-->
Cara Setting Android Semoga Dapat Menulis Karakter Arab
4/ 5 stars - "Cara Setting Android Semoga Dapat Menulis Karakter Arab" Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab | Secara umum, virtual keyboard pada android hanya dapat untuk menulis aksara latin saja....

Cara Setting Android Semoga Dapat Menulis Karakter Arab



Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab | Secara umum, virtual keyboard pada android hanya dapat untuk menulis aksara latin saja. Eit, bukan secara umum. Secara default, virtual keyboard pada android ialah untuk menulis aksara latin, tapi sebetulnya keyboard pada android dapat diatur untuk menulis aksara lainnya, misal menulis aksara mandarin dan aksara arab.

Pengaturan keyboard android biar dapat menulis arab, bagi sebagian orang mungkin tidaklah penting. Tapi bagi sebagian lainnya, terlebih yang sangat intent dengan dunia islam keyboard arabic sangtlah penting. Misal, untuk menulis ayat al-quran, menulis hadis, menulis atsar para sobat dan ulama atau keperluan lainnya.

Apakah dapat menulis arab pada android?
Jawabannya tentu bisa, sebagaimana dapat untuk menulis aksara cina dan lainnya, untuk menulis aksara arab juga bisa. Yang penting tahu cara melaksanakan pengaturan atau settingan pada virtual keyboard android. Nah, silakan anda ikuti panduan setting keyboard android biar dapat menulis aksara arab pada smartphone adnroid anda berikut ini.

2 Cara Setting Keyboar Android

Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab

Cara 1:
  1. Dari sajian klik Settings
  2. Di bawah bab personal > Language & input
  3. Di bawah bab Keyboard & input methods > Android Keyboard
    • Nama keyboard pada android berbeda-beda tergantung brand perangkat android :
      • Untuk Samsung > Samsung Keyboard
      • Untuk Asus > ZenUI Keyboard
      • Untuk lainnya tergantung brand perangkat android nya, umumnya namanya Android keyboard.
  4. Klik Input languages
  5. Secara default (bawaan perangkat android) pada “Use system language” tercentang atau ON. Klik bab ini untuk menghilangkan tanda centang tersebut (Un-check). Jika “Use system language” masih tercentang, anda tidak dapat menentukan atau mengaktifkan pilihan bahasa Arab atau lainnya.
  6. Di bawah bab “Active input methods” klik atau centang Arabic atau bahasa lainnya. Selesai
Cara 2:
Buka aplikasi apa saja yang memunculkan on-screen keyboard pada perangkat android, menyerupai Note, SMS, WA, BBM dan lainnya.
  1. Pada keyboard yang muncul klik bab Settings dengan ikon bergambar roda gigi. Atau klik bab sajian pada keyboard tersebut dengan ikon bergambar titik tiga vertikal, kemudian klik keyboard settings.
  2. Klik Inputs language.
  3. Klik pada “Use system language” untuk menghilangkan tanda centang (uncheck) atau off-kan.
  4. Di bab “Active input methods” pilih Arabic atau lainnya.
Nah itu cara setting keyboard android biar dapat menulis aksara arab, kemudian bagiamana kalau ingin mengembalikan ke fungsi semula. Caranya sama, silakan anda aktifkan kembali atau centang  “Use System language”. Jika ini dicentang atau aktif, maka scara otomastis bahasa suplemen menyerupai Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif.

Memperbesar aksara arab pada keyboard android

Berbeda dengan aksara latin, huruf-huruf arab lebih komplesks, sehingga kalau menulis dengan ukura aksara biasa akan sangat menyulitkan. Maka untuk mempermudah penulisan aksara arab pada android sebaiknya huruf-huruf arab pada keyboard diperbesar.
Caranya:
  1. Masuk ke Keyboard settings, (Android keyboard/ZenUI Keyboard/Samsung Keyboard)
  2. Klik Advanced settings
  3. Klik “Larger characters” untuk memberi tanda centang atau mengaktifkannya
Hasilnya, huruf-huruf pada keyboard terlihat lebih tebal dan sedikit lebih besar.

Memperbesar hasil goresan pena pada layar

Kalau di atas ialah memperbesar aksara pada keyboard, nah alhasil juga harus diperbesar biar gampang dibaca. Karena aksara arab sambung menyambung dengan aksara lainnya belum lagi kalau ditambah harokat, maka kalau hurufnya kecil akan membentuk susunan aksara yang sulit untuk dibaca. Misal tanda titik pada aksara Ya, Ta, Tsa dan lainnya, atau tanda harakat, tanwin, sukun dan lainnya akan terlihat sangat kecil. Nah biar goresan pena terlihat lebih terperinci dan yummy dibaca, anda perlu juga memperbesar hasil penulisan pada layar. 
Caranya:
  1. Dari sajian awal, Klik Settings
  2. Di bawah bab Device, klik Display
  3. Klik Font size, pilih atau centang Large atau Huge. Terlihat perubahan besarnya goresan pena pada layar.
Nah kini cermati dan bandingkan goresan pena sehabis diperbesar dengan goresan pena sebelumnya. Apakah lebih terperinci dan gampang dibaca. Selamat, anda sudah dapat menulis aksara arab pada android dengan gampang dan alhasil gampang dibaca. Semoga dengan settingan keyboard android ini akan mempermudah anda dalam melaksanakan aktifitas keagamaan, misal dakwah dan lain sebagainya.