun
E. identifikasi terhadap sumber sejarah yang telah dikumpulkan

4. Sartono Kartodirdjo menjelaskan bahwa analisis sejarah sanggup memakai teori ilmu – ilmu sosial. Pendapat tersebut didasarkan pada konsep pada penulisan sejarah yaitu konsep .....
A. diakronik
B. singkronik
C. kausalitas
D. kronologis
E. periodisasi

5. Perang Padri yang terjadi di Minangkabau, Sumatera Barat digerakkan oleh para pembaru Islam yang sedang konflik dengan kaum Adat. Adanya kontradiksi tersebut telah memperlihatkan peluang intervensi pasukan Belanda dalam kehidupan masyarakat Minangkabau. Hal ini mengakibatkan beberapa kali perlawanan antara kaum Padri dengan pasukan Belanda. Peristiwa tersebut yang merupakan konsep berpikir sinkronik dalam sejarah lantaran ......
A. adanya kontradiksi antara kaum Padri dan kaum Adat mengakibatkan campur tangan Belanda dalam mengatur beberapa nagari
B. intervensi dari pihak Belanda sangat secara umum dikuasai yaitu pada fase pertama dan kedua terjadinya perang Padri
C. kehidupan masyarakat Minangkabau didominasi oleh aturan adat tradisional yang diwarnai unsur-unsur Islam
D. pembaruan sistem pemerintahan oleh para kaum Padri meredam pertentangannya dengan kaum Adat
E. masyarakat Minangkabau yang masih kuat adat tradisionalnya gampang berakulturasi dengan kebudayaan Islam

6. Tidak sanggup disangkal bahwa historiografi kolonial turut memperkuat historiografi Indonesia. Penulisan sejarah periode kolonial bersifar neerlandosentris artinya .....
A. pemerintah kolonial belanda turut campur dalam penulisan sejarah
B. menceritakan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda
C. seluruh karya diterbitkan oleh pemerintah kolonial Belanda
D. penulisan sejarah didukung oleh pemerintah kolonial Belanda
E. pemerintah kolonial belanda menjadi subjek penulisan

7. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Budayanya sangat primitif dan sederhana
(2) Peninggalan merupakan kebudayaan tertua
(3) Alat-alat kehidupannya berupa kapak genggam
(4) Sudah mengenal bercocok tanam
(5) Manusianya tinggal di gua-gua

Ciri kehidupan insan praaksara masa Paleolitikum ditunjukkan pada nomor .....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

8. Pada masa bercocok tanam dan beternak insan telah mempunyai seorang pemimpin dalam kelompok. Pemilihan pemimpin dalam kelompok pada masa praaksara di dasarkan pada .....
A. kekuatan fisik kan harta keakayaan
B. kewibawaan dan esaktian
C. tingkat kedewasaan dan usia
D. kemampuan spiritual dan kekuatan fisik
E. harta kekayaan dan tingkat kepandaian

9. Ada banyak peradaban kuno di dunia yang masih mempunyai bukti sejarah yang masih ada sampai sekarang, diantaranya Mesir. Salah satu bukti peradaban dari bangsa mesir kuno ialah piramida yang berfungsi untuk .......
A. penyimpanan jenasah Raja-raja mesir kuno
B. lambang kejayaan bangsa mesir
C. tempat menuliskan sejarah raja mesir
D. untuk tempat tinggal tuhan Amon Ra
E. tempat menyimpan sesaji bagi Roh nenek moyang bangsa mesir

10. Raja kertanegara dari Singasari mempunyai ambisi memperluas daerah kekuasaannya. Kebijakan perlusan wilayah tersebut berusaha dicapai dengan cara .....
A. menjalin hubungan dengan Raja Mongol yaitu Kubilai khan
B. menjalin politik permainan dengan para penguasa di luar jawa
C. mendirikan bangunan suci di wilayah – wilyah kekuasaannya
D. melaksanakan Ekspedisi Pamalayou untuk menaklukan pulau Sumatra
E. menjadikan kerajaan kediri sebagai daerah bawahan

