-->
Cara Masuk Bios Dan Menampilkan Boot Menu
4/ 5 stars - "Cara Masuk Bios Dan Menampilkan Boot Menu" BIOS yaitu firmware sebuah mainboard, merupakan bab paling awal dalam operasi sebuah komputer atau PC. Bagian ini sangat memilih apakah se...

Cara Masuk Bios Dan Menampilkan Boot Menu



BIOS yaitu firmware sebuah mainboard, merupakan bab paling awal dalam operasi sebuah komputer atau PC. Bagian ini sangat memilih apakah sebuah komputer sanggup beroperasi atau tidak.BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan sanggup mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibentuk dengan memakai bahasa rakitan (assembly) yang dipakai oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bab dari CP/M yang dimuat pada ketika proses booting dimulai yang berhadapan secara pribadi dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M mempunyai boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS mempunyai sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama ibarat halnya CP/M disk BIOS.

Kata BIOS juga sanggup diartikan sebagai "kehidupan" dalam goresan pena Yunani (Βίος).



Masuk ke BIOS
User sanggup masuk kedalam area BIOS dan melaksanakan banyak sekali setting didalamnya dengan tujuan tertentu. Hal ini harus didasari pemahaman terhadap fungsi sajian dan item yang ada didalamnya.
  • Memahami BIOS sanggup dibaca pada buku manual setiap komputer atau manual Motherboard yang terpasang. Beberapa sajian BIOS gampang dimengerti, tetapi beberapa lagi sulit alasannya yaitu butuh pengetahuan dasar ihwal hardware.
  • Didalam area BIOS, kita hanya sanggup memperlihatkan perintah memakai keyboard, sedangkan Mouse tidak sanggup dipakai disini.
  • Masuk ke area BIOS dilakukan dengan menekan tombol tertentu pada keyboard ketika proses POST berlangsung. Tombol yang harus ditekan (berulang-kali / keystroke) tergantung dari jenis motherboard yang terpasang, tombol DEL, F2, Esc, yaitu yang umum digunakan, tetapi mungkin harus tombol lain.
  • Cara menekan tombol harus berulang-kali dengan cepat (keystroke), bukan tekan-tahan (hold).


Tabel di bawah ini yaitu ikhtisar ihwal penggunaan bermacam tombol keyboard untuk masuk ke BIOS dan cara menampilkan Boot Menu, pada banyak sekali brand komputer laptop/notebook.
Tabel Tombol BIOS 1











































































Catatan🔖
Ada beberapa cara lain yang sanggup anda coba untuk masuk BIOS laptop Asus :
  1. Tekan & tahan tombol F2, kemudian tekan tombol Power. Tombol F2 jangan dilepas hingga BIOS muncul di layar.
  2. Saat Startup, tekan & tahan tombol Alt dan tekan berulang-ulang tombol F2 hingga BIOS muncul dilayar.
  3. Saat booting, tekan & tahan tombol Fn sambil tekan berulang tombol F2.
  4. Tekan & tahan tombol Esc, kemudian tekan tombol Power. Tombol Esc jangan dilepas hingga BIOS muncul di layar.

Jika ada pertanyaan silahkan koment di bawah


Oke sekian dari saya 🙏