-->
Mengubah Partisi Gpt Ke Mbr Tanpa Menghapus Data Ketika Menginstal Ulang Windows
4/ 5 stars - "Mengubah Partisi Gpt Ke Mbr Tanpa Menghapus Data Ketika Menginstal Ulang Windows"      Saat Anda sedang menginstal ulang windows tiba-tiba dibentuk pusing oleh goresan pena berikut “Windows cannot be installed to thi...

Mengubah Partisi Gpt Ke Mbr Tanpa Menghapus Data Ketika Menginstal Ulang Windows





     Saat Anda sedang menginstal ulang windows tiba-tiba dibentuk pusing oleh goresan pena berikut “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style”, sudah niscaya proses installasi windows terhenti, dan tidak sanggup melanjutkan proses installasi windows alasannya terhenti di pem-partisian harddisk. Padahal urutannya sudah benar dan tinggal menentukan pastisi hardisk yang akan dipakai untuk System (Local C). Disini kita harus memahami terlebih dahulu konsep kesalahannya atau mekanisme yang harus dipenuhi apabila ingin proses installasi windows sanggup dilanjutkan. Pada kasus tersebut, installasi windows membutuhkan tipe partisi GPT harddisk-nya, padahal partisi Local C (System) salah satu daerah file windows tersebut sudah terlanjut ter-format. Kasus ini menciptakan galau sebagian Anda yang masih jarang menemukan atau memakai tipe partisi hardisk menyerupai GPT (GUID Partition Table), alasannya kebiasaan proses installasi Anda memakai Mode MBR (Master Boot Record). Untuk melaksanakan installasi Windows 7/8/10 diperlukan tipe partisi MBR, sedangkan laptop Anda sudah memakai mode partisi GPT, kemudian bagaimanakah cara supaya sanggup melanjutkan proses installasi tersebut tanpa harus memformat semua partisi supaya semua partisi menjadi bertipe MBR?, melaksanakan hal tersebut tanpa harus ketakutan apabila data-data di drive lain selain C juga akan terhapus, maka berikut ini yaitu cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mari kita simak dengan seksama.

Cara Mengubah Partisi Harddisk GPT ke MBR

     Karena pada tutorial kali ini membutuhkan sebuah USB Flashdisk untuk menciptakan Konfigurasi Bootable dari aplikasi MiniTool Partition Wizard Disc alasannya aplikasi ini berformat .ISO maka kita harus Bootable terlebih dahulu, maka silakan Anda persiapkan perangkat tersebut. Selanjutnya silakan Anda unduh bahan-bahan dibawah ini nanti kita akan dilanjutkan proses Pembuatan USB Flashdisk Bootable dengan santunan software yang berjulukan Rufus 2.17.1198.

Screenshoot :
silakan klik gambar untuk memperbesar
Download :
  • MiniTool Partition Wizard Disc Bootable [Google Drive] - Size: 136MB
  • Rufus V2.17.1198 [Google Drive] - Size: 944KB/1MB
Cara Bootable File .ISO Dengan Software Rufus

silakan klik gambar untuk memperbesar

1. Siapkan sebuah USB Flashdisk kemudian masukan pada laptop yang Anda.
2. Buka Aplikasi Rufus V2.17.1198, maka secara otomatis USB Flashdisk akan terbaca oleh Software Rufus.
3. Kemudian silakan tentukan sketsa partisi yang akan digunakan, silakan pilih “MBR partition scheme for BIOS or UEFI”
4. Pilih File System menjadi FAT32 - Default
5. Lihat Tulisan: ISO Image pada Create a bootable disk using, kemudian silakan klik tombol disamping kanan pilihan ISO Image untuk Browse dan mengambil sumber File MiniTool Partition Wizard yang telah di unduh.
6. Jika Anda sudah tentukan File sumbernya, silakan tekan tombol Open, kemudian pada aplikasi Rufus silakan tekan tombol Start.
7. Tetapi sebelum langkah diatas Anda kerjakan, silakan koneksikan komputer Anda dengan layanan Internet, alasannya pada proses pembuatan USB Disk Bootable Partition tersebut membutuhkan proses download dari internet.
8. Setelah proses pembuatan USB Disk Bootable selesai, silakan Anda pasangkan USB Flashdisk tersebut pada Laptop yang ingin Anda kerjakan, dan Restart Laptop tersebut.
9. Untuk memulainya silakan anda melaksanakan pengaturan First Boot pada BIOS. Untuk masuk kedalam hidangan BIOS tekan F2 / DELETE / F12 / TAB - Tergantung Merk Laptop/PC yang dimiliki, alasannya setiap laptop beda brand niscaya beda juga cara masuk ke hidangan BIOS nya. Untuk Point No.9 ini saya anggap Anda sudah bisa. Selanjutnya atur supaya proses Booting, membaca USB Disk Bootable.
Aplikasi MiniTool Partition Wizard Berhasil di Jalankan Pada Laptop Bermasalah

silakan klik gambar untuk memperbesar

10. Tekan Enter pada hidangan pilihan MiniTool Partition Wizard Boot Disk 9 dan tunggu beberapa ketika hingga muncul tampilan utama dari aplikasi tersebut.
Tampilan dari Aplikasi MiniTool Partition Wizard Boot Disk 9

silakan klik gambar untuk memperbesar

11. Pillih bab piranti hardisk secara keseluruhannya, jangan hingga salah ke bab partisi data (Lihat No. 1). Pilih bab icon pada harddisk yang memiliki keterangan “Basic GPT”, karena bab inilah yang akan anda konversi menjadi bertipe partisi “MBR”
12. Setelah itu silakan klik hidangan operasi “Convert MBR Disk to GPT Disk” (Lihat No.2), kemudian klik tombol “Apply” (Lihat No. 3). Silakan tunggu beberapa ketika hingga proses konversi tanggapan dan dilanjutkan restart. 

silakan klik gambar untuk memperbesar

13. Kini laptop Anda telah siap untuk di lakukan Instal Ulang Windows 7/8/10 sebagaimana normalnya.

Incomming Search:

Cara Mengatasi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Cara Mengubah Partisi GPT ke MBR, How to Convert GPT to MBR Partition, Solusi Mengatasi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Solusi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Cara Bootable USB Flashdisk dengan Software Rufus, Cara Mengatasi Tidak Bisa Melanjutkan Proses Installasi Windows, Kenapa tidak bsa di Next ketika menginstal ulang windows, Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.