-->
Mamank Dzgn : Kunci Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Halaman 34
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Kunci Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Halaman 34" Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 34 (2) Pada teks “Ratusan Warga di Malang Berebut Air Bersih” kalian masih...

Mamank Dzgn : Kunci Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Halaman 34




Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 34



(2) Pada teks “Ratusan Warga di Malang Berebut Air Bersih” kalian masih dihadapkan pada tema insiden alam yang menjadikan terjadinya insiden sosial yang berupa berebut air bersih. Namun, kalian tahu bahwa jenis teks yang dipakai bukan merupakan jenis teks eksplanasi, melainkan teks laporan. Tugas kalian yaitu mengubah teks laporan menjadi teks eksplanasi. Kerjakanlah kiprah kalian dengan mengisi teks yang rumpang berikut. Ratusan warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur antre dalam pembagian air minum yang diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Rabu (26/9/2012) siang. Warga di desa tersebut sudah semenjak Juli kemudian mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

  1. Kekeringan dan krisis air higienis di desa tersebut menyebabkan
    air untuk kebutuhan flora tak ada sehingga terpaksa membiarkan tanamanya mati.
  2. PMI Kabupaten Malang memperlihatkan tunjangan air minum secara pribadi dengan mendatangi warga setempat. Pada ketika tangki air dari PMI tiba di rumah seorang warga, tanpa disuruh, ratusan warga pribadi menyerbu tangki air dengan membawa jerigen.
  3. Namun, imbauan petugas PMI itu tidak digubris. Warga malah berebut menaruh jerigen di depan tangki semoga lebih dulu mendapat air.