-->
Sudah Nambah Ram Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya
4/ 5 stars - "Sudah Nambah Ram Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya" Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya - Android anda lemot? Sudah coba mengatasinya dengan un...

Sudah Nambah Ram Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya



Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya - Android anda lemot? Sudah coba mengatasinya dengan uninstall, reboot, mematikan semua bloatware yang ada di smartphone bahkan sudah mengupayakan menambah RAM semoga android cepat, tapi masih lemot juga? Mungkin sudah saatnya anda melaksanakan Overclock!
Pertama-tama, saya jelaskan dulu beberapa hal: Ingat bahwa Overclock dapat menyebabkan kerusakan pada handphone anda, dan juga menciptakan garansi pribadi hangus! Saya tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi kepada handphone anda sebagai akhir dari mencoba hal apapun yang ada di artikel ini
Perlu dijelaskan juga bahwa artikel ini akan membahas mengenai dasar-dasar ilmu yang perlu diketahui untuk melaksanakan overclock. Tapi, artikel ini tidak akan membahas langkah-langkah yang harus diikuti untuk meng-overclock handphone anda, alasannya yaitu cara overclock sangat berbeda berdasarkan jenis handphone masing-masing, bahkan sebagian handphone tidak dapat dioverclock sama sekali alasannya yaitu memang dari pabriknya sudah demikian.
Smartphone berbasis Android ataupun OS lain, bantu-membantu sangat ibarat dengan komputer pribadi atau laptop. Seringkali ketika kita hendak membeli laptop atau komputer, kita niscaya akan bertanya: “Apa sih prosesornya?” atau “Berapa Giga?” Nah, kini pun, ketika membeli perangkat Android, anda akan melihat bahwa produsen menuliskan jenis serta kecepatan prosesor yang ada dalam handphone tersebut.
Contohnya ada banyak: Exynos, Snapdragon, Qualcomm, ARM, Tegra, MediaTek (MTK), dan diikuti dengan kecepatan serta jumlah inti/otak/core yang dimiliki, contohnya: 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya. Inilah sentra dari seluruh proses yang berjalan dalam smartphone anda, dengan kata lain ‘otak’ dari smartphone. Bagaimana jika otak ini menjadi lebih cepat? Tentu saja proses pekerjaan akan lebih cepat selesai, gerakan lebih mulus, dan lain sebagainya.
Overclock yaitu menjalankan prosesor pada kecepatan di atas kecepatan standar, atau di atas kecepatan bawaan pabriknya. Misalkan bawaan handphone murah yaitu prosesor 1GHz, kita meng-overclocknya jadi 1,6GHz, itu berarti kecepatan si handphone menjadi setara dengan sebuah Galaxy S4 (kurang lebih). Menarik bukan? Bagaimana bisa?
APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OVERCLOCK?
Kelebihannya tentu saja aplikasi berjalan dengan lebih cepat dan lancar, game berjalan dengan lebih mulus. Sistem menjadi lebih responsif, dan semuanya berjalan dengan membutuhkan waktu operasional yang lebih sedikit.
Kekurangannya overclock, tentu saja sistem menjadi lebih panas, ini alasannya yaitu prosesor yang bekerja lebih keras membutuhkan daya listrik lebih besar, yang membuatnya mengumpulkan panas lebih tinggi, dan menciptakan baterai lebih boros.
Kekurangan lain yaitu faktor resiko, tentu saja. Resiko umum ibarat brick (mati total), bootloop (tidak dapat memasuki OS), dan lain sebagainya. Contoh dari OS yang tidak stabil:
 Tambah Kecepatan Processor Android Anda Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranyaroot, dan overclock?
  • Apakah anda sudah mengerti caranya melakukan root, flash ROM dan restore/backup android?
  • Kalau anda menjawab iya untuk semua pertanyaan di atas, berarti anda perlu overclocking kini juga!
    • Pastikan bahwa handphone anda sudah di-root. Hal ini memastikan bahwa handphone anda sudah siap untuk diinstal Custom ROM atau Kernel.
    • Kernel file untuk handphone anda, disarankan kernel file yang mempunyai fitur overclock. Biasanya kernel file diedarkan dalam bentuk .zip
    • CWM recovery, dan boot masuk ke CWM recovery untuk flash kernel file Tambah Kecepatan Processor Android Anda Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya
    • Custom ROM (tidak wajib), beberapa kernel dapat bekerja fine-fine saja dengan ROM bawaan dari pabrik, asalkan sudah diroot. Custom ROM biasanya menciptakan kinerja handphone lebih baik dari ROM bawaan. Contoh custom ROM adalah CyanogenMod Tambah Kecepatan Processor Android Anda Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya
    OVERCLOCKING!
    Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu anda melaksanakan overclock, antara lain:
    • Min CPU speed
    • Max CPU speed
    • Scaling/Governor
    • I/O scheduler
    • Power state/voltage
    Selain itu, ada juga pengaturan untuk GPU atau chip grafis yang ada di dalam handphone.
    SUMBER ; JALANTIKUS