-->
Cara Mengetahui Instruksi Script Html Website Atau Blog
4/ 5 stars - "Cara Mengetahui Instruksi Script Html Website Atau Blog" { Jangan Malas Membaca Ya } Ketika kita sedang menciptakan website atau blog dan galau ketika menata layout atau menentukan warna yan...

Cara Mengetahui Instruksi Script Html Website Atau Blog



Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog
{ Jangan Malas Membaca Ya }

Ketika kita sedang menciptakan website atau blog dan galau ketika menata layout atau menentukan warna yang cocok untuk website, salah satu trik umum yang digunakan untuk mencari inspirasi yakni dengan mengunjungi web yang mempunyai desain yang manis :D.

Saat  kita mengunjungi web tersebut, niscaya ada pertanyaan perihal bagaimana sang creator menciptakan layout yang indah pada websitenya, apa saja arahan css dan html yang digunakan, warna apa saja yang digunakan. Semua browser memungkinkan pengguna untuk melihat HTML atau skrip lain pada halaman web yang di-kunjunginya.

Cara Melihat Kode Script HTML Website atau Blog
Untuk mengetahui itu semua sanggup dilakukan dengan cara melihat source code website atau blog sang creator, untuk caranya perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

Buka halaman website atau blog yang ingin dilihat source code-nya. Dalam tutorial kali ini akan memakai halaman utama dari www.iptek.or.id. Setelah halaman sudah terload secara sempurna, klik kanan pada halaman tersebut maka akan muncul pilihan dan pilih “lihat sumber laman” atau “View page source” seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog

Akan muncul halaman di tab gres secara otomatis dan disitulah kita sanggup melihat source code atau arahan scriptnya. Cara yang telah dijelaskan diatas yakni ketika kita membuka halaman website atau blog memakai UC Browser dalam bahasa inggris, bila anda memakai Chrome atau firefox langkahnya sama ibarat diatas.

Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog

Pada halaman source code ini kita sanggup melihat arahan HTML dan CSS apa yang digunakan bahkan hingga arahan Javascript dan jQuery juga sanggup dilihat, biasanya pada arahan Javascript sudah di encripsi sehingga susah untuk dibaca.

Pada beberapa website atau blog, terkadang sang creator mencegah biar halaman websitenya tidak sanggup di klik kanan, cara untuk mengatasinya yakni dengan menentukan sajian option pada browser dan pilih “lihat sumber laman” pada chrome, pada firefox pilih “View Page Source” atau eksklusif tekan CTRL + U secara bersamaan. Setelah kita melihat source codenya, tinggal kita pelajari isi arahan tersebut dan semoga menerima inspirasi gres yang sanggup diterapkan dalam pembuatan web.

Lebih terang untuk melihat arahan sumber atau source code pada halaman web:
  • Firefox – CTRL + U (tekan tombol CTRL dan U pada keyboard secara bersamaan). atau menuju ke sajian “Firefox” dan lalu klik pada “Web Developer” dan lalu “Page Source”.
  • Internet Explorer – CTRL + U. Atau klik kanan dan pilih “View Source”.
  • Chrome – CTRL + U. Atau sanggup mengklik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Kemudian klik pada “Tools” dan pilih “View Source”.
  • Opera – CTRL + U. Atau juga sanggup klik kanan pada halaman web dan pilih “View Page Source”.

Catatan:
Ketika kita melihat source code website atau blog, hal yang perlu di-ingat yakni source code yang ditampilkan yakni hanya source code yang diproses oleh browser itu sendiri, bukan source code yang diproses oleh server (seperti PHP).

Jika gres pertama kali mencar ilmu niscaya galau melihat banyak arahan dan fungsinya apa saja tiap kode, tapi hening saja dalam tutorial di Blog akan dijelaskan bagaimana cara menciptakan website dari awal, jadi pada postingan berikutnya akan di bahas secara mendetail perihal arahan HTML, CSS, Javascript, jQuery dll.

Sekian dari postingan kali ini tentang Cara mengetahui Kode Script HTML Website atau Blog. Mudah-mudahan bermanfaat :D Sankyou.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat... ^_^