11. Setelah pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut terjadi lantaran ....
A. Perang saudara melibatkan keluarga kerajaan
B. Kekuatan angkatan perang Majapahit semakin melemah
C. Banyak pejabat pemerintahan yang tidak tunduk kepada raja
D. Pemerintahan Majapahit diisi oleh pejabat yang tidak cakap
E. Sejumlah negara sobat enggan menjalin hubungan dagang

12. Pelabuhan Somba Opu mempunyai tugas pentingbagi Kerajaan Gowa-Tallo. Pelabuhan ini berperan sebagai penghubung jalur perdagangan antara.....
A. Jawa, Lombok, dan Maluku
B. Malaka, Sunda dan Maluku
C. Malaka, Jawa, dan Maluku
D. Sunda, Jawa dan Makassar
E. Sunda, Bali, dan Makassar

13. Kerajaan Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan bahari Hindu-Buddha di Nusantara mempunyai banyak keragaman diantaranya penganut agama yang berbeda. Meskipun demikian rakyat Majapahit sanggup hidup rukun dan berdampingan. Raja selalu berusaha biar ketentraman masyarakatnya sanggup berjalan baik sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan Majapahit besar lengan berkuasa sampai ketika ini dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dampak keragaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia masa kini ialah .....
A. terciptanya keharmonisan dalam persamaan antarpenduduk terutama pada sistem pertahanan dan keamanan negara sarana pemujaan
B. Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat lantaran selalu menjaga kerukunan antarsuku bangsa
C. hidup saling berdampingan antarpenduduk sehingga besar lengan berkuasa terhadap kelangsungan sistem pemerintahan
D. munculnya perilaku toleransi dan tenggang rasa dari masyarakat yang berbeda latar belakang status
E. keragaman antarpenduduk besar lengan berkuasa terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional bangsa Indonesia

14. Perhatikan fakta-fakta berikut!
1) Masyarakat Indonesia sanggup membaca tulis Arab
2) Bahasa Arab dipakai sebagai bahasa pergaulan sehari – hari
3) Penamaan orang memakai nama – nama Arab
4) Pemerintah menerapkan aturan islam untuk menuntaskan permasalahan

Pengrauh islam dalam kehidupan sehari – hari masyarakat Indonesia ditunjukkan oleh angka ......
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)

15. Sekitar era XVII kegiatan perekonomian negara – negara Eropa berlandaskan merkantelisme. Kegiatan perekonomian menurut merkantilisme bertujuan .......
A. mempunyai banyak industri besar
B. mempunyai negeri jajahan yang luas
C. menanamkan modal di beberapa industri besar
D. mendapat logam mulia sebanyak - banyaknya
E. mengumpulkan laba dari kegiatan perdagangan

16. Sun Yat Sen merupakan salah satu tokoh revolusioner China yang ingin mempersatukan China Utara dan China Selatan. Usaha yang dilakukan Sun Yat Sen untuk mewujudkan keinginannya tersebut yaitu .....
A. mendirikan partai Kuo Min Tang
B. mengangkat dirinya sebagai Presiden
C. membentuk Dewan Perwakilan Rakyat
D. menjadikan Jenderal Yuan Shih Kai sebagai Presiden
E. menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahan

17. Perang Dunia II terjadi lantaran adanya impian negara sentral untuk membalas kekalahan dalam Perang Dunia I. Selain itu, penyebab khusus terjadinya Peranga Duina II ialah ....
A. keiinginan menjadi negara terkuat dunia
B. penyerbuan Jepang atas China pada tahun 1937
C. penyerangan wilayah oleh negara – negara sekutu
D. pembentukan aliansi -aliansi menurut ideologi
E. kegagalan LBB dalam menjaga perdamaian dunia

