-->
Soal Us (Usbn) Ppkn Smp 2020 Dan Kunci Jawaban
4/ 5 stars - "Soal Us (Usbn) Ppkn Smp 2020 Dan Kunci Jawaban" Soal US (USBN) PPKn Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik ...

Soal Us (Usbn) Ppkn Smp 2020 Dan Kunci Jawaban






Soal US (USBN) PPKn Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Pertama (SMP/MTs) yang siap menghadapi Ujian Sekolah (USBN). Kali ini Blognazmy ingin menyebarkan infirmasi mengenai Contoh soal dan kunci jawaban.

USBN yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Sebenarnya, USBN yaitu penjelmaan dari US. Bedanya kalau USBN itu berstandar nasional, sedangkan US berstandar satuan pendidikan (sekolah).

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi US - UAS - USBN dan UN (UNBK/UNKP) yaitu berguru dengan rajin, berlatih dan tentu selalu berdo’a. Salah satu sarana latihan yaitu dengan mempelajari aneka macam pola soal baik soal tahun sebelumnya atau prediksi soal tahun sekarang.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal US (USBN) PPKn Sekolah Menengah Pertama 2020 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal dan Kunci Jawaban US (UAS/USBN) PPKn SMP/MTs Terbaru Tahun 2020

Berikut ini Contoh Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKn SMP/MTs Tahun 2020 yang bisa kk sampaikan untuk adik-adik.

1. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut!
(1) Peri kebangsaan
(2) Kesejahteraan Sosial
(3) Mufakat atau Demokrasi
(4) Kebangsaan Indonesia
(5) Kesejahteraan Rakyat

Gagasan yang dikemukakan oleh Mr. Moh.Yamin dalam proses perumusan dasar negara yaitu .....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1). Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi
(2). Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang di hormati
(3). Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4). Berupaya keras mewujudkan impian bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
(5). Melaksanakan kiprah demi kepentingan negara tanpa mengesampingkan kepentingan pribadi

Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

3. Perhatikan data berikut !
(1) Menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
(2) Memilih Presiden dan Wapres yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
(3) Memilih menteri-menteri negara
(4) Membentuk sebuah Komite Nasional, untuk membantu Presiden

Hasil Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 yaitu ....
A. (1) , (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1) , (3) dan (4)
D. (2) , (3) dan (4)

4. Perhatikan pernyataan berikut ini !
Berdasarkan tabel di atas nilai-nilai sila Persatuan Indonesia, ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), (3) dan (5)
B. (1), (3), (4) dan (5)
C. (1), (2), (3) dan (4)
D. (2), (3), (4) dan (5)

5. Setiap awal tahun di desa diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbang), hal ini merupakan perwujudan pelaksanaan pancasila terutama sila ….
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima

6. Perhatikan pernyataan berikut ini !
Berdasarkan tabel di atas yang termasuk pengertian Pancasila berbatu sendi yang lima pelaksanaan kesusilaan, ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), (3), (4) dan (5)
B. (1), (2), (4), (5) dan (6)
C. (1), (3), (4), (5) dan (6)
D. (2), (3), (4), (5) dan (6)

7. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari segala tingkah laris dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat yaitu ....
A. membina kerukunan hidup antarsesama umat seagama
B. mengembangkan sikap saling menyayangi sesama insan
C. sanggup rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain

8. Perhatikan gambar berikut ini !
Dinamika penerapan Pancasila masa Orde Lama pada Periode 1945-1949 yaitu pemberontakan DI/TII yang dipimpin oleh tokoh yang ditunjukkan dengan nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

9. Perhatikan pernyataan berikut ini !
Berdasarkan tabel di atas pemberontakan yang berupaya memecahkan persatuan dan kesatuan pada periode 1950-1959 ditunjukan dengan nomor ….
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (5)
C. (2), (4) dan (5)
D. (2), (4) dan (6)

