-->
Prediksi Soal Ujian Nasional Smp Bahasa Indonesia 2018 Dan Kunci Jawaban
4/ 5 stars - "Prediksi Soal Ujian Nasional Smp Bahasa Indonesia 2018 Dan Kunci Jawaban" Welcome back sahabat setia . Dipostigan kali ini saya akan membagikan Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajar...

Prediksi Soal Ujian Nasional Smp Bahasa Indonesia 2018 Dan Kunci Jawaban



Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia  Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia 2018 dan Kunci Jawaban

Welcome back sahabat setia . Dipostigan kali ini saya akan membagikan Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2017/2018 plus dengan kunci jawabnnya. Ini bertujuan untuk membantu para siswa-siswi calon penerima UN Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 biar bisa tahu citra soal-soal yang kira-kira keluar di UN nanti itu ibarat apa.

Bagi yang sudah tidak sabar ingin mempelajari soal-soal nya, bisa pribadi simak soalnya dibawah ini.

Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia 2018 dan Kunci Jawaban

1. Bacalah teks tersebut di bawah ini !
Perkembangan pada abad teknologi elektronik,kini berkembeng sangat pesat di Indonesia, Namun perkembangan tersebut memberi dampak bagi konsumennya khususnya bagi para remaja.
Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah....
A. Pengaruh positif pada cukup umur dimasa kini.
B. Remaja masa kini,lebih cenderung untuk melaksanakan hal-hal yang positif.
C. Pengaruh terhadap cukup umur untuk melaksanakan hal-hal yang cenderung negatif.
D. Remaja masa sekarang bersaing untuk membeli barang elektronik.

2. Bacalah potongan teks eksposisi tersebut di bawah ini dengan tepat!

Pulau kecil berbentuk bulan sabit ini tak pernah gagal merebut hati wisatawan yang tiba mengunjunginya. Pulau itu berjulukan Nami. Wisatawan sanggup mencicipi harmoni alam,terutama di isu terkini gugur yang biasa terjadi pada bulan Oktober-November.
Isi tersirat pada teks tersebut adalah....
A. Keindahan pulau Nami yang elok.
B. Wisatawan yang selalu tiba mengunjungi pulau Nami.
C. Wisatawan tiba ke pulau Nami alasannya keharmoniannya.
D. Wisatawan selalu mengunjungi Nami,terutama pada bulan Oktober-November.

3. Bacalah teks tersebut di bawah ini !

Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini alasannya buah pisang mempunyai kandungan nutrisi ibarat kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu badan untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.
Pesan tersirat dari teks tersebut ialah ….
A. Buah pisang mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.
B. Bagi ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin.
C. Setiap hari mengkonsumsi pisang sanggup membantu badan untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen.
D. Manfaat buah pisang untuk kesehatan.

4. Bacalah teks tersebut di bawah ini !

Sering kita lihat bawah umur usia sekolah khususnya anak Sekolah Menengah Pertama sudah menggunakan perangkat teknologi / gadget ibarat HP bahkan Tablet. Ke sekolahpun bawah umur tak segan untuk membawa HP tanpa mereka hiraukan dampak negatifnya. Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti  kamera, permainan, aplikasi internet akan mengganggu siswa dalam mendapatkan pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan mendapatkan panggilan, sms, miscall, Face Book dari sahabat mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan, bermain HP dikala guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya. Hal itulah yang akan mengganggu kemampuan daya pikir anak dalam belajar.
Ide pokok teks tersebut ialah ….
A. Banyak kalangan anak usia sekolah yang menggunakan HP.
B. HP canggih dilengkapi fitur-fitur ibarat kamera, permainan akan mengganggu siswa dalam belajar.
C. Dampak negatif pengguna HP pada kalangan anak SMP.
D. Pengguna HP pada kalangan anak Sekolah Menengah Pertama sanggup membantu mereka dalam mengerjakan soal.