18. Perang Dunia I tidak hanya besar lengan berkuasa bagi masyarakat Eropa, tetapi pengaruhnya menyebar sampai ke seluruh dunia. Dalam bidang politik, Perang Dunia I mengakibatkan terjadinya perubahan teritorial yang disebabkan oleh ....
A. dominasi paham-paham diktator menyerupai Nazi di Jerman dan Fasisme di Italia yang ingin menguasai dunia
B. munculnya negara-negara gres di daerah Asia dan Afrika sehingga mempengaruhi peta dunia
C. impian para negara sekutu menaklukkan wilayah Asia dan Afrika menjadi penggalan pemerintahannya
D. kekalahan negara-negara sentral menyerupai Jerman, Turki, Bulgaria dan Austria yang harus menyerahkan wilayahnya
E. adanya paham gres yang menjadikan adanya pembagian kekuasaan yaitu komunis dan demokrasi

19. Demokrasi ialah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Menurut Abrahan Lincoln untuk membuat sistem demokrasi diharapkan .....
A. pembentukan lembaga dewan legislatif untuk mewakili aspirasi rakyat
B. pelaksanaan pemilu secara bersiklus untuk menentukan anggota parlemen
C. sistem konstitusi yang menjamin hak dan kewajiban rakyat dalam berpolitik
D. abdnegara yang bertanggung jawab mengatur sulruh kegiatan dipemerintahan
E. pemeritahan yang diselenggarakan atas nama rakyat dan dibatasi oleh konstitusi

20. Tokoh nasionalisme India yang populer ialah Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi mempunyai empat dasar usaha dalam menuntut kemerdekaan India, salah satunya ialah ahimsa. Wujud fatwa tersebut ialah .......
A. berkabung untuk insiden yang menyedihkan
B. menolak bekerja sama dengan Inggris
C. melaksanakan pemogokan kerja
D. berusaha untuk hidup mandiri
E. melawan musuh tanpa kekerasan

21. Nasionalisme turut melatar belakangi terjadinya revolusi Indonesia. Nasionalisme pada masa revolusi ditunjukkan rakyat Indonesia dengan cara ….
A. mengadakan diskusi dan kongres cowok nasional
B. melaksanakan usaha mempertahankan kemerdekaan
C. mengadakan pinjaman nasional untuk membangun bangsa
D. mendirikan dan menggerakkan organisasi – organisasi nasional
E. meminta dukungan bangsa aneh untk menegakkan kedaulatan bangsa

22. Deklarasi kemerdekaan yang ditandatangani pada tanggal 4 Juli 1776 oleh ketiga belas koloni di wilayah Amerika mengandung makna kebebasan hak asasi manusia. Pernyataan ini telah menjadikan ketegangan bahkan peperangan antara kaum kolonis Amerika dan pihak Inggris. Revolusi Amerika telah memperabukan semangat kebangsaan sampai ke negara lain menyerupai Indonesia sampai ketika ini. Dampak insiden tersebut terhadap sistem pemerintahan Indonesia ketika ini ialah .....
A. berkembangnya pemerintahan sentralisasi dengan berdasar pada otoritas tertinggi pada lembaga eksekutif
B. terbentuknya sistem kabinet pemerintahan sebagai perwakilan dari partai politik yang mendukung lembaga eksekutif
C. adanya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai wakil rakyat yang ditentukan menurut jumlah pendudu
D. rakyat mempunyai hak dan kewajiban tertinggi dalam sistem penyelenggaraan negara sehingga lembaga direktur bertanggung jawab kepada rakyat
E. adanya sistem dewan legislatif negara dalam menata arus mobilitas kepartaian sehingga tidak terjadi konflik kepentingan antarpartai

23. Indische Partij ialah organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij memperlihatkan garis politik secara terperinci dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan lantaran ....
A. organisasi ini diketuai tokoh yang berpendidikan Belanda
B. Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa
C. Indische Partij dalam perjuangannya bersikap moderat
D. Indische Partij memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
E. berjuang untuk memperbesar imbas pro Hindia Belanda

24. Budi Utomo merupakan organisi pergerakan yang bersifat moderat dan memakai taktik kooperatif. Pernyataan yang memperlihatkan seni manajemen pergerakan tersebut ialah ....
A. pemerintah kolonial Belanda menetapkan status Budi Utomo sebagai organisi berbadan hukum
B. sebagian besar pengurus dan anggota Budi Utomo ialah para pegawai negeri dan priyai
C. Budi Utomo mendelegasika anggotanya untuk menjadi anggota dewan rakyat (Volksraad)
D. anggota – anggota Budi Utomo menjalin kerjasama dengan organisasi pergerakan nasional lainnya.
E. Budi Utomo bergabung dalam federasi Pemufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI)