10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1) pemerintah membubarkan konstituante
(2) presiden diturunkan dari jabatannya
(3) UUDS Tahun1950 dinyatakan tidak berlaku lagi
(4) penaikan harga barang kebutuhan
(5) kembali kepada Undang-Undang Dasar Tahun 1945

Dari data di atas yang merupakan isi dari Dekrit Presiden Tahun 1959 ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2) dan (4
B. (1), (3) dan (4)
C. (1), (3) dan (5)
D. (2), (3) dan (5)

11. Dalam suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yang dipertahankan oleh masing-masing kelompok sebagai pendapat yang paling sempurna untuk dijadikan keputusan dalam rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi ibarat itu kesudahannya pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat di tunda dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok penerima rapat untuk membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila keempat Pancasila.

Berdasarkan ilustrasi tersebut memperlihatkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi ....
A. memperlihatkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan impian bangsa
B. memperlihatkan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
C. memperlihatkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang dicita-citakan
D. menjadi pegangan dan pedoman dalam menuntaskan persoalan dan tantangan

12. Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
(1) Sistem pemikiran yang terbuka
(2) Nilai-nilai dan cita-citanya bukan dari luar
(3) Diciptakan oleh negara
(4) Dasar pembentukan ideologinya hasil musyawarah
(5) Senantiasa berkembang sesuai aspirasi Pemikiran

Dari data di atas ciri Pancasila sebagai ideologi terbuka ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (3), (4) dan (5)
D. (2), (3), (4) dan (5)

13. Hukum dasar yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan suatu negara adalah...
A. konstitusi
B. konvensi
C. aturan
D. undang- undang

14. Pokok pikiran pertama Pembukaan Undang-undang Dasar Tahun 1945 menyatakan bahwa “Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan” Ini mengandung arti bahwa …
A. setiap warga negara wajib mengutamakan kepentingan negara dan mengabaikan kepentingan pribadi dan golongan.
B. kepentingan pribadi pejabat penyelenggara negara harus di atas kepentingan negara atau golongan
C. setiap warga negara wajib mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan golongan atau individu
D. kepentingan para pejabat penyelenggara negara di atas kepentingan negara atau golongan

15. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
(1) Dilihat dari tertib aturan keduanya antara Pembukaan dengan Pasal-pasal Undang-Undang Dasar 1945 memilki kedudukan yang berbeda
(2) Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 memilki kedudukan yang lebih tinggi dari pasal-pasal
(3) Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pokok kaidah negara yang mendasar (staats mendasar norm) bagi negara Republik Indonesia
(4) Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 boleh dirubah sesuai dengan kepentingan pemerintah
(5) Pasal-pasal mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945

Pernyataan yang benar ditunjukkan dengan nomor ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (5)

16. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas merupakan perwujudan dari pokok pikiran Pembukaan Undang- Undang Dasar Tahun 1945 yang ….
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4

17. ”Negara Indonesia yaitu negara hukum”. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada pasal ....
A. 1 ayat (2 )
B. 1 ayat (3)
C. 2 ayat (1 )
D. 3 ayat (1)

18. Tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia disusun secara hierarkis. Makna hierarki peraturan perundangan yaitu peraturan yang ….
A. lebih rendah menjadi pertimbangan pembuatan peraturan diatasnya
B. gres disahkan mengesampingkan peraturan-peraturan yang lama
C. bersifat khusus mengesampingkan peraturan yang bersifat umum
D. lebih tinggi menjadi sumber dan dasar bagi peraturan dibawahnya

19. Berdasarkan jenis dan tingkatan peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011, yang paling tinggi yaitu ....
A. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
B. Undang-Undang Dasar Tahun 1945
C. Peraturan Pemerintah
D.Peraturan Presiden

20. Perhatikan penggolongan aturan berikut !
(1). Hukum Nasional
(2). Hukum Kebiasaan
(3). Hukum Internasional
(4). Hukum Undang-Undang

Berdasarkan pernyataan di atas, pembagian aturan menurut sumbernya ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

21. Peraturan yang ditetapkan oleh Presiden dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa disebut ....
A. Peraturan Pemerintah
B. Keputusan Presiden
C. Peraturan Presiden
D. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang

22. Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
Berdasarkan tabel di atas yang termasuk ketaatan terhadap perundang-undangan yang berlaku di lingkungan sekolah ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (3), dan (5)
C. (2), (3), (4) dan (5)
D. (3), (4), (5) dan (6)

23. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pernyataan yang paling sempurna dari gambar tersebut yaitu ..
A. ketaatan warga masyarakat terhadap hukum
B. proteksi pemerintah terhadap hukum
C. kesadaran masyarakat terhadap hukum
D. upaya yang berwajib dalam penegakkan hukum

24. Kedaulatan rakyat membawa konsekuensi bahwa….
A. rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
B. pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
C. legislatif sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
D. direktur sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

25. Perhatikan pernyataan dalam alinea ketiga pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut ini : “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya” pernyataan tersebut mengandung makna ....
A. kemerdekaan Indonesia merupakan hasil usaha rakyat Indonesia dan atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa
B. niat yang luhur dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk terus berjuang melenyapkan bangsa penjajah
C. kemerdekaaan tidak semata-mata yaitu hasil pertolongan dari pemerintah Jepang, tetapi juga atas kuasa dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
D. kemerdekaan merupakan keinginan dan tekad sebagian pemimpin bangsa Indonesia untuk menyebabkan bangsa yang bebas merdeka

26. Indonesia menganut bentuk pemerintahan demokrasi dimana kedaulatan rakyat menjadi pilar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pernyataan berikut ini yang merupakan makna dari kedaulatan rakyat yaitu ...
A. pemerintah wajib tunduk kepada rakyat
B. rakyat menjalankan pemerintahan secara langsung
C. rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara
D. pemerintahan di jalankan untuk kepentingan wakil-wakil rakyat

27. Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) untuk menghindari konflik kepentingan dalam masyarakat diharapkan adanya norma atau aturan yang dijadikan pedoman dalam hidup
(2) norma atau aturan dibentuk untuk membuat ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat
(3) Seluruh kelompok masyarakat niscaya memilki norma atau aturan hidup yang sama
(4) tiap kelompok masyarakat mempunyai perbedaan corak budaya dan sifat masyarakatnya
(5) norma yang dibentuk oleh negara berbentuk peraturan tertulis sedangkan norma yang berkembang di masyarakat tidak tertulis

Pernyataan yang memperlihatkan fungsi dan keberadaan norma di lingkungan masyarakat ditunjukkan dengan nomor .....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (3), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (5)
D. (2), (3), (4) dan (5)

28. Perhatikan tabel di bawah ini !
Berdasarkan tabel di atas yang merupakan tindakan kekejaman bangsa Belanda yang membuat rakyat Indonesia menderita sehingga bangun menumbuhkan benih perlawanan di aneka macam kawasan ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)

29. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan kiprah sekolah di rumah temannya, namun sesungguhnya beliau pergi untuk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan.
Pernyataan yang memperlihatkan hukuman yang akan diterima Rudi yaitu ....
A. selama bermain hati Rudi merasa gembira
B. Rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya kepada Rudi
D. saat pulang Rudi mendapat amarah dari tetangga rumahnya

30. Sesi pergerakan usaha bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa yaitu tahap training persatuan bangsa Indonesia yaitu…..
A. perasaan senasib
B. proklamasi kemerdekaan
C.sumpah pemuda
D. kebangkitan nasional

31.Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir alasannya dipertegas oleh sikap dan janji cowok untuk bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu Indonesia yang diikrarkan pada tanggal….
A. 20 Mei 1908
B. 28 Oktober 1928
C. 28 November 1928
D. 28 Desember 1928

32. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
Berdasarkan pernyataan di atas nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda 1928 ditunjukkan dengan nomor…....
A. (1), (2), (3) dan (6)
B. (1), (3), (4) dan (6)
C. (1), (3), (4) dan (6)
D. (2), (3), (4) dan (5)

