-->
Soal Un (Unbk) Bahasa Indonesia Smp 2020 Dan Kunci Jawaban
4/ 5 stars - "Soal Un (Unbk) Bahasa Indonesia Smp 2020 Dan Kunci Jawaban" Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untu...

Soal Un (Unbk) Bahasa Indonesia Smp 2020 Dan Kunci Jawaban






Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Pertama (SMP/MTs) yang siap menghadapi Ujian Nasional (UNBK/USBN). Kali ini Blognazmy ingin membuatkan infirmasi mengenai Contoh soal dan kunci jawaban.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) ialah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal dan Kunci Jawaban UN (UNBK/USBN) Bahasa Indonesia SMP/MTs Terbaru Tahun 2020

Berikut ini Contoh Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020 yang bisa kk sampaikan untuk adik-adik.

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab pertanyaan untuk no 1 – 2

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Pertama, kita beralih dari kendaraan kendaraan beroda empat ke sepeda motor. Kedua, memangkas keperluan berdasarkan prioritas. Ketiga, belanja sesuai dengan daftar rencana. Keempat, harus pandai mengendalikan harapan berbelanja.

1. Makna Kata prioritas pada teks tersebut ialah ....
A. sesuatu yang mempunyai manfaat untuk kebutuhan hidup manusia.
B. barang yang mempunyai manfaat atau kegunaan lebih tinggi dibandingkan lainnya.
C. sesuatu yang didahulukan dan diutamakan dari pada hal yang yang lain.
D. barang yang mempunyai manfaat bagi seluruh umat manusia
.

2. Simpulan isi paragraf tersebut adalah…
A. Kita harus berusaha mempunyai uang
B. Kita harus pandai mengatur pengeluaran
C. Kita membeli perabotan rumah tangga
D. Kita membeli alat-alat canggih dan mahal


Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 3 s.d 5!
(1)Setiap hari, terjadi gempa bumi di permukaan bumi. (2) Menurut survey geologis Amerika, lebih dari tiga juta gempabumi terjadi setiap tahunnya. (3) Berarti, terjadi 8000 gempa setiap hari atau setiap kali 11 menit. (4) Meskipun demikian, tidak semua gempa berefek merusak.
Penyebab gempa bumi bermacam-macam, antara lain akhir gunung meletus, meteor jatuh, ledakan dalam tanah, atau runtuhnya sebuah struktur (bangunan atau dinding gua). Akan tetapi, gempa bumi yang sering terjadi dan mempunyai imbas dasyat addlah akhir bergesernya lempengan bumi di dalam tanah

3. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut ialah ... .
A. lempengan bumi
B. imbas gempa
C. penyebab gempa
D. gesernya lempengan

4. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut ditandai nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. Ringkasan teks tersebut ialah ...…
A. Bergesernya lempengan bumi penyebab gempa bumi terdasyat.
B. Setiap hari, terjadi gempa bumi dan penyebab terjadi nya gempa
C. Berdasarkan penelitian, setiap hari, terjadi gempa bumi di bumi
D. Tidak semua gempa bumi mempunyai imbas merusak dan merugikan

6. Perhatikan Kalimat berikut ini !
(1) Kelompok kami bertugas mengamati kantin.
(2) Di antara makanan itu ialah bakso, bubur, dan banyak sekali makanan goreng.
(3) Pagi-pagi kami ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melaksanakan pengamatan lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Dalam kantin itu kami mengidentifikasi sejumlah makanan yang siap dijual.

Urutan kalimat tersebut yang sempurna untuk laporan ialah ...
A. (1), (2), (5), (6), (3), (4)
B. (1), (3), (6), (4), (2), (5)
C. (3), (1), (6), (2), (5), (4)
D. (3), (1), (2), (4), (6), (5)

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 7 s.d 8!