25. Sejak 1870 pemerintah kolonial Belanda menrapkan sistem ekonomi liberal. Seiring pelaksanaan sistem tersebut banyak rakyat Indonesia berubah mata pencahariannya dari petani menjadi buruh perkebunan. Kondisi tersebut memperlihatkan bhawa .....
A. Kebijakan ekonomi pemerintah kolonial turut mempengaruhi migrasi penduduk
B. Pemerintah Kolonial Belanda ingin memajukan perkebunan daerah koloni
C. Sektor perekonomian dikendalikan oleh pihak swasta atau pemilik modal
D. Sektor perkebunan menjanjikan upah yang layak bagi rakyat
E. Kolonialisme Barat mengakibatkan perubahan kegiatan ekonomi masyarakat

26. Pada tahun 1944 posisi Jepang dalam perang pasifik semakin terdesak kondisi tersebut terjadi lantaran ....
A. Amerika Serikat berhasil menduduki kepulauan Marshall, Saifan dan Fhilipina
B. Amerika Serikat berhasil menghabcurkan beberapa wilayah Jepang
C. Jepang kalah dari Rusia dalam mempertahankan Manchuria
D. wilyah Jepang banyak yang melepaskan diri
E. Jepang tidak lagi mendapat dari Jerman

27. Pendudukan Jepang di Indonesia menjadikan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi baik di bidang ekonomi maupun sosial. Pada bulan Maret 1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipimpin oleh empat serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansur. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia sanggup berafiliasi dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat-rapat maupun media massa milik Jepang. Pada perkembangan organisasi Putera dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses usaha Indonesia, karena......
A. menarik perhatian bangsa Indonesia biar membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya
B. membangkitkan semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa
C. membujuk kaum nasionalis sekuler dan kaum intelektual biar sanggup mengerahkan tenaga untuk melawan Jepang
D. menggerakkan rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu
E. mempersatukan rakyat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya

28. Piagam PBB turut mempengaruhi usaha kemerdekaan Indonesia. Piagam PBB tersebut berisi wacana .....
A. penegakan prinsip – prinsip demokrasi
B. persamaan hak – hak asasi insan
C. perlawanan terhadap kapitalisme
D. abolisi sistem peodalisme
E. perwujudan perdamaian dunia

29. Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu insiden menjelang Proklamsi Kemerdekaan Indonesia. Makna insiden Rengasdengklok bagi bangsa Indonesia ialah .....
A. kemerdekaan harus dilakukan melalui jalur diplomasi dan tanpa kekerasan
B. pelaksanaan dan pencapaian kemerdekaan bangsa Indonesia tidak sanggup dipaksakan
C. golongan muda tidak membutuhkan golongan bau tanah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
D. Proklamasi kemerdekaan sanggup dilakukan atas usaha sendiri tanpa campur tangan bangsa lain
E. Soekaro dan Moh Hatta bukan tokoh yang sempurna untuk memproklamasikan Indonesia

30. Dukungan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia tidak hanya tiba dari pemrintah Mesir, tetapi juga dari masyarakat mesir, Al – Ikhwan AL- Muslimin yang dipimpin oleh Syaek Hasan Al Banna. Al – Ikhwan AL- Muslimin memperlihatkan kebebasan terhadap mahasiswa Indonesia yang berguru di Kairo untuk .....
A. menggelar demokrasi dan diskusi – diskusi umum
B. menulis wacana kemerdekaan Indonesia di koran – koran lokal milik organisasi tersebut
C. mendirikan organisasi – organisasi pergerakan Mesir
D. memakai markas organisasi sebagai pusat pergerakan mahasiswa Indonesia
E. mengikuti lembaga – lembaga internasional yang menentang kolonialisme dan imprealisme