5. Bacalah kutipan teks berikut!

Dinas Kesehatan Kota Bondowoso melaksanakan peninjauan ke Desa Sukajadi yang terdiri atas empat  RT.  Diketahui  di RT 04 tinggal satu orang yang belum  mempunyai MCK. Dengan demikian,  kepemilikan MCK di RT 04 sudah mendekati 100%.  Di RT 01 dan RT 02 sudah 92% rumah penduduk yang mempunyai MCK,  sedangkan di RT 03 rumah penduduk yang telah mempunyai MCK sebesar 91%.
Simpulan isi teks tersebut ialah …
A. Penduduk Desa Sukajadi tidak perlu menerima derma MCK.
B. Penduduk Desa Sukajadi perlu menerima derma MCK.
C. Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi dibawah 90%.
D. Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi di atas 90%.

6. Bacalah kutipan teks berikut!

Kurikulum 2013 menerima banyak sorotan dari masyarakat Indonesia,  baik yang oke maupun yang tidak setuju. Sebagian masyarakat yang tidak oke digunakannya Kurikulum  2013,  menganggap masih perlu persiapan yang matang.  Padahal di dalam  Kurikulum 2013, siswa dibentuk lebih aktif,  lebih kreatif, dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan Kurikulum  2006.
Simpulan pendapat pro pada teks tersebut ialah ….
A. kurikulum 2013  baik dipakai untuk sekolah perkotaan
B. kurikulum 2013  baik untuk meningkatkan  pendidikan Indonesia 
C. kurikulum 2013  siap dengan perubahan yang terjadi di masyarakat
D. kurikulum 2013 perlu persiapan lebih matang untuk sanggup digunakan

7. Bacalah kutipan teks eksposisi dibawah ini!

Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan abjad itu sanggup membentuk cukup umur yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, cukup umur yang mempunyai abjad berpengaruh akan tumbuh sebagai cukup umur yang unggul dan dibanggakan alasannya sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.
Ringkasan  yang sesuai dengan isi paragraf  tersebut ialah ….
A. Pendidikan abjad membentuk cukup umur yang unggul.
B. Remaja sulit bersaing di tingkat nasional
C. Remaja yang berkarakter lemah akan tumbuh sebagai cukup umur yang unggul.
D. Remaja yang berkarakter berpengaruh intelektualnya kurang baik

8. Perhatikan teks-teks berikut !

Teks 1
Sudah dua hari ini Imah tidak ke sekolah. Padahal, ia itu anak yang rajin dan sebelumnya tak pernah begini. Oleh alasannya itu, aku, Ana, dan Afga berencana mengunjunginya usai pulang sekolah.
Teks 2
Di sebuah sungai terdapat sekelompok katak yang sedang berenang. Salah satunya berjulukan Kungkong. Kungkong mempunyai sifat baik hati. Suatu hari, Kungkong bertemu dengan Pori, siput yang hendak menyeberangi sungai. Padahal air sungai sedang meluap. Kungkong pun berniat memberi bantuan.
Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah….
A. Teks 1 merupakan teks biografi dan teks 2 merupakan teks fabel
B. Teks 1 merupakan teks fabel dan teks 2 merupakan teks cerpen
C. Teks 1 merupakan teks cerpen dan teks 2 merupakan teks fabel
D. Teks 1 merupakan teks eksposisi  dan teks 2 merupakan teks fabel

9. Bacalah teks karya sastra dibawah ini!

(1) Pada novel karya Sutan Takdir Ali Syahbana yang  membawa pembaharuan pada perempuan di zaman dahulu yang mengabdikan waktunya untuk keluarga dan hebat penunggu rumah. (2) Namun, Sutan Takdir Ali Syahbana menampilkan kedudukan perempuan setara dengan karir laki-laki yang bekerja di luar rumah. (3) perempuan harus patuh kepada orangtuanya  (4) Wanita dihentikan berpendidikan tinggi.
Kalimat yang merupakan Keunggulan ialah ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah teks karya sastra dibawah ini!

