Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Pendidikan Keguruan Lengkap Jawaban
- Salah satu hal yang harus dihindari pada dikala menulis hasil penelitian yaitu ...a. Menjelaskan partisipanb. Menulis persoalan yang sudah pernah dibahasc. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikeld. Melaporkan kekerabatan yang dibahas dalam penelitian
- Kemampuan guru untuk mengembangkan peserta didik dalam mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimilikinya, termasuk ke dalam ...a. Padagogikb. Kepribadianc. Profesionald. sosial
- Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik, kecuali ...a. Penilaian otentikb. Penilaian diric. Tes kemampuan dasard. Penilaian berbasis portofolio
- Fanatisme tempat yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .a. Cultural Blockb. Mental Block Barriesc. Social Blockd. System Block
- Gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia .....a. 5 – 6 tahunb. 7 – 8 tahunc. 9 – 10 tahund. 11- 12 tahun
- Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sesuai dengan amanat ...a. Permendikbud No. 64 th 2013b. Permendikbud No. 65 th 2013c. Permendikbud No. 66 th 2013d. Permendikbud No. 67 th 2013E. Permendikbud No. 68 th 2013
- Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...a. Acuan normab. Acuan kriteriac. Gabungand. Acuan norma atau kriteria
- Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .a. Relative advantagesb. Compatibilityc. Trialabilityd. Complexitye. Semua balasan benar
- Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bab ...a. Abstrakb. Pendahuluanc. Diskusid. Referensi
- Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .a. Cultural Blockb. Mental Block Barriesc. Social Blockd. System Block
- Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa cendekia dengan kelompok siswa ndeso apabila ..a. Butir soal mempunyai 2 kunci balasan sehingga daya pembedanya 1,0b. Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0c. Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
- Belajar berdasarkan Bell-Gredler yaitu proses insan untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan. Proses berguru ini berlangsung ...a. Pada dikala seseorang sedang bersekolahb. Dari bayi hingga tuac. Pada waktu siswa sudah siapd. Pada waktu seseorang sedang belajar
- Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...a. Clasical conditioning dari Pavlov.b. Connectionism dari Thorndikec. Behaviorism dari Watsond. Operant conditioning dari Skinner
- Pada dasarnya teori berguru behavioristik sangat menekankan pada ...a. Proses belajarb. Perkembangan siswac. Hasil belajard. Kepandaian siswa
- Proses lupa pada diri seseorang berdasarkan Guthrie terjadi secara ...a. Tiba-tibab. Tidak terkendalic. Bertahapd. Terkendali
- Suatu teori berguru dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori berguru ...a. Insightb. Kognitifc. Conditioningd. Connectionism
- Teori berguru kognitif mempunyai perbedaan yang fundamental dengan teori berguru conditioning S-R . Teori berguru kognitif artinya...a. Mempelajari sikap insan di masa kemudian dipakai untuk memprediksi masa depanb. Mempelajari sikap insan masa kemudian untuk mengetahui sikap insan masa lampau.c. Mempelajari sikap insan masa masa kini untuk keadaan insan dikala inid. Mempelajari sikap insan masa kini untuk dibandingkan dengan sikap insan masa lalu.
