(1) Setelah kalian mengetahui struktur teks ulasan, carilah banyak sekali info yang terdapat dalam tiap paragraf! Galilah info sebanyak-banyaknya yang terdapat dalam teks tersebut.
a) Informasi dalam orientasi tahap1:
Di Hollywood terdapat sebuah tradisi dimana mereka menyebarkan tradisi film musikal semenjak tahun 1930 - 1960 an. berpaku pada hal oposisi biner , dan hal ini ada dalam film Rumah Tanpa Jendela
b) Informasi dalam orientasi tahap 2:
Dalam film tersebut terdapat tokoh Aldo yang terinspirasi dari model biner dalam dongen yang berjudul " The prince and The pauper " Karya Mark Twain. Disini Aldo mewakili tokoh yang kaya namun mempunyai kekurangan dan si Rara ada tokoh yang miskin dan mempunyai keinginan yang kemudian hari harus ia bayar mahal.
c) Informasi dalam tafsiran isi tahapan 1 :
Sesuai dengan tradisi opposite attracks , dalam dongeng tersebut terdapat Aldo dan Rara yang mempunyai status sosial ekonomi yang jauh berbeda. Dimulai sebab suatu kecelakaan kecil dan kemudian mereka menjadi bersahabat. Namun sebab kehadiran Rara menciptakan keluarga dari pihak Aldo terganggu sedangkan dari pihak teman - teman Rara justru menciptakan mereka semakin terobsesi untuk mempunyai rumah berjendela sebab melihat rumah Aldo yang mempunyai jendela.
d) Informasi dalam tafsiran isi tahap 2 :
Kesulitan dalam sebuah film musikal yakni penyampaiannya pada penonton , tertama film musikal anak-anak.Namun dalam film ini tampak terang dari dua pihak narasi yaitu Aldo dan Rara yang di wakilkan dengan citra yang terang bahwa Aldo yakni tokoh yang kaya dan Rara yakni tokoh yang miskin dengan apa yang mereka miliki dan kenakan.Dan dalam film ini pun tersampaikan dengan terang pesan moralnya yaitu saling menghargai meski kita berbeda status sosial ekonomi atau fisik.
e) Informasi dalam tafsiran isi tahap 3 :
Pada film Rumah Tanpa Jendela ini terdapat pesan moral yang disampaikan yakni bersyukur, Seperti yang tampak pada tokoh Rara yang menginginkan rumah yang berjendela atau kemewahan dan kemudian Aldo memperlihatkan saluran untuk semua itu, namun di sisi lain Rara di anggap tidak bersyukur atas takdirnya sehingga ia harus membayar mahal dengan orang tuanya yang meninggal , neneknya masuk rumah sakit dan rumahnya yang kebakaran.
f) Informasi dalam tafsiran isi tahap 4 :
Namun disisi lain dari film ini si kaya pun mendapat sebuah pelajaran yang berharga juga bahwa mereka ( keluarga Aldo ) patutnya bersyukur sebab mereka masih mempunyai keluarga yang utuh dan harta yang berlimpah. Oleh sebab itu mereka membalas kebijaksanaan dengan memperlihatkan daerah tinggal bagi Rara dan mboknya di vila mereka yang jauh dari Jakarta dan membayar semua biaya rumah sakit , jadi mereka sanggup membalas kebijaksanaan serta tidak terganggu kenyaman mereka dirumah.
g) Informasi dalam tafsiran isi tahap 5 :
Dalam film ini menggambarkan sebuah kemiskinan yakni kepingan dari takdir manusia.
h) Informasi dalam tafsiran isi tahap 6 :
Jendela dalam film ini merupakan metafora yang mengena dimana jendela merupakan sebuah alat untuk mengakses baik dari luar atau dalam dan juga melihat. Makara pada dasarnya baik miskin atau kaya diminta untuk sama-sama bersyukur atas apa yang telah mereka miliki.
i) Informasi dalam tafsiran isi tahap 7 :
Dalam kondisi yang di sajikan oleh film Rumah Tanpa Jendela ini lebih di tujukan pada belum dewasa kelas menengah keatas yang memungkinkan mereka mengakses bioskop, jadi oleh sebab itu dibutuhkan kelak mereka akan menjadi eksklusif yang baik ketika cendekia balig cukup akal dan bila mereka kaya mereka akan semakin meperkaya diri tanpa perlu mempertanyakan mengapa ada kemiskinan dan yang miskin tidak terlalu kentara.
j) Informasi dalam tafsiran penilaian tahap 1 :
Dalam film ini disayangkan hanya banyak pengutamaan adegan dramatis saja dibanding dengan lagu-lagu atau tarian yang merupakan karakteristik dari film musikal.
k) Informasi dalam tafsiran penilaian tahap 2 :
Bila di perhatikan lebih, maka penggambaran dalam film ini tidak berlebihan.
l) Informasi dalam tafsiran rangkuman:
Dapat disimpulkan bahwa film Rumah Tanpa Jendela itu menginginkan kita untuk berguru bersyukur dan bagaimana kita merespon keadaan sosial ekonomi