31. Dewan keamanan PBB mengakui eksistensi Republik Indonesia secara de pacto. Hal ini terbukti dalam semua resolusi PBB semenjak tahun 1947. Salah satu bentuk ratifikasi PBB terhadap kedaulatan Indonesia ialah ......
A. penggunaan nama Indonesia, bukan Netherlands Indies, dalam setiap resolusi
B. dibentuknya komisi tiga negara untuk mendukung perdamaian di Indoneisa
C. membantu proses manajemen pemeindahan ibu kota Indonesia pasca aksi militer Belanda II
D. pemberian dukungan senjata dan obat obatan serta tenaga medis dalam menghadapi aksi militer Belanda
E. mengadakan konfensi Asia guna menggalang dukungan bagi Indonesia yang kemerdekaannya yang belum diakui oleh Belanda

32. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia belum mengantarkan Indonesia mempunyai kedaulatan penuh atas negaranya. Terjadinya Agresi Militer I dan II di Indonesia oleh Belanda telah menarik perhatian India dalam mendukung usaha Indonesia dalam mempertahanakan kemerdekaan. Dukungan India terhadap kemerdekaan Indonesia tidak terjadi secara spontanitas bermula dari simpati India ketika memperlihatkan dukungan beras kepada India. Respon India terhadap kemerdekaan Indonesia ialah .....
A. India memperlihatkan dukungan penuh terhadap usaha bangsa Indonesia akhir Agresi Militer II Belanda
B. India bersimpati terhadap usaha kemerdekaan Indonesia dengan memasok kebutuhan hidup sehari-hari menyerupai beras dan pakaian
C. India menjadi negara mengecam aksi Agresi Militer I dengan menuduh Belanda melaksanakan aksi militer terhadap Indonesia
D. India mendukung penuh usaha bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya dengan dukungan PBB
E. India mengupayakan para petinggi Indonesia untuk melaksanakan diplomasi dengan negara Amerika dan Uni Soviet yang ketika itu berkuasa biar sanggup membantu Indonesia melawan Belanda

33. Revolusi teknologi memungkinkan perusahaan – perusahaan dan ekonomi individu mendapat kualitas yang lebih baik. Namun menjadikan imbas negatif dalam bidang ekonomi dan industri. Pengaruh negatif tersebut ialah .....
A. upaya pemenuhan impian material menjadi lebih muda
B. meningkatnya angka pengangguran lantaran tenaga kerja digantikan mesin
C. pesatnya arah informasi dibidang perdagangan khusunya perdagangan barang
D. perusahaan sanggup menghasilkan barang dalam waktu singkat
E. munculnya kelas menengah baru

34. Indonesia tergabung dalam AFTA (Asean Free Trade Area) yang bertujuan menyediakan daerah ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk ASEAN mempunyai daya saing kuat di pasar global. AFTA memperlihatkan banyak manfaat bagi bangsa Indonesia dan besar lengan berkuasa terhadap perekonomian Indonesia. Peran Indonesia dalam AFTA ialah ....
A. Indonesia menjadi pencetus organisasi AFTA dalam meningkatkan perekonomian di wilayah Asia Tenggara sebagai daerah bebas perdagangan
B. Indonesia melaksanakan kerja sama dengan negara-negara yang tergabung dalam AFTA secara intensif sehingga sanggup meningkatkan aspek ekonomi dan budaya bangsa Indonesia
C. Indonesia berkontribusi dalam kegiatan perdagangan bebas dunia yang dilaksanakan AFTA sebagai organisasi ekonomi yang bergerak secara internasional
D. Indonesia berperan aktif sebagai anggota AFTA sehingga memperlihatkan fasilitas mengakses modal investasi dari luar negeri
E. Indonesia mendukung keanggotaan AFTA sebagai bentuk daerah bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi dunia

35. Perhatikan informasi berikut!
1) Mewujudkan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat
2) Mempercepat pertumbuhan ekonomi
3) Mempromosikan dan memperkuat kemandirian kolektif antara negara – negara Asia Selatan
4) Mengurangi konflik antar negara anggota contohnya India dan Pakistan
5) Membantu negara anggota yang terlibat dalam perang