33. Persatuan dan Kesatuan harus selalu kita perkuat. Salah satu pola tindakan yang sanggup dilakukan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat yaitu ....
A. membayar pajak sesuai dengan waktunya
B. melaksanakan kampanye anti bullying di Sekolah
C. mengadakan kegiatan pentas seni antar pelajar
D. membiasakan diri bertegur sapa dengan tetangga

34. Kenyataan masyarakat Indonesia yang beragam dengan keanekaragaman suku, bahasa, agama, akhlak dan kebudayaannya apabila terjalin dengan baik merupakan …
A. kekayaan dan keindahan bangsa
B. penghalang dalam pembangunan nasional
C. pemicu kerusuhan antar daerah
D. penyebab kemiskinan bangsa Indonesia

35. Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) menghormati anutan agama yang diyakini orang lain
(2) memaksa kepada orang lain untuk meyakini anutan agama yang kita anut
(3) melaksanakan anutan agama yang diyakininya dengan baik
(4) mengembangkan hidup rukun dan toleran terhadap orang yang berbeda agama

Bentuk sikap kehidupan yang harus dikembangkan dalam keberagaman agama diantaranya diwujudkan dalam bentuk ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)

36. Prinsip yang mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas aneka macam suku, bahasa, agama dan akhlak kebiasaan yang majemuk, sehingga mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia. Dalam korelasi makna persatuan Indonesia hal ini termasuk prinsip ....
A. Bhineka Tunggal Ika
B. nasionalisme Indonesia
C. wawasan nusantara
D. mewujudkan impian reformasi

37. Sering kita jumpai seseorang memperlihatkan gaya hidup mewah. Mereka menyukai barang mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang glamor mereka di media sosial. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli alasannya mempunyai barang bermerek dari luar negeri dirasa bisa meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Faktor penyebab lunturnya pujian terhadap produk dalam negeri yaitu ....
A. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur
B. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
C. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
D. rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat

38. Dalam pasal 30 Undang- undang Dasar 1945 ditegaskan bahwa ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara itu merupakan hak dan kewajiban …
A. pemerintah
B. TNI
C. warga negara
D. POLRI

39. Potensi bahaya dari dalam negeri yang dihadapi Negara Kesatuan Republik Indonesia diantaranya yaitu .....
A. adanya potensi disintegrasi bangsa
B. masuknya ideologi liberalisme dan komunisme
C. campur tangan bangsa lain terhadap urusan dalam negeri Indonesia
D.menjamurnya investasi gila dan perusahaan gila di Indonesia

40. Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) melaksanakan upacara bendera di sekolah secara khidmat
(2) menghayati dan memahami makna lagu-lagu perjuangan
(3) memelihara kerukunan dengan tetangga di lingkungan masing-masing
(4) membaca buku-buku yang bertemakan usaha di perpustakaan

Contoh sikap nilai-nilai patriotisme di lingkungan sekolah ditunjukkan dengan nomor....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)

Untuk Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKn SMP/MTs Tahun 2020 bisa anda gunaka sebagai rujukan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi US (UAS/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal US (UAS/USBN) PPKn SMP/MTs Tahun 2020

Bagi yang tertarik silahkan didownload Latihan soal US (UAS/USBN) 2020 dan Kunci Jawabannya dan jikalau telah berhasil jangan lupa dipelajari serta disharekan kepada rekan yang lain yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Sekolah (UAS) tahun 2020. Perlu diingat soal-soal yang diposting di blog atau website ini bukan Bocoran Soal Ujian Sekolah (UAS/USBN) Sekolah Menengah Pertama 2020, tetapi soal latihan. Percayalah pelaksanaan UAS Tahun 2020 jauh dari kebocoran soal. Oleh alasannya itu, anda perlu mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin salah satunya dengan mempelajari Soal latihan dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah(US) Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 dan jangan pernah mempercayai Bocoran Soal Ujian Sekolah (USBN) dan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama 2020.


Download Soal USBN PPKn SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2020 New
Download Soal USBN PPKn SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2020 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKn SMP/MTs Tahun 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/