-->
Standar Internet Dalam Teknologi Layanan Jaringan
4/ 5 stars - "Standar Internet Dalam Teknologi Layanan Jaringan" STANDAR INTERNET Internet Engineering Task Force (IETF) merupakan organisasi paling teratas yang berfungsi untuk mempromosikan internet...

Standar Internet Dalam Teknologi Layanan Jaringan



STANDAR INTERNET

Internet Engineering Task Force (IETF) merupakan organisasi paling teratas yang berfungsi untuk mempromosikan internet dan menyetujui protocol-protocol yang akan dipakai sebagai standard protocol di internet dan bertanggung jawab dalam teknologi internetworking beserta aplikasi-aplikasinya.

 ISOC bangun pada tahun 1992 yang dikomandani oleh Vinton G. Cerf (penemu konsep TCP/IP dan Bapak Internet). Informasi lengkap perihal ISOC ini sanggup diperoleh pada websitenya www.isoc.org Internet Architecture Board (IAB) merupakan tubuh penasehat bagi ISOC dalam tetapkan suatu standard yang akan diterapkan di Internet. Informasi lengkapnya sanggup diperoleh di www.iab.org Internet Assigned Numbers Authority (IANA) yakni unit kerja yang berada di bawah IAB yang bertugas untuk mengatur duduk perkara IP Address, DNS, dan pendaftaran protocol dan penomoran lainnya yang berlaku pada IP. IANA juga mendelegasikan beberapa wewenang ke beberapa unit kerja yang berada di bawahnya, menyerupai Internic, ICANN, Apnic, ARIN dan lain-lain. Anda sanggup mengunjungi websitenya dengan alamat www.iana.org

Internet Research Task Force (IRTF) yakni unit kerja yang berada di bawah IAB yang bertugas untuk melalukan penelitian-penelitian terhadap protocol internet, aplikasi, arsitektur dan teknologi internet, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta mempromosikan hasil-hasil penelitian tersebut. Silahkan kunjungi websitenya dengan alamat www.irtf.org Internet Engineering Task Force yakni unit kerja yang berada di bawah IAB yang terdiri dari orang-orang yang berkonsentrasi untuk membuatkan aplikasi dan arsitektur internet kedepannya. Salah satu tugasnya yakni menerbitkan RFC (request for comment) atas suatu protocol atau standard yang diusulkan oleh seseorang untuk dikomentari oleh publik atas persetujuan dari IAB. Websitenya yakni Badan Pengatur Internet.

Ada 4 Badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta melaksanakan standarisasi protokol yang dipakai di Internet, yaitu Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), Internet Engineering Task Force (IETF), dan Internet Research Task Force (IRTF).

  1. Internet Society (ISOC) , yakni tubuh personal yang mendukung, memfasilitasi, serta mempromosikan pertumbuhan internet. Sebagai Infrastruktur komunikasi global untuk riset, tubuh ini juga berurusan dengan aspek sosial dan politik dari jaringan internet. 
  2. Internet Architecture Board (IAB) yakni tubuh koordinasi dan penasehat teknis bagi Internet Society (ISOC). Badan ini bertindak sebagai review teknik dan editorial selesai semua standar internet. Badan ini mempunyai otoritas untuk menerbitkan dokumen standar internet yang dikenal dengan Request For Comment (RFC). Tugas lain dari tubuh ini ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang dipakai dalam protokol internet menyerupai nomor port, tipe hardware, ARP (Address Resolution Protocol), dll. Tugas ini dilegalasikan ke forum yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority). 
  3. Internet Engineering Task Force (IETF) ialah tubuh yang berorientasi untuk membentuk standar Internet. Badan ini dibagi menjadi sembilan kelompok kerja (misalnya aplikasi, routing dan addressing, keamanan komputer) dan bertugas menghasilkan standar-standar internet. Untuk mengarur kerja tubuh ini, dibuat tubuh Internet Engineering Steering Group (ISEG). 
  4. Internet Research Task Force (IRTF) mempunyai orientasi pada riset-riset jangka panjang.