-->
Pengaruh Ganti Tamplate Blog pada Blog
4/ 5 stars - "Pengaruh Ganti Tamplate Blog pada Blog" - Pengaruh ganti tamplate tamplate blog, hal ini sudah banyak sekali di tanyakan oleh para blogger di luar sana. Beberapa hari yang lalu ...

Pengaruh Ganti Tamplate Blog pada Blog



- Pengaruh ganti tamplate tamplate blog, hal ini sudah banyak sekali di tanyakan oleh para blogger di luar sana. Beberapa hari yang lalu ada seseorang bertanya kepada saya melalui facebook.

Mas, kalo kita mengganti tamplate blog apakah berpengaruh terhadap blog?

Jawabannya akan saya jawab di sini:


1. Berpengaruh Terhadap Ranking Blog
Biasanya seseorang mengganti tamplate blog nya karena ingin terlihat lebih baik dari yang sebelumnya. Yang bertujuan mempercantik blog, Mempercepat loading blog, bahkan untuk memperbaiki SEO suatu blog.

Berdasarkan pengalaman saya bermain blog. Mengganti tamplate berpengaruh terhadap ranking blog yang bisa berimbas kepada penurunan traffic suatu blog. Pada hal ini saya tidak begitu heran jika traffic saya menurun dikarenakan mengganti tamplate blog.

Kenapa begitu?
Ini karena struktur data dari masing-masing tamplate berbeda, sehingga mengharuskan google untuk mengindeks ulang keseluruhan isi dari blog kita, yang sudah pasti memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada hal ini google akan mengindeks dari struktur  data yang lama ke struktur data yang baru. Google akan bekerja dengan mengenali  struktur data yang baru dan menghapus struktur data yang lama. Tentu saja ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dibalik ini semua, jika salah satu artikel kita ada di page one, ini tidak menutup kemungkinan artikel yang page one tadi bisa hilang dari halaman page one karena seperti yang di jelaskan di atas tadi, google melakukan pengindeks an ulang terhadapa artikel yang kita buat. Tapi jangan khawatir ini hanya masalah waktu.

Satu lagi, pengaruh ranking blog pada saat mengganti tamplate tidak harus berdampak negatif, bisa jadi berdampak positif yang bisa membuat traffic blog mungkin melonjak. Hal ini bisa terjadi karena kualitas SEO yang di dapat dari tamplate blog yang baru lebih baik dari tamplate blog yang lama.

2. Tidak Berpengaruh Terhadap Ranking Blog
Terlepas dari poin di atas, Mengganti tamplate blog sebenarnya ada juga yang tidak berpengaruh terhadap ranking blog. Hal ini bisa terjadi jika data dari tamplate blog yang baru tidak jauh berbeda dengan tamplate blog yang lama. 

Contohnya jika saya menggunakan tamplate Kompi Minimalis AMP lalu saya ganti ke Kompi Flexibel AMP.  Ini tidak akan berpengaruh terhadap Ranking blog, Karena Struktur data dari kedua tamplate tersebut tidak jauh berbeda, dengan struktur blog yang tidak jauh berbeda, maka otomatis blog akan cepat terindeks tanpa harus melakukan pengindeks an ulang ke tamplate yang baru.

Kesimpulan
Mengganti tamplate blog sebenarnya bisa berpengaruh tergantung tamplate yang baru. Jika tamplate yang baru lebih baik dari tamplate yang lama, tidak ada salahnya untuk kita menggantinya demi peningkatan suatu kualitas blog. Tapi saran saya pikirkan matang-matang dulu sebelum melakukan penggantian tamplate, Apakah akan berakibat Positif atau malah berakibat  negatif.