-->
Belajar Esai Part 2 : Mengenal Jenis-Jenis Dan Struktur Esai
4/ 5 stars - "Belajar Esai Part 2 : Mengenal Jenis-Jenis Dan Struktur Esai" Jenis-jenis dan struktur Esai - sehabis pada pembelajaran Esai Part 1 sebelumnya telah kita bahas apa itu esai serta apa saja ciri-cirinya....

Belajar Esai Part 2 : Mengenal Jenis-Jenis Dan Struktur Esai



Jenis-jenis dan struktur Esai - sehabis pada pembelajaran Esai Part 1 sebelumnya telah kita bahas apa itu esai serta apa saja ciri-cirinya. Nah, pada kesempatan kali ini admin kembali akan menjelaskan seputar esai , adalah membahas perihal jenis-jenis Esai dan struktur teksnya. Apa saja jenis-jenis Esai itu? Bagaimana strukturnya? Simak pada klarifikasi berikut

 sebelumnya telah kita bahas apa itu esai serta apa saja ciri Belajar Esai Part 2 : Mengenal Jenis-Jenis dan Struktur Esai

Baca juga : belajar esai part 1 

Apa Saja Jenis-jenis Esai Itu? 


Jenis-jenis esai dibedakan menurut ketrampilan analisis dalam penulisan esai dan bermacam-macam dilema yang timbul di sekitar kita. Berikut beberapa jenis esai yang patut anda ketahui :

  • Esai Argumentatif

Esai ini merupakan esai yang isinya bertujuan untuk meyakinkan pembaca  untuk mendapatkan setiap ide, sikap, ataupun kepercayaan si penulis esai terhadap permasalahan  yang dijelaskan dalam esai yang dibuatnya.

  • Esai Cerita

Esai yang satu ini dibentuk untuk menceritakan atau melukiskan sesuatu baik seseorang, barang, maupun lainnya biar bisa dibayangkan oleh pembaca.

  • Esai Paparan

Esai Paparan merupakan esai yang bertujuan untuk memaparkan secara rinci  suatu hal kepada pembaca. Selain itu esai ini juga mempunyai tujuan utama dalam pembuatannya, yakni untuk menunjukkan edukasi atau informasi kepada pembaca.

  • Esai Ajakan

Esai jenis ini mengajak pembacanya terhadap 2 hal. Yang pertama pembaca untuk mengikuti penulis melaksanakan sesuatu hal, yang kedua mengajak pembaca untuk menghentikan sesuatu hal.

  • Esai Lukisan

Esai jenis ini merupakan suatu karangan yang menggambarkan sesuatu yang bertujuan membantu pembaca memahami apa yang ingin disampaikan

  • Esai Deskriptif

Esai ini bertujuan mendeskripsikan seseorang ataupun benda baik subjek maupun objek yang bisa menarik perhatian penulis esai. Objek yang dideskripsikan bisa berupa rumah, hewan, atau yang lainnya. Yang terang didalam esai ini penulis mendeskripsikan sesuatu objek yang menarik perhatiannya.

  • Tajuk

Esai ini membahas perihal informasi terhangat yang berkembang di masyarakat menyerupai politik, ekonomi, hukum, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya. Esai tajuk biasanya terdapat dalam surat kabar yang dimuat dalam kolom opini atau pendapat.

  • Esai Pribadi

Sesuai namanya, dalam esai ini penulis bercerita perihal dirinya sendiri dan mengutarakan pendapatnya seputar informasi yang menarik perhatiannya.

  • Esai Kritik

Esai kritik  merupakan esai yang bertujuan menunjukkan kritikan kepada suatu karya sastra.

  • Esai Reflektif

Esai reflektif adalah esai yang ditulis dengan tujuan merenungkan sesuatu informasi penting yang sering ditulis seorang cendekiawan menyerupai informasi politik dan kebijakan pemerintah.

  • Cukilan Watak

Esai cukilan tabiat menjelaskan bagaimana cuplikan tabiat seseorang yang terkait informasi kepada pembaca. Esai cukilan tabiat tidak sama menyerupai biografi, di dalam esai cukilan watak  penulis hanya mengungkapkan sepenggal tabiat tokoh yang terkait dalam dongeng didalam esai yang dibentuk tersebut.

  • Artikel Penelitian

Merupakan esai yang berisi hasil yang didapat dari suatu penelitian. Esai ini  umumnya bertujuan menunjukkan pengetahuan buat di bidang penelitiannya atau mengkaji ulang penelitian sebelumnya dengan kondisi kasatmata ketika ini.

Setelah membahas jenis-jenis esai, kita lanjut membahas perihal struktur esai. Apa saja struktur esai itu?

Struktur Esai


Suatu Esai mempunyai struktur atau susunan yang harus di perhatikan seorang penulis esai adalah sbb :

  • Pendahuluan

Struktur yang pertama adalah pendahuluan. Di dalam pendahuluan ini kita bisa mengungkapkan apa topik atau tema yang akan kita bahas dalam esai yang kita buat. Di dalam pendahuluan juga dijelaskan perihal latar belakang atau pendapat pribadi  penulis seputar tema yang akan dibahas di dalam esai. Bagian pendahuluan ini bisa menjadi jembatan pengantar antara pembaca untuk memahami topik atau tema yang dibahas di dalam esai sehingga pembaca lebih gampang memahami isinya.

  • Isi

Bagian ini merupakan inti dari suatu esai. Pada bab isi dijelaskan perihal topik yang dibahas secara lebih mendetail. Di dalam isi esai, penulis menunjukan pendapatnya secara kronologis sesuai inspirasi yang telah dibuatnya.

  • Kesimpulan

Pada bab terakhir esai berisi kesimpulan perihal apa yang telah dibahas pada pendahuluan dan isi esai. Kesimpulan ini harus benar-benar sesuai topik dihentikan menjauh dari topik yang telah dibahas.

Itulah artikel perihal jenis-jenis dan struktur esai. Untuk pembelajaran Esai Part Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menciptakan esai dan dilengkapi dengan contohnya. Penasaran bukan? Makanya tetap kunjungi blog ini dan dapatkan informasi-informasi yang insyaallah berkhasiat bagi pembaca sekalian.

Selanjutnya >>> Belajar esai part 3