7. Persamaan isi kedua kutipan isu tersebut adalah…
A. Pelaku yang menjadi narasumber
B. Waktu terjadinya insiden tersebut
C. Keberadaan tempat narasumber
D. Areal parkir yang berubah kegunaan

8. Perbedaan cara penyajian kedua isu tersebut adalah…
A. Teks 1 diawali dengan apa; teks 2 diawali dengan siapa .
B. Teks 1 diawali dengan siapa; teks 2 diawali dengan bagaimana
C. Teks 1 diawali dengan bagaimana; teks 2 diawali dengan kapan
D. Teks 1 diawali dengan kapan; teks 2 diawali dengan mengapa

9. Bacalah teks berikut ini !
1) Pendidikan tinggi dituntut untuk bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang inovatif dan bisa memenuhi kebutuhan dunia industri. (2) Dengan begitu, lulusan pendidikan tinggi bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. (3) lndonesia ketika ini masih sulit bersaing dengan negara Iain alasannya ialah masih berkutat pada isu kebutuhan dasar, menyerupai pangan.(4) Selain itu, sejumlah hukum di lndonesia masih menghambat penelitian dan pengembangan teknologi, menyerupai Undang-undang 13 Tahun 201 6 perihal Paten.

Pendapat yang menyatakan kontra pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah teks berikut ini !
1) Buku ini membahas perihal cara menulis cerpen bagi pemula. (2) Penjelasannya rinci dilengkapi dengan contoh-contoh. 3) Penggunaan bahasa lugas dan komunikatif. 4) Hanya saja kertas yang dipakai terlalu tipis sehingga tulisannya membayang.

Hal yang menyatakan kelemahan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah Kutipan Cerpen berikut ini, Kemudian jawab pertanyaan nomor 11-13!

11. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah…
A. Pagi siang hari di rumah.
B. Siang hari di depan rumah.
C. Sore hari di beranda rumah.
D. Sore hari di dalam rumah.

12. Bukti yang memperlihatkan tabiat tokoh saya besar kepala terdapat pada Paragraf … .
A. pertama kalimat kedua
B. pertama kalimat ketiga
C. keempat kalimat pertama
D. keempat kalimat ketiga

13. Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut adalah…
A. Pelukisan tindakan.
B. Diceritakan tokoh lain
C. Dialog antartokoh
D. Diceritakan pengarang

Bacalah kutipan kisah berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
"Nada, ahad depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana". Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu pribadi membisu mematung.
"Kenapa mendadak, Bunda? Nada bahagia tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?"
"Tidak bisa, Sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu." Nada terdiam. Tak mungkin bisa ia membantah.
Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18, Terasa berat untuknya meninggalkan ternpat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

14. Makna siang bolong pada kutipan kisah tersebut ialah ...
A. senja hari menjelang matahari terbenam
B. senja hari ketika matahari berada di barat
C. siang hari ketika matahari tertutup mendung
D. tengah hari ketika matahari panas-panasnya

15. Nilai moral pada kutipan kisah tersebut ialah . . ..
A. memaafkan teman yang bersalah
B. menuruti kehendak orang tua
C. mengikuti amarah diri sendiri
D. meminta pertanggungjawaban

16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan kisah tersebut ialah ..
A. Perasaan berat hati Nada harusmeninggalkan Dio
B. Kepindahan tempat kiprah ayah Nada yang mendadak
C. Nada merasa galau dengan duduk kasus sekolahnya
D. Nada merasa berat meningalkan tinggal yang sekarang

17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan kisah tersebut ialah ...
A. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
B. Nada membisu mematung selama satu ahad tanpa berbuat apa pun.
C. Meskipun merasa berat, ahad depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah gres untuk Nada.

Bacalah kutipan kisah berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 19!

18. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan tersebut adalah/diawali dengan ....
A. Kutipan I : pengenalan tokoh, Kutipan II : pengenalan latar
B. Kutipan I : pengenalan latar, Kutipan II : agresi tokoh
C. Kutipan I : agresi tokoh, Kutipan II: pengenalan tokoh
D. Kutipan I pengenalan tokoh, Kutipan II: agresi tokoh

19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan kisah tersebut ialah .....
A. Kutipan I : narasi, Kutipan II : tidak terdapat obrolan
B. Kutipan I : terdapat kalimat langsung, Kutipan II : tidak terdapat kalimat langsung
C. Kutipan I terdapat kata sandang, Kutipan II tidak terdapat kata sandang
D. Kutipan I terdapat dialog, Kutipan II : narasi

20. Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi ialah sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia ketika ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun
B. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya
C. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun
D. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak

Bacalah kutipan kisah berikut kemudian kerjakan soal nomor 21 s.d .22!
Setelah hingga di taman, Pak Umar melihat seorang gadis kecil. Pak Umar merasa kasihan terhadap anak tersebut" Diambilnya beberapa lembar uang dua puluh ribuan Ialu diberikannya kepada gadis kecil itu. "Pak, maaf saya dilarang mendapatkan uang kalau tidak bekerya!' katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. "Mengapa?" tanya Pak Umar heran. "Kata lbu, saya boleh mendapatkan uang kalau memang hasil bekerja. Saya dilarang meminta belas kasihan dari orang". Mendengar perkataan gadis itu, Pak Umar makin terharu. la tahu kalau ibu gadis kecil itu seorang yang berbudi luhur. "Begini saja, kalau memang harus bekerja, kini bantu Bapak beserta keluarga. Tolong kau bawakan rantang ini. Kita akan makan bersama di bawah pohon yang rindang itu!" kata Pak Umar ramah. Pak Umar dan keluarga menuju ke bawah pohon yang rindang tersebut. Mereka pun menggelar tikar plastik yang gres saja disewanya" Gadis kecil itu pun diajak untuk makan bersama.

21. Latar tempat pada kutipan kisah tersebut terdapat di ....
A. jalan
B. rumah
C. taman
D. halaman

22. Komentar terhadap bahasa yang dipakai pada kutipan kisah tersebut ialah …
A. Bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari dan bermakna lugas
B. Banyak kiasan yang dipakai dalam kisah menciptakan bahasa kisah sangat indah
C. Bahasa yang dipakai membosankan alasannya ialah banyak kata yang ditulis berulang
D. Terdapat istilah bahasa daerah sehingga menyulitkan pembaca memahami isi cerita

23. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Tuang ke penumbukan.
(2) Tumbuk hingga halus.
(3) Ambil daun binahong kira- kira 7 lembar.
(4) Balurkan pada penggalan organ badan yang memar.
(5) Setelah 3 jam bukalah dan bersihkan dengan sir suam- suam kuku. Maka penggalan yang memar telah hilang.

Susunan petunjuk menghilangkan memar pada organ badan yang sempurna ialah ….
A. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)
B. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)
C. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
D. (3) – (2) – (5) – (1) – (4)

24. Perhatikan Teks Berikut ini
Teks 1
Buku ialah jendela dunia. Ungkapan itu sungguh tepat, alasannya ialah melalui buku kita sanggup memperoleh segala informasi. Berbagai macam informasi ada di buku, contohnya mengenai hobi, sains, penemuan-penemuan jago dan sejarah dunia.

Teks 2
Belakangan ini produksi buku bacaan mulai bermacam-macam bentuk dan isinya. Tampilan yang menarik dan antraktif turut menunjang keistimewaan buku. Namun lebih dari itu, bagaimanapun bentuk sebuah buku tetap yang paling penting ialah banyaknya ilmu pengetahuan yang sanggup kita serap.

Persamaan kedua teks di atas ialah . . . .
A. Buku ialah sumber pengetahuan. .
B. Ada banyak sekali macam sampul buku.
C. Tampilan yang menarik akan menciptakan buku menarik untuk dibaca.
D. Buku sebagai penunjang bagi akseptor didik.

