-->
Skb Pendidikan Keguruan - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Skb Pendidikan Keguruan - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Pendidikan Keguruan Lengkap Jawaban Salah satu hal yang harus dihindari pada dikala menulis hasil pe...

Skb Pendidikan Keguruan - Soal Dan Jawaban



Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Pendidikan Keguruan Lengkap Jawaban
  1. Salah satu hal yang harus dihindari pada dikala menulis hasil penelitian yaitu ...
    a. Menjelaskan partisipan
    b. Menulis persoalan yang sudah pernah dibahas
    c. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
    d. Melaporkan kekerabatan yang dibahas dalam penelitian
  2. Kemampuan  guru  untuk  mengembangkan  peserta  didik  dalam  mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimilikinya, termasuk ke dalam ...
    a. Padagogik 
    b. Kepribadian 
    c. Profesional 
    d. sosial 
  3. Penilaian  pendidikan  sebagai  proses  pengumpulan  dan  pengolahan  informasi  untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik, kecuali ...
    a. Penilaian otentik 
    b. Penilaian diri
    c. Tes kemampuan dasar
    d. Penilaian berbasis portofolio
  4. Fanatisme tempat yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .
    a. Cultural Block
    b. Mental Block Barries
    c. Social Block
    d. System Block
  5. Gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia ..... 
    a. 5 – 6 tahun 
    b. 7 – 8 tahun 
    c. 9 – 10 tahun 
    d. 11- 12 tahun 
  6. Setiap  pendidik  pada  satuan  pendidikan  berkewajiban  menyusun  RPP  secara  lengkap dan sistematis sesuai dengan amanat ... 
    a. Permendikbud No. 64 th 2013
    b. Permendikbud No. 65 th 2013
    c. Permendikbud No. 66 th 2013
    d. Permendikbud No. 67 th 2013
    E. Permendikbud No. 68 th 2013
  7. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
    a. Acuan norma
    b. Acuan kriteria
    c. Gabungan
    d. Acuan norma atau kriteria
  8. Sampai  sejauh  mana  suatu  inovasi  dapat  diujicobakan  bahan  kehandalan  dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
    a. Relative advantages
    b. Compatibility
    c. Trialability
    d. Complexity
    e. Semua balasan benar
  9. Dalam  suatu  artikel  konseptual,  bagaimana  teori/konsep  yang  ditawarkan  sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bab ...
    a. Abstrak
    b. Pendahuluan
    c. Diskusi
    d. Referensi
  10. Adat  yang  sudah  mengakar  dan  mentradisi  merupakan  salah  satu  contoh  hambatan yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .
    a. Cultural Block
    b. Mental Block Barries
    c. Social Block
    d. System Block
  11. Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa cendekia dengan kelompok siswa ndeso apabila ..
    a. Butir soal mempunyai 2 kunci balasan sehingga daya pembedanya 1,0
    b. Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
    c. Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
    d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
  12. Belajar berdasarkan Bell-Gredler yaitu proses insan untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan. Proses berguru ini berlangsung ...
    a. Pada dikala seseorang sedang bersekolah
    b. Dari bayi hingga tua
    c. Pada waktu siswa sudah siap
    d. Pada waktu seseorang sedang belajar
  13. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
    a. Clasical conditioning dari Pavlov.
    b. Connectionism dari Thorndike
    c. Behaviorism dari Watson
    d. Operant conditioning dari Skinner
  14. Pada dasarnya teori berguru behavioristik sangat menekankan pada ... 
    a. Proses belajar
    b. Perkembangan siswa
    c. Hasil belajar
    d. Kepandaian siswa
  15. Proses lupa pada diri seseorang berdasarkan Guthrie terjadi secara ... 
    a. Tiba-tiba
    b. Tidak terkendali
    c. Bertahap 
    d. Terkendali
  16. Suatu teori berguru dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori berguru ... 
    a. Insight
    b. Kognitif
    c. Conditioning
    d. Connectionism
  17. Teori berguru kognitif mempunyai perbedaan yang fundamental dengan teori berguru conditioning S-R . Teori berguru kognitif artinya... 
    a. Mempelajari sikap insan di masa kemudian dipakai untuk memprediksi masa depan
    b. Mempelajari sikap insan masa kemudian untuk mengetahui sikap insan masa lampau.
    c. Mempelajari sikap insan masa masa kini untuk keadaan insan dikala ini 
    d. Mempelajari sikap insan masa kini untuk dibandingkan dengan sikap insan masa lalu.
