-->
Mamank Dzgn : Test Buta Warna Atau Tidak
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Test Buta Warna Atau Tidak" Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Mencari Tahu Penyebab dan Klasifikasi Buta Warna , kita mengetahui bahwa bu...

Mamank Dzgn : Test Buta Warna Atau Tidak




Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Mencari Tahu Penyebab dan Klasifikasi Buta Warna , kita mengetahui bahwa buta warna yaitu penyakit yang berasal dari kromosom X. Penyakit ini seringkali diturunkan oleh orang renta ke anak-nya sehingga disebut sex linked


Biasanya kebanyakan orang mengetahui beliau buta warna ataukah tidak dikala ingin mendaftar ke perguruan tinggi polisi, tentara, IPDN, atau ke politeknik juga ke SMK, alasannya yaitu hal ini merupakan syarat masuk dari tiap instansi tadi.
Untuk sanggup mengetahui seseorang memiliki penyakit buta warna yaitu melalui tes buta warna atau istilah lainnya tes ishihara. Tes buta warna ini ditemukan oleh Dr. Shinobu Ishihara yang dipublikasikan pada tahun 1917 di Jepang. Tes buta warna ini berupa lembaran berisi titik-titik warna yang membentuk sebuah angka, benda, atau mahluk hidup.Orang yang tidak buta warna akan terlihat dengan terang setiap apa yang terdapat pada lembaran tersebut, tetapi bagi orang yang buta warna akan sangat kesulitan. 
Ada buta warna sebagian atau parsial dan juga buta warna seluruh atau total. Buta warna sebagian ini, tidak sanggup melihat dan memilih warna pada satu pigmen, sedangkan buta warna total tidak sanggup melihat semua pigmen warna, namun buta warna total sangat jarang ditemukan.

Berikut yaitu beberapa gambar yang biasa dipakai dikala tes buta warna
Orang yang normal akan menebaknya dengan benar yaitu angka 10.
Orang yang normal akan menebaknya dengan benar yaitu angka 12.
Orang yang normal akan menebaknya dengan benar yaitu angka 5, namun yang kekurangan penglihatan pigmen akan kesulitan dalam menebaknya.
Orang yang normal akan menebaknya dengan benar yaitu angka 8, namun orang yang kekurangan pigmen merah-hijau akan menjawab angka 3. Dan yang buta warna total akan, tidak sanggup memilih angka pada bulat tersebut.

Untuk yang ingin mencobanya lagi dan yang lebih sulit lagi, sanggup kalian menuju link dibawah ini
http://colorvisiontesting.com/ishihara.htm#demonstration%20plate

Sumber
https://mamankdzgn.blogspot.com//search?q=mencari-tahu-penyebab-dan-klasifikasi
http://www.alodokter.com/buta-warna
http://colorvisiontesting.com/ishihara.htm#demonstration%20plate
Diakses pada tanggal 13 April 2016