-->
Pengertian Who.Is
4/ 5 stars - "Pengertian Who.Is" Who.is Who.is yakni fitur di Internet yang sanggup menampilkan gosip nama domain atau alamat IP milik pengguna atau kom...

Pengertian Who.Is



Who.is















Who.is yakni fitur di Internet yang sanggup menampilkan gosip nama domain atau alamat IP milik pengguna atau komputer lain di internet. akomodasi ini sanggup di jumpai di beberapa perusahaan hosting ataupun mereka yang mengatakan layanan ini secara khusus dan tentu saja gratis ( contoh: whois.sc, whois.net dll )


 Masuk https://who.is/

Apa saja yang terdapat dalam whois ?
apabila kita melaksanakan whois sebuah domain maka kita akan melihat 4 hal yang biasanya ada dalam whois tersebut :
1. Administrative Contact yakni pihak pemilik domain yang mempunyai hak tersebut hingga dengan batas waktu (expires date) yang telah tertera. mereka yang tertera di walah point ini mempunyai otorisas untuk melaksanakan update terhadap domain tersebut ibarat renew, transfer dll).

2 Technical Contact yakni pihak yang di delegasikan oleh pemilik domain untuk mengelola teknis nama server dari sebuah nama domain. biasanya domain2 yang di registrasikan sekaligus memesan hosting di yahoo.com akan tertera Technical Contact domain tersebut yakni dari pihak yahoo.com (juga beberapa perusahaan lain)

3.Billing Contact yakni pihak yang melaksanakan pembayaran, ataupun mendapatkan tagihan dari domain yang di registrasikan tersebut.

4. Name server yakni nama server dimana domain tersebut di tujukan (ns1 dan ns2)
   dalam banyak kasus, poin 1,2,3 cukup di isi oleh 1 nama. meski tidak menutup kemungkinan masing2 di delegasikan pada pihak2 lain.

Nah selain ke-4 hal tersebut kita juga sanggup mengetahui status Domain tersebut. ada beberapa status dalam domain anda :

1. ACTIVE Domain dalam posisi aktiv dan sanggup di lakukan segala perubahan oleh pemilik domain tersebut misalnya transfer, push dll.

2. REGISTRAR-LOCK Domain dalam posisi aktiv akan tetapi oleh pemilik domain tersebut dengan alasan keamanan di lakukan penguncian sehingga tidak sanggup di lakukan perubahan kepemilikan domain tersebut.

3. REGISTRAR-HOLD Domain akan di hapus dan akan sanggup di daftarkan kembali dalam waktu 37 - 82 hari kedepan. tidak semua status REGISTRAR-HOLD akan di hapus sebab masih memungkinkan pemilik usang untuk memperpanjang domain mereka.

4. REDEMPTIONPERIOD Domain akan di hapus dan akan sanggup di daftarkan kembali dalam waktu 31 hari kedepan.

5. PENDINGDELETE Domain akan di hapus dan akan sanggup di daftarkan kembali dalam waktu 6 hari kedepan.

6. REGISTRY-LOCK Domain dalam posisi aktiv akan tetapi oleh pihak regitrar dengan alasan keamanan di lakukan penguncian sehingga tidak sanggup di lakukan perubahan kepemilikan domain tersebut (biasa di lock oleh pihak registry sebab alasan Fraud dll)

7. PENDING-RESTORE Domain akan kembali dalam posisi aktiv sesudah di perpanjang oleh pemilik sebelumnya.

Kegunaan whois
Selain mendapatkan gosip suatu domain, whois berguna sebagai berikut :
Mendukung keamanan dan kestabilan dari internet dengan menyediakan gosip kontak yang sanggup dihubungi yang bekerjasama dengan jaringan, ISP, dan pemilik domain.
Untuk mendapatkan gosip ketersediaan domain. Sehingga jikalau domain tersedia dalam artian belum diregistrasi oleh orang lain, maka Anda sanggup melaksanakan pendaftaran atas nama domain tersebut.
Mempermudah penegakan aturan dalam pemeriksaan pelanggaran aturan dalam suatu negara, ibarat terorisme, pornografi, perdagangan organ, dan illegal content.
Memfasilitasi pencarian data untuk hak cipta dan brand dagang
Memberikan bantuan pada kepercayaan pengunjung dikala mengunjungi suatu situs, ibarat situs ecommerce ( toko online ), forum sosial, atau perusahaan yang mengatakan produk jasa.
 Pada dasarnya, server Who IS dioperasikan oleh regional internet registries(RIR), yang beralamatkan di :
https://ws.arin.net/whois                       ARIN(Amerika Utara)
https://www.ripe.net/whois                      RIPE NCC(Eropa dan sebagian Asia)
https://whois.apnic.net                         APNIC (Asia Pacifik)
https://whois.lacnic.net                        LACNIC (Amerika Latin & Karibia)
https://whois.afrinic.net                       afriNIC (Afrika)

Sedangkan untuk memproses protokol ini, disini kita cukup bermodalkan browser untuk menlanjangi sebuah domain. ada banyak website yang banyak akomodasi untuk melaksanakan whois, diantaranya adalah:
https://punyasitus.com/whois.php
https://www.whois.net
https://whois.com
https://whois.is 


Oke sekian dari saya 🙏