-->
Cara Menciptakan Daftar Isi Sederhana Dan Otomatis Di Blog
4/ 5 stars - "Cara Menciptakan Daftar Isi Sederhana Dan Otomatis Di Blog" Daftar isi atau sitemap merupakan salah satu elemen yang tergolong penting dalam sebuah blog / web. Layaknya sebuah buku, blog juga harus me...

Cara Menciptakan Daftar Isi Sederhana Dan Otomatis Di Blog



Daftar isi atau sitemap merupakan salah satu elemen yang tergolong penting dalam sebuah blog / web. Layaknya sebuah buku, blog juga harus mempunyai daftar isi sebagai daerah warta bagi para pengunjung blog yang berisi daftar judul - judul artikel yang telah dipublikasikan, sehingga pengunjung sanggup dengan gampang mencari warta yang di butuhkan.

Selain itu, berdasarkan para jago SEO, menciptakan sitemap blog juga termasuk salah satu bentuk SEO, alasannya ialah di dalam sitemap memuat susunan link yang sangat komplek dan secara otomatis memperkuat link building sebuah blog.

Mengapa disebut daftar isi otomatis? Karena setiap postingan yang anda publikasikan akan secara otomatis tersimpan / tercantum di dalam halaman daftar isi blog. Kaprikornus kita tidak perlu menulisnya secara manual, Mudah boss.

Berikut ini cara menciptakan daftar isi / sitemap otomatis di blog memakai script yang sanggup di bilang sangat ringan atau Responsive, alasannya ialah halaman daftar isi sederhana ini di muat tidak memakai santunan link dari luar.

Ngomongin soal Responsive, sudahkah template Blogger anda responsive, kalau belum ikuti panduan ini :

Cara Membuat Template Default Blogger Menjadi Responsive.

Daftar isi atau sitemap merupakan salah satu elemen yang tergolong penting dalam sebuah bl Cara Membuat Daftar Isi Sederhana dan Otomatis di Blog

Daftar isi sederhana tanpa label

1. Masuk ke Blogger >> pilih blog >> klik sajian Laman >> klik laman baru.

Beri judul laman Daftar isi, Peta Situs, atau Sitemap.

2. Klik mode HTML (sebelah compose), Copy dan paste salah satu arahan script di bawah ini.

Jika anda ingin daftar isi hanya menampilkan judul postingan, silahkan gunakan script berikut ini.

<script> var numposts = 1000; </script> <script> function boss(json) { document.write('<ul>'); for (var i = 0; i < numposts; i++) { document.write('<li>'); var entry = json.feed.entry[i]; var posttitle = entry.title.$t; var posturl; if (i == json.feed.entry.length) break; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') { posturl = entry.link[k].href; posttitle = posttitle.link(posturl); } } document.write(posttitle); ('</li>'); } ('</ul>'); } </script> <script src="https://bakuloreg.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=1000&amp;orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=boss"></script> 

Jika ingin daftar isi menampilkan judul dan tanggal postingan, silahkan gunakan script di bawah ini.

<script> var numposts = 1000; var showpostdate = true; </script> <script> function boss(json) { document.write('<ul>'); for (var i = 0; i < numposts; i++) { document.write('<li>'); var entry = json.feed.entry[i]; var posttitle = entry.title.$t; var posturl; if (i == json.feed.entry.length) break; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') { posturl = entry.link[k].href; posttitle = posttitle.link(posturl); var postdate = entry.published.$t; var cdyear = postdate.substring(0,4); var cdmonth = postdate.substring(5,7); var cdday = postdate.substring(8,10); var monthnames = new Array(); monthnames[1] = "Jan"; monthnames[2] = "Feb"; monthnames[3] = "Mar"; monthnames[4] = "Apr"; monthnames[5] = "May"; monthnames[6] = "Jun"; monthnames[7] = "Jul"; monthnames[8] = "Aug"; monthnames[9] = "Sep"; monthnames[10] = "Oct"; monthnames[11] = "Nov"; monthnames[12] = "Dec"; } } document.write(posttitle); if (showpostdate == true) document.write(' ' + cdday + ' - ' + monthnames[parseInt(cdmonth,10)] + ' - ' + cdyear); ('</li>'); } ('</ul>'); } </script> <script src="https://bakuloreg.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=1000&amp;orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=boss"></script> 

Jangan lupa ganti warna merah dengan alamat blog anda.

ket :
var numposts = 1000;

Artinya daftar isi sanggup memuat maximum 1000 judul artikel, silahkan ubah sesuai kebutuhan.


var showpostdate = true;

Ini menunjukkan tampilan tanggal aktif, kalau nilai nya di ubah menjadi false, maka tanggal postingan tidak tampil (nonaktif).

Berdasarkan pengalaman pribadi Sebaiknya halaman sitemap eksklusif di publikasikan pada mode HTML, alasannya ialah kalau dipublikasikan pada mode compose script tidak sanggup berfungsi lagi lantaran ada perubahan posisi dalam script.(script yang ber warna kuning gampang berubah).

3. Publikasikan

Jika muncul peringatan menyerupai ini :

Laman ini berisi sumber daya HTTP yang sanggup menjadikan konten adonan memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna kalau blog dilihat melalui HTTPS.

Klik perbaiki, kemudian publikasikan.

4. Lihat hasilnya, dan catat alamat sitemap anda, selanjutnya tinggal anda pasang di sajian blog anda.

Catatan: Jika anda memakai judul Sitemap, biasanya akan menghasilkan alamat menyerupai ini:

http://yoursite.blogspot.com/p/sitemap.html

Pelajari juga: Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label.

Sekian tutorial cara menciptakan sitemap sederhana di blog, supaya sanggup bermanfaat dan selamat mencoba. Salam Blogger.