Tujuan didirikannya South Asian Association for Regional Coorporation (SAARC) ditunjukkan nomor .......
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

36. Ketika partai nasional memenangi pemilihan umum pada 1948, Daniel F. Malan memberlakukan “Segresi Total” apartheid. Periode pertama apartheid di bawah Malan dikenal sebagai baascap yang berarti .....
A. Afrika tanah wilyah kaum putih
B. Afrikanef berkuasa dan mempunyai supremasi atas sikulit putih
C. pemisahan ras
D. kaum kulit gelap pelayan kaum kulit putih
E. wilayah bebas kaum kulit berwarna

37. Uni Soviet didirikan secara resmi pada 30 Desember 1922. Peristiwa penting di Rusia yang menjadi moment penting lahir dan terbentuknya Uni Soviet adalah.....
A. Perang Dunia I
B. terbentuknya serikat – serikat buruh
C. revolusi Oktober 1917
D. kembalinya Lenin dari pembuangan
E. wafatnya Tesar Nicholas II

38. Pelaksanaa sistem penjagaan perbatasan yang ketat pada 1961 yang salah satunya ditunjukkan melalui Tembok Berlin bertujuan untuk ....
A. mencegah penyebaran kapitalisme dan demokrasi di Berlin Timur
B. mencegah bahaya gres fasisme di Berlin Timur
C. mencegah biro – biro barat meruntuhkan pemerintahan komunis di Blok Timur
D. mencegah eksodus penduduk Berlin Timur ke Berlin Barat
E. membatasi pasokan materi kebutuhan pokok dari Berlin Timur ke Berlin Barat

39. Setelah Perang Dunia II berakhir di daerah Timur Tengah, berlangsung konflik yang kemudian berubah menjadi perang yaitu konflik Iran – Irak dan Irak dan pasukan multinasional. Konflik antara Iran dan Irak di latar belakangi oleh ....
A. persaingan dalam penentuan harga minyak
B. perebutan perbatasan di selat Shatat Al Arab
C. serangan geranat terhadap presiden Saddan Husein
D. tuntutan pengembalian tiga pulau kecil di selat Hormuz kepada Iran
E. kepentingan Amerika di Irak sebagai negara penghasil minyak terbesar ke 2 di timur tengah

40. Pol Pot ialah pemimpin Khemer Merah yang merupakan organisasi kecil yang dilihat dari kuantitas pengikutnya. Alasan utama Pol Pot menggulingkan Lon Nol yang berkolaborasi dengan Amerika Serikat ialah .....
A. menegakkan komunisme ala Mau (Maoisme) di Kamboja
B. kecewa lantaran kegagalan Lon Nol membangun Kamboja
C. kembela kaum komunis Vietnam Utara yang berlindung di Kamboja
D. mengembalikan Norodhon Sihanouk ke tahta kerajaan
E. menjadikan Budha sebagai agama Negara

B. Soal Uraian
41. Konsep diakronik dan sinkronik sangat diharapkan dalam penulisan sejarah. Mengapa? Jelaskan pendapat Anda!

42. Raja Purnawarman berhasil membawa Tarumanegara mencapai puncak kejayaan. Jelaskan tindakan Raja Purnawarman untuk membuat kesejahteraan masyarakat Tarumanegara!

43. Mahatma Gandhi merupakan tokoh Nasionalisme India yang terkenal. Dalam usaha menuntut kemerdekaan India, menyebarkan fatwa – ajaran. Jelaskan fatwa – fatwa tersebut!
44. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia banyak organisasi yang dibuat oleh pemerintah Jepang. Sebutkan salah satu organisasi bentukan Jepang yang perkembangannya sangat membantu Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan berikan alasannya!
45. Perang teluk II ialah perang yang gerjadi di Timur Tengah dan berlangsung semenjak 2 Agustus 1990 sampai 28 Februari 1991. Uraikan penyebab terjadinya Perang Teluk II !

Download Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Sekolah Menengan Atas Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Tahun Sebelumnya. Ingat Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Baca Juga : Soal UN (USBN) Biologi Sekolah Menengan Atas Tahun 20118/2019

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal US (USBN) Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/