  18. Penerapan teori berguru Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal berikut ini, kecuali ... 
    a. Membantu siswa semoga sanggup melihat adanya kekerabatan konsep yang satu dengan yang lain
    b. Memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya
    c. Mendiskusikan wacana suatu persoalan dengan siswa
    d. Mendorong siswa untuk memberikan pendapatnya
  19. Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara berguru menyerupai itu disebut dengan ... 
    a. Belajar bermakna
    b. Belajar sendiri
    c. Belajar verbal
    d. Belajar menghapal
  20. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang memperlihatkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase fase belajar?
    a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswa
    b. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas
    c. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan berguru dalam proses pembelajaran
    d. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laris yang berlainan dari siswanya sehabis proses pembelajaran berakhir
  21. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual yaitu ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium yaitu ...
    a. Pengaruh sosial
    b. Proses pengaturan diri
    c. Proses kematangan pribadi
    d. Lingkungan fisik
  22. Dalam menerapkan teori berguru sosial yang sanggup dijadikan model untuk ditiru yaitu sebagai berikut, kecuali ...
    a. Guru pengajar di kelas
    b. Teman satu kelas
    c. Pahlawan nasional
    d. Alumni
  23. Untuk mendukung semoga ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, penilaian diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada mekanisme yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...
    a. Penentuan tujuan
    b. Tanggung jawab
    c. Pemberian insentif
    d. Penilaian atau evaluasi
  24. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan beragam yaitu aneka macam kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
    a. Menjawab pertanyaan
    b. Memecahkan masalah
    c. Mengembangkan diri
    d. Mengerjakan tugas
  25. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal, yaitu ...
    a. Mampu bermain dalam kelompok
    b. Mampu menjadi pemimpin
    c. Praktis berkonsentrasi
    d. Peka terhadap teman
  26. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
    a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
    b. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
    c.  Cara mengatasi hambatan terhadap pelaksanaan penemuan pendidikan
    d. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia
  27. Alat ukur yang dipakai untuk mengukur kemampuan afektif siswa, dipakai .... 
    a. Tes obyektif
    b. Tes berupa angket
    c. Tes kemampuan gerak
    d. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
  28. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu insan semoga bisa hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini alasannya pendidikan bersifat ....
    a. Humanisasi 
    b. Individualitas
    c. Sosialitas
    d. Potensialitas
  29. Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ....
    a. Conditions of learning
    b. Information processing
    c. Cognitive development
    d. Social learning
  30. Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu berbagi seni administrasi pembelajaran. Salah satunya yaitu guru memutuskan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...
    a. Kurikulum.
    b. Kerangka pembelajaran
    c. Sistem
    d. Evaluasi
  31. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang dipakai sebagai media pembelajaran dalam proses berguru S-R haruslah 
    a. Berwarna gelap
    b. Seminimal mungkin
    c. Berwarna-warni
    d. Semaksimal mungkin
  32. Pada waktu mengajar, guru menawarkan hadiah atau kebanggaan kepada siswa yang berhasil menjawab atau menuntaskan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori berguru ...  
    a. Clasical conditioning
    b. Connectionism
    c. Behaviorism
    d. Operant conditioning
  33. Di bawah ini yaitu contoh dari adanya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ... 
    a. Ratna sanggup menuntaskan tugasnya dengan santunan orang tua
    b. Hesti mencicipi sakit perut alasannya akan mengikuti tes
    c. Yanto merasa pusing sehabis mengerjakan kiprah yang diberikan guru 
    d. Adi menangis sehabis berantem dengan Agus untuk berebut mengerjakan tugas
  34. Kegiatan berikut yaitu salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita semoga sanggup berkembang secara maksimal, yaitu ... 