- Penerapan teori berguru Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal berikut ini, kecuali ...a. Membantu siswa semoga sanggup melihat adanya kekerabatan konsep yang satu dengan yang lainb. Memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannyac. Mendiskusikan wacana suatu persoalan dengan siswad. Mendorong siswa untuk memberikan pendapatnya
- Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara berguru menyerupai itu disebut dengan ...a. Belajar bermaknab. Belajar sendiric. Belajar verbald. Belajar menghapal
- Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang memperlihatkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase fase belajar?a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswab. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahasc. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan berguru dalam proses pembelajarand. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laris yang berlainan dari siswanya sehabis proses pembelajaran berakhir
- Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual yaitu ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium yaitu ...a. Pengaruh sosialb. Proses pengaturan diric. Proses kematangan pribadid. Lingkungan fisik
- Dalam menerapkan teori berguru sosial yang sanggup dijadikan model untuk ditiru yaitu sebagai berikut, kecuali ...a. Guru pengajar di kelasb. Teman satu kelasc. Pahlawan nasionald. Alumni
- Untuk mendukung semoga ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, penilaian diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada mekanisme yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...a. Penentuan tujuanb. Tanggung jawabc. Pemberian insentifd. Penilaian atau evaluasi
- Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan beragam yaitu aneka macam kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...a. Menjawab pertanyaanb. Memecahkan masalahc. Mengembangkan dirid. Mengerjakan tugas
- Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal, yaitu ...a. Mampu bermain dalam kelompokb. Mampu menjadi pemimpinc. Praktis berkonsentrasid. Peka terhadap teman
- Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajarb. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasarc. Cara mengatasi hambatan terhadap pelaksanaan penemuan pendidikand. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia
- Alat ukur yang dipakai untuk mengukur kemampuan afektif siswa, dipakai ....a. Tes obyektifb. Tes berupa angketc. Tes kemampuan gerakd. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
- Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu insan semoga bisa hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini alasannya pendidikan bersifat ....a. Humanisasib. Individualitasc. Sosialitasd. Potensialitas
- Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ....a. Conditions of learningb. Information processingc. Cognitive developmentd. Social learning
- Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu berbagi seni administrasi pembelajaran. Salah satunya yaitu guru memutuskan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...a. Kurikulum.b. Kerangka pembelajaranc. Sistemd. Evaluasi
- Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang dipakai sebagai media pembelajaran dalam proses berguru S-R haruslaha. Berwarna gelapb. Seminimal mungkinc. Berwarna-warnid. Semaksimal mungkin
- Pada waktu mengajar, guru menawarkan hadiah atau kebanggaan kepada siswa yang berhasil menjawab atau menuntaskan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori berguru ...a. Clasical conditioningb. Connectionismc. Behaviorismd. Operant conditioning
- Di bawah ini yaitu contoh dari adanya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ...a. Ratna sanggup menuntaskan tugasnya dengan santunan orang tuab. Hesti mencicipi sakit perut alasannya akan mengikuti tesc. Yanto merasa pusing sehabis mengerjakan kiprah yang diberikan gurud. Adi menangis sehabis berantem dengan Agus untuk berebut mengerjakan tugas
- Kegiatan berikut yaitu salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita semoga sanggup berkembang secara maksimal, yaitu ...a. Siswa berolah raga di lapanganb. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasic. Siswa diajak berkarya wisatad. Siswa berguru di ruang laboratorium bahasa
- Berikut yaitu contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...a. Mengajak siswa untuk berdiskusi wacana pelajaran tertentub. Siswa diberi kiprah untuk menuntaskan suatu masalahc. Melakukan studi dokumentasi wacana data data siswad. Mengobservasi sikap guru dan siswa
- Cara melatih silang intelegensi anak sanggup dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolahb. Siswa diberi kiprah untuk mendata flora yang ada di sekitar rumahnyac. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelasd. Ali menerima kiprah untuk menciptakan maket rumah Minangkabau
- Dalam menerapkan seni administrasi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah langkah yang sanggup digunakan, antara lain ...a. Membuat kebijakan gres mengenai seni administrasi pembelajaranb. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswad. Menyediakan akomodasi yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan
- Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada ....a. Hasilb. Pembelajaranc. Nilaid. Proses
- Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa berbagi gagasan atau konsep gres berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...a. Masa kemudian dan masa depanb. Masa kini dan masa laluc. Masa siswa belajard. Saat siswa sedang melaksanakan kegiatan
- Perspektif kognitivisme beropini bahwa sikap siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleha. Pengalamanb. Berbagai penguatanc. Cara belajarnyad. Lingkungannya
- Pada dasarnya seni administrasi pembelajaran di sekolah sanggup memakai teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut kecuali...a. Membuat asosiasib. Membedakanc. Membuat skemad. Mengingat
- Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, beliau menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya yaitu ...a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama samab. Menghubungkan hasil pengamatan dengan analisisc. Memberitahu wacana konsep dasar yang relevan dengan materid. Menyusun mekanisme yang sempurna untuk mengerjakan tugas
- Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan sahabat temannya. Hal ini dilakukan semoga siswa sanggup ....a. Mengobrol bersamab. Bertukar informasic. Saling percayad. Saling memahami
- Dalam proses pembelajaran, semoga proses pembelajaran sanggup berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecualia. Mendorong siswa untuk menciptakan keputusan sendirib. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukanc. Mengusahakan suasana berguru yang menyenangkand. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
- Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan seni administrasi berpikir siswa. Untuk itu penilaian yang paling sempurna dipakai yaitu penilaian yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....a. Pengetahuan sajab. Pengetahuan dan kinerjac. Sikap dan kinerjad. Sikap, pengetahuan, dan kinerja
- Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari ...a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutupb. Pendahuluan, abstrak, bab inti, simpulanc. Abstrak, pendahuluan, bab inti, simpuland. Abstrak, bab inti, penutup
- Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau aneka macam aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .a. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktifb. MBS / Manajemen Berbasis Sekolahc. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkapd. Unit / Pembelajaran Terpadu.
- Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang mempunyai implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :a. Kompetensib. Standar kompetensic. Kompetensi dasard. Indikator pencapaian belajar
- Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik yaitu ...a. Penyediaan lingkungan yang positif dan aman bagi perkembangan fisik.b. Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.c. Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisikd. Anak mempunyai konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki
- Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap inisesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecualia. Fakta atau kenyataanb. Argumentasic. Teori yang diakui kebenarannyad. Data empirik/hasil penelitian
- Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifata. Resmib. Bakuc. Impersonald. Personal
- Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek yaitu kemampuan ...a. Berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melaksanakan pengamatan, hingga penulisan laporanb. Mendesain hasil karyac. Memilih dan memakai alat di lapangand. Menilai hasil karya secara analitis dan holistik
- Analisis soal secara kualitatif sangat baik alasannya setiap soal dilihat oleh ....a. Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitunganb. Beberapa andal secara gotong royong dalam diskusi didasarkan materinyac. Beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannyad. Ahli materi dengan memakai perhitungan yang sederhana
- Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan . . . .a. Tahap pengetahuan (kowledge)b. Tahap bujukan (persuasion)c. Tahap pengembalian keputusan (decision making)d. Tahap implementasi (implementation)
- Salah satu prinsip penilaian yaitu reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian yaitu ...a. Alat penilaian diujikan pada orang yang samab. Alat penilaian diujikan pada orang yang berbedac. Petunjuk pelaksanaan harus jelasd. Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
- Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list yaitu ...a. Penilaiannya mutlakb. Subjek yang dinilai lebih terbatasc. Pedoman penilaian lengkapd. Lebih praktis
- Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...a. Perencanaan dan penyusunan alat penilaianb. Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasic. Pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaiand. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
- Penilaian contoh patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...a. Rata-rata kelompokb. Kriteria yang telah ditetapkanc. Persentase kemampuan siswad. Skor baku yang telah ditetapkan
- Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi yaitu ...a. Menentukan siapa yang akan mengobservasib. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasic. Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasid. Menentukan planning sampling
- Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...a. Catatan pelajaran siswab. Catatan harian sikap siswac. Hasil pekerjaan siswad. Profil perkembangan siswa
Kunci Jawaban:
- c. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
- a. Padagogik
- c. Tes kemampuan dasar
- c. Social Block
- b. 7 – 8 tahun
- b. Permendikbud No. 65 th 2013
- b. Acuan kriteria
- c. Trialability
- c. Diskusi
- a. Cultural Block
- d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
- b. Dari bayi hingga tua
- a. Clasical conditioning dari Pavlov
- b. Perkembangan siswa
- c. Bertahap
- b. Kognitif
- c. Mempelajari sikap insan masa masa kini untuk keadaan insan dikala ini
- c. Mendiskusikan wacana suatu persoalan dengan siswa
- d. Belajar menghapal
- a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswa
- b. Proses pengaturan diri
- d. Alumni
- d. Penilaian atau evaluasi
- b. Memecahkan masalah
- c. Praktis berkonsentrasi
- a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
- b. Tes berupa angket
- a. Humanisasi
- c. Cognitive development
- a. Kurikulum
- d. Semaksimal mungkin
- b. Connectionism
- b. Hesti mencicipi sakit perut alasannya akan mengikuti tes
- d. Siswa berguru di ruang laboratorium bahasa
- c. Melakukan studi dokumentasi wacana data data siswa
- a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah
- c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa
- d. Proses
- b. Masa kini dan masa lalu
- a. Pengalaman
- c. Membuat skema
- c. Memberitahu wacana konsep dasar yang relevan dengan materi
- b. Bertukar informasi
- b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
- a. Pengetahuan saja
- a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
- b. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
- b. Standar kompetensi
- b. Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
- b. Argumentasi
- b. Baku
- c. Memilih dan memakai alat di lapangan
- c. Beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
- b. Tahap bujukan (persuasion)
- c. Petunjuk pelaksanaan harus jelas
- c. Pedoman penilaian lengkap
- d. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
- b. Kriteria yang telah ditetapkan
- b. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
- a. Catatan pelajaran siswa