25. Bacalah paragraf berikut !
Tentara Nasional Indonesia berulang tahun ke-68 tahun. Dengan usia 68 tahun ini, Tentara Nasional Indonesia telah memperlihatkan sumbangsihnya menjaga keamanan bangsa dan Negara. Pengabdian Tentara Nasional Indonesia terutama mereka yang bertugas di daerah perbatasan tak perlu diragukan. Tegaknya NKRI bukti bahwa Tentara Nasional Indonesia tetap menjaga keutuhannya.

Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah…
A. Tentara Nasional Indonesia senantiasa menjaga keutuhan NKRI.
B. Ulang tahun Tentara Nasional Indonesia memang selalu dilaksanakan.
C. Tentara Nasional Indonesia perlu menerima embel-embel pendapatan.
D. Rakyat tidak perlu campur tangan terhadap TNI.

26. Cermati kalimat berikut!
Jumlah penderita kurang gizi di lndonesia [....] penurunan.

Kata bentukan yang sempurna kalimat tersebut ialah ....
A. mendadak
B. mengalami
C. menciptakan
D. menjadi

27. Cermati kutipan teks berikut!
Buku Hamengkubuwono lX dan karya K. Tino terbitan Navila ldea ini tergolong buku lengkap. Isinya perihal Hamengkubuwono lX dan perjuangannya. Buku ini dikemas dengan bahasa yang komunikatif. [...]

Kelemahan buku yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ...
A. Buku yang bermanfaat bagi siswa dan guru.
B. Buku patut dimiliki menambah wawasan.
C. Buku ini menjelaskan sejarah pahlawan.
D. Sayang penjilidan bukunya gampang lepas.

28. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Mengungkap Misteri Otak Tengah.
Penulis : dr. Arman Yuri Saldi S.
Volume : 100 halaman 15 bab
Keunggulan : Isi buku sangat bagus. Membahas perihal otak insan dari sisi anatomi hingga membentuk generasi yang cerdas. Pembahasan juga sangat gampang dipahami alasannya ialah ditunjang dengan gambar.
Kelemahan : Tidak dilengkapi dengan glosarium.

Paragraf resensi yang sempurna adalah…
A. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah manis sangat sempurna sebagaimana isi yang dikandungnya. Di mulai dari klarifikasi anatomi otak secara menyeluruh hingga pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif.
B. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini sangat sempurna sebagaimana isi yang dikandungnya dimulai dari klarifikasi anatomi otak secara menyeluruh hingga pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. Buku karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah manis walau tidak dilengkapi glosarium..
C. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah manis sangat sempurna sebagaimana isi yang dikandungnya.
D. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yangs sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah manis sangat sempurna sebagaimana isi yang dikandungnya. Akan tetapi buku ini tidak dilengkapi glosarium.

29. Cermatilah kalimat berikut!
Kepada semua siswa akseptor lomba harap segera memasuki ke dalam ruang seleksi.

Agar kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah….
A. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam, seleksi
B. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam
C. kepada, semua, siswa, ke dalam
D. kepada, semua, ke dalam

30. Cermatilah penulisan kalimat berikut!
Ketika berwisata ke (1) cipanas, (2) rudi membeli (3) pisang (4) ambon.

Kata yang karakter pertamanya harus ditulis dengan karakter kapital ditandai nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1), (2), (3) dan (4)

31. Cermati kalimat berikut!
lndonesia ketika ini masih sulit bersaing dengan negara lain, [...] berkutat pada isu kebutuhan dasar, menyerupai pangan.

Konjungsi untuk melengkapi kalimat tersebut yang sempurna ialah ....
A. kemudian
B. dan
C. tetapi
D. alasannya ialah

32. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Rahmat sangat terampil sekali menciptakan laying-layang.
2) Kakak mencar ilmu menciptakan nasi goreng Istimewa dengan ibu.
3) Nanda mengikuti les piano setiap hari Sabtu.
4) Peserta didik melaksanakan acara Jumat bersih.

Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor . ..
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

33. Petunjuk Membuat Puding Srtowberi Segar
(1) Sediakan 1 bungkus agar-agar rasa strowberi!
(2) Agar-agar dicampur dengan air, kemudian dimasak hingga mendidih.
(3) […]
(4) Masukkan agar-agar yang telah mendidik bertahap ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku hingga habis sambil diaduk rata.
(5) Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal 3cm.
(6) […]
(7) Setelah hambar dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.

Bagian rumpang pada petunjuk tersebut sanggup dilengkapi dengan kalimat...
A. (3) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi kemudian dinginkan.(6) Masukkan ke lemari pendingin hingga mengeras
B. 3) Sementara itu putih telur dikocok hingga kaku. (6) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi kemudian dinginkan.
C. (3) Sementara itu putih telur dikocok hingga kaku. (6) Masukkan ke lemari pendingin hingga mengeras.
D. (3) Sementara itu masukkan ke cetakan. Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil hingga habis.

34. Perhatikan urutan berikut!
(1) Matahari gres saja terbit disebelah timur.
(2) Akan tetapi hal itu tidak menciptakan para petani menjadi malas bekerja.
(3) Para petani mulai turun ke sawah.
(4) Udara yang hambar menyerupai menusuk badan mereka.
(5) Mereka sudah biasa dengan keadaan menyerupai itu.
Urutan yang sempurna ialah . . . .
A. (3) - (1) - (4) - (2) - (5)
B. (3) - (1) - (2) - (5) - (4)
C. (1) - (3) - (4) - (2) - (5)
D. (1) - (4) - (3) - (2) - (5)

35. Cermati kutipan teks berikut!
(1) Hutan Kota Srengseng gampang dikunjungi dengan memakai transportasi umum. (2) Hutan tersebut berda sekitar 300 meter dari Halte Trasjakarta Jalan Panjang. (3) Setiap libur adik bermain di hutan kota. (4) Sedangkan dari jalur sebaliknya tersedia angkutan kota nomor 24 dan bus Kopaja jurusan BIok M-Meruya.

Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor.....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

36. Rio tetap berangkat sekolah . . . hujan deras.
A. jika
B. meskipun
C. kalau
D. agar

37. Cermati kalimat berikut!
Pengunjung tidak ditarik biaya embel-embel untuk berfoto dan memasuki area ini, hanya saja harus [...] semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata ulang yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
A. berhati-hati
B. hati-hatinya
C. sehati-sehati
D. berhati-berhati

38. Cermati kalimat berikut!
Air terjun ini bersifat teladas musiman alasannya ialah hanya mengalir ketika area setempat diguyur hujan dalam seleksi tinggi.

Perbaikan kata seleksi yang sempurna pada kalimat tersebut ialah ....
A. selektif
B. intensitas
C. komunitas
D. sepintas

39. Cermati kalimat berikut!
Pemandangan di Pantai Semawang hampir sama dengan tempat pantai di wilayah Sanur lainnya, di mana pantainya landai berpasir putih dengan ombak yang tenang.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif ialah dengan menghilangkan kata . . ..
A. pantai
B. dengan
C. kawasan
D. di mana

40. Adikku tahun ini belum bersekolah.
Adikku sudah bisa menulis.

Gabungan kedua kalimat di atas yang sempurna ialah . . . .
A. Adikku tahun ini belum bersekolah alasannya ialah ia sudah bisa menulis.
B. Adikku tahun ini belum bersekolah seandainya ia sudah bisa menulis.
C. Adikku tahun ini belum bersekolah tetapi ia sudah bisa menulis.
D. Adikku tahun ini belum bersekolah ketika ia sudah bisa menulis.