    a. Siswa berolah raga di lapangan
    b. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi
    c. Siswa diajak berkarya wisata 
    d. Siswa berguru di ruang laboratorium bahasa
  35. Berikut yaitu contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ... 
    a. Mengajak siswa untuk berdiskusi wacana pelajaran tertentu 
    b. Siswa diberi kiprah untuk menuntaskan suatu masalah
    c. Melakukan studi dokumentasi wacana data data siswa
    d. Mengobservasi sikap guru dan siswa
  36. Cara melatih silang intelegensi anak sanggup dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ... 
    a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah
    b. Siswa diberi kiprah untuk mendata flora yang ada di sekitar rumahnya
    c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelas
    d. Ali menerima kiprah untuk menciptakan maket rumah Minangkabau
  37. Dalam menerapkan seni administrasi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah langkah yang sanggup digunakan, antara lain ...
    a. Membuat kebijakan gres mengenai seni administrasi pembelajaran
    b. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.
    c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa
    d. Menyediakan akomodasi yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan
  38. Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada .... 
    a. Hasil
    b. Pembelajaran
    c. Nilai
    d. Proses
  39. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa berbagi gagasan atau konsep gres berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ... 
    a. Masa kemudian dan masa depan
    b. Masa kini dan masa lalu
    c. Masa siswa belajar
    d. Saat siswa sedang melaksanakan kegiatan
  40. Perspektif kognitivisme beropini bahwa sikap siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleh
    a. Pengalaman
    b. Berbagai penguatan
    c. Cara belajarnya
    d. Lingkungannya
  41. Pada dasarnya seni administrasi pembelajaran di sekolah sanggup memakai teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut kecuali...
    a. Membuat asosiasi
    b. Membedakan
    c. Membuat skema
    d. Mengingat
  42. Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, beliau menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya yaitu ... 
    a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama sama
    b. Menghubungkan hasil pengamatan dengan analisis
    c. Memberitahu wacana konsep dasar yang relevan dengan materi
    d. Menyusun mekanisme yang sempurna untuk mengerjakan tugas
  43. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan sahabat temannya. Hal ini dilakukan semoga siswa sanggup .... 
    a. Mengobrol bersama 
    b. Bertukar informasi
    c. Saling percaya
    d. Saling memahami
  44. Dalam proses pembelajaran, semoga proses pembelajaran sanggup berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali
    a. Mendorong siswa untuk menciptakan keputusan sendiri
    b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
    c. Mengusahakan suasana berguru yang menyenangkan
    d. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
  45. Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan seni administrasi berpikir siswa. Untuk itu penilaian yang paling sempurna dipakai yaitu penilaian yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....
    a. Pengetahuan saja
    b. Pengetahuan dan kinerja
    c. Sikap dan kinerja
    d. Sikap, pengetahuan, dan kinerja
  46. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari ...
    a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
    b. Pendahuluan, abstrak, bab inti, simpulan 
    c. Abstrak, pendahuluan, bab inti, simpulan
    d. Abstrak, bab inti, penutup
  47. Melatih  peserta  didik  untuk  berpikir  komprehensif  dari  berbagai  disiplin  ilmu  atau aneka macam aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
    a. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
    b. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
    c. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
    d. Unit / Pembelajaran Terpadu.
  48. Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran  yang mempunyai implikasi  yang  sangat  signifikan  dalam  perencanaan,  metodologi  dan  pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :
    a. Kompetensi
    b. Standar kompetensi
    c. Kompetensi dasar
    d. Indikator pencapaian belajar
  49. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik yaitu ...
    a. Penyediaan lingkungan yang positif dan aman bagi perkembangan fisik.
    b.  Pemberian  kesempatan  untuk  beraktivitas  dan  berpartisipasi  guna  menggerakkan otot dan anggota tubuh.
    c.  Mengantisipasi  dan  menghindarkan  hal-hal  yang  dapat  mengganggu  perkembangan fisik
    d. Anak mempunyai konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki
  50. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini 
    sesuai  dengan  hakikat  karya  tulis  ilmiah  yang  merupakan  kajian  berdasarkan  pada, kecuali