41. Perhatikan !
Kartini Award ialah acara tahunan organisasi yang dibuat semenjak ketika pada tahun 1995, bagi para perempuan yang telah melaksanakan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut ialah . ...
A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata dengan kaidah bahasa lndonesia
B. pemborosan kata, kata semenjak dan ketika maknanya sama
C. kata hal-hal tidak dibutuhkan alasannya ialah menciptakan rancu kalimat tersebut
D. kata dalam tidak dibutuhkan sehingga sanggup dihilangkan

42. Cermati teks berikut!
(1) Dua langkah penting untuk memastikan daya baca siswa jadi lebih baik.
(2) Pertaffia, merancang gerakan satu semester satu novel sebagai langkah awal pentradisian membaca.
(3) Menulis merupakan keterampilan berbahasa.
(4) Kedua, penciptaan model membaca produktif melalui peragaman teks bacaan untuk bermacam-macam jenis teks dan pengenalan teks-teks bacaan yang multimedia.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut ialah alasannya ialah kalimat nomor ....
A. (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4).
B. (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4).
C. (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D. (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3).

43. Cermati kalimat berikut!
Kebun Raya Indrokilo terletak di kampung Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ialah ...
A. kata kampung seharusnya Kampung
B. kata Kelurahan seharusnya kelurahan
C. kata Mojosongo seharusnya Mojo Songo.
D. kata Kecamatan seharusnya kecamatan

44. Cermati kalimat berikut!
"Sudahlah Cici, kami memaafkanmu?" kata Pusi dengan bijak.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah ....
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda tanya (?)
D. tanda petik (“...”)

45. Cermatilah kalimat berikut!
Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut ialah ….
A. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
B. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
C. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
D. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

46. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
(2) Kakak membaca Majalah Kartini.
(3) Adik sangat menyukai makanan ringan manis bika Ambon.
(4) Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat.

Penggunaan ejaan yang sempurna pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!
Biar Ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut ialah ...
A. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu,” ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
B. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
C. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.”
D. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"

48. Cermati kalimat berikut!
Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang sempurna ialah ....
A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata.”
B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar", kata AKP Sargiyata.
D. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur lumpur itu keluar,” kata AKP Sargiyata.

49. …. Uang itu tidak dijajankan semua. Ia menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kadang-kadang uang jajan itu ia tabung semuanya. Meskipun sedikit, lama-lama tabungannya menjadi banyak.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi awal paragraf di atas ialah ...
A. Kita harus membiasakan diri menabung.
B. Di sekolah Nadia hanya jajan Rp 500,00 sajA.
C. Menabung banyak manfaat untuk kitA.
D. Setiap hari Nadia diberi uang jajan Rp 1.000,00 oleh Ibunya.

50. …. Cocok dipakai untuk berekreasi. Udara di sana terasa sejuk. Jalan di pegunungan berliku-liku, semoga kendaraan lebih gampang berjalan. Banyak pohon cemara di kanan dan kiri jalan, menambah indahnya daerah pegunungan.

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ….
A. Kemarin saya ke gunung.
B. Di pegunungan banyak pohon-pohon.
C. Daerah pegunungan memang sangat indah.
D. Keluargaku bahagia bertamasya ke daerah pegunungan.

Untuk Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020 bisa anda gunaka sebagai acuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UN (UNBK/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal UN (UNBK/USBN) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020

Bagi yang tertarik silahkan didownload Latihan soal UN (UNBK/USBN) 2020 dan Kunci Jawabannya dan kalau telah berhasil jangan lupa dipelajari serta disharekan kepada rekan yang lain yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2020. Perlu diingat soal-soal yang diposting di blog atau website ini bukan Bocoran Soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama 2020, tetapi soal latihan. Percayalah pelaksanaan UN Tahun 2020 jauh dari kebocoran soal, alasannya ialah rencananya UN 2020 untuk jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan dengan moda UNBK. Oleh alasannya ialah itu, anda perlu mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin salah satunya dengan mempelajari Soal latihan dan Kunci Jawaban Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 dan jangan pernah mempercayai Bocoran Soal Ujian Sekolah (USBN) dan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama 2020.


Download Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020 V.1 New
Download Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020 V.2 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/