    a. Fakta atau kenyataan
    b. Argumentasi
    c. Teori yang diakui kebenarannya
    d. Data empirik/hasil penelitian
  51. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
    a.  Resmi
    b.  Baku
    c.  Impersonal
    d. Personal
  52. Kemampuan  siswa  yang  perlu  dipertimbangkan  ketika  menerapkan  teknik  penilaian proyek yaitu kemampuan ...
    a. Berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melaksanakan pengamatan, hingga penulisan laporan 
    b. Mendesain hasil karya
    c. Memilih dan memakai alat di lapangan
    d. Menilai hasil karya secara analitis dan holistik
  53. Analisis soal secara kualitatif sangat baik alasannya setiap soal dilihat oleh .... 
    a. Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
    b. Beberapa andal secara gotong royong dalam diskusi didasarkan materinya
    c. Beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
    d. Ahli materi dengan memakai perhitungan yang sederhana
  54. Tahap  pada  saat  individu/kelompok  mulai  membentuk  sikap  menyenangi  atau  tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan . . . .
    a. Tahap pengetahuan (kowledge)
    b. Tahap bujukan (persuasion)
    c. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
    d. Tahap implementasi (implementation)
  55. Salah satu prinsip penilaian yaitu reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian yaitu ...
    a. Alat penilaian diujikan pada orang yang sama
    b. Alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
    c. Petunjuk pelaksanaan harus jelas
    d. Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
  56. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list yaitu ...
    a. Penilaiannya mutlak
    b. Subjek yang dinilai lebih terbatas
    c. Pedoman penilaian lengkap
    d. Lebih praktis
  57. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
    a. Perencanaan dan penyusunan alat penilaian
    b. Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
    c. Pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
    d. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
  58. Penilaian contoh patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
    a. Rata-rata kelompok
    b. Kriteria yang telah ditetapkan
    c. Persentase kemampuan siswa
    d. Skor baku yang telah ditetapkan
  59. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi yaitu ...
    a. Menentukan siapa yang akan mengobservasi
    b. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
    c. Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
    d. Menentukan planning sampling
  60. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
    a. Catatan pelajaran siswa
    b. Catatan harian sikap siswa
    c. Hasil pekerjaan siswa
    d. Profil perkembangan siswa
Kunci Jawaban:
  1. c. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
  2. a. Padagogik
  3. c. Tes kemampuan dasar
  4. c. Social Block
  5. b. 7 – 8 tahun 
  6. b. Permendikbud No. 65 th 2013
  7. b. Acuan kriteria
  8. c. Trialability
  9. c. Diskusi
  10. a. Cultural Block
  11. d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
  12. b. Dari bayi hingga tua
  13. a. Clasical conditioning dari Pavlov
  14. b. Perkembangan siswa
  15. c. Bertahap 
  16. b. Kognitif
  17. c. Mempelajari sikap insan masa masa kini untuk keadaan insan dikala ini 
  18. c. Mendiskusikan wacana suatu persoalan dengan siswa
  19. d. Belajar menghapal
  20. a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswa
  21. b. Proses pengaturan diri
  22. d. Alumni
  23. d. Penilaian atau evaluasi
  24. b. Memecahkan masalah
  25. c. Praktis berkonsentrasi
  26. a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
  27. b. Tes berupa angket
  28. a. Humanisasi
  29. c. Cognitive development
  30. a. Kurikulum
  31. d. Semaksimal mungkin
  32. b. Connectionism
  33. b. Hesti mencicipi sakit perut alasannya akan mengikuti tes
  34. d. Siswa berguru di ruang laboratorium bahasa
  35. c. Melakukan studi dokumentasi wacana data data siswa
  36. a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah
  37. c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa
  38. d. Proses
  39. b. Masa kini dan masa lalu
  40. a. Pengalaman
  41. c. Membuat skema
  42. c. Memberitahu wacana konsep dasar yang relevan dengan materi
  43. b. Bertukar informasi
  44. b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
  45. a. Pengetahuan saja
  46. a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
  47. b. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
  48. b. Standar kompetensi
  49. b.  Pemberian  kesempatan  untuk  beraktivitas  dan  berpartisipasi  guna  menggerakkan otot dan anggota tubuh.
  50. b. Argumentasi
  51. b.  Baku
  52. c. Memilih dan memakai alat di lapangan
  53. c. Beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
  54. b. Tahap bujukan (persuasion)
  55. c. Petunjuk pelaksanaan harus jelas
  56. c. Pedoman penilaian lengkap
  57. d. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
  58. b. Kriteria yang telah ditetapkan
  59. b. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
  60. a. Catatan pelajaran siswa