(1) W.S. Rendra seorang sastrawan terkenal
(2) W.S. Rendra lulusan terbaik dari universitas populer di Amerika
(3) Karya sastranya banyak menerima penghargaan
(4) Karya sastranya sulit dipahami pembaca
Kalimat ulasan yang memperlihatkan kelemahan  ditunjukkan pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. Perhatikan paragraf berikut!

Selesai pertempuran nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima. Levo,Goros,Lamia,sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.
Sumber : Ugi Agustono The Little Dragon
Makna kata yang digaris bawahi dari penggalan kalimat di atas adalah…
A. menawarkan himbauan
B. menawarkan masukan
C. menawarkan tanda-tanda
D. menawarkan perintah

12. Perhatikan paragraf berikut !

Aku tidak bias berenang sepertimu dan ika, tetapi saya bisa terbang menyitari angkasa. Burung kembali berkata dengan bijak, “Itulah yang kumaksud Ulu, kita masing-masing mempunyai kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu, tetapi ia bisa menyusup ke daerah tempat kecil yang tidak sanggup kamu lewati.
Sumber : Harian Kompas, 15 Februari 2015
Makna kata yang digaris bawahi dari penggalan kalimat di atas adalah…
A. menyeruduk kebawah
B. meraba ke bawah
C. menarik ke atas
D. mendorong ke depan

13. Bacalah kisah berikut ini !

MONYET DAN UNTA PENIRU
Pada suatu perayaan besar untuk menghormati sang singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari di depan binatang yang hadir pada perayaan itu. Tarian sang monyet begitu indahnya sehingga binatang yang hadir menjadi senang dan gembira melihatnya.Tarian sang monyet begitu indahnya sehingga seluruh binatang yang hadir menjadi senang dan gembira.

Pujian yang didapatkan oleh sang monyet menciptakan seekor unta yang hadir menjadi  iri hati. Dia sangat yakin bahwa ia bisa menari seindah tarian sang monyet, bahkan mungkin lebih baik lagi alasannya itu ia maju ke depan menerobos kerumunan binatang yang menonton tarian monyet, dan sang unta mengangkat kaki depannya mulai menari. Tetapi unta yang sangat besar  itu menciptakan dirinya kelihatan konyol dikala menendang kakinya ke depan dan memutar-mutarkan lehernya yang kaku dan panjang itu. selain itu, sang unta sulit untuk menjaga biar tapak kakinya yang besar tetap terangkat ke atas.


Akhirnya  salah satu tapak kakinya yang besar hampir mengenai hidung sang Raja Hutan, sehingga hewan-hewan yang jengkel melihat tingkah sang unta, mengusirnya keluar hingga ke padang gurun.


Makna yang tersurat pada kutipan fabel tersebut adalah…

A. Unta merasa iri kepada monyet alasannya menerima kebanggaan dari raja hutan.
B. Monyet merasa iri kepada unta alasannya menerima kebanggaan dari raja hutan
C. Sang raja hutan merasa senang alasannya dipuji oleh monyet alasannya kehebatannya
D. Semua binatang merasa senang alasannya menerima kebanggaan dari monyet

14. Bacalah kutipan berikut ini


KISAH SEORANG PENJUAL KORAN

Ketika Ipin sedang mengacu sepedanya , tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut ialah sebuah bungkusan plastik  berwarna hitam. Ipin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan alasannya akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipin khawatir benda itu ialah bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus.

“ Wah apa isinya ini?” tanyanya dalam hati.Ipin segera membuka bungkusan dengan hati-hati alangkah terkejutnya ia, alasannya di dalamnya terdapat kalung emas dan embel-embel lainnya   “wah apa ini ?” tanyanya dalam hati . “ Milik siapa yah?” Ipin membolak balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi alasannya ada kartu kredit di dalamnya” Lho…inikan milik pak Edison, Kasihan sekali pak Edison rupanya ia telah kecurian .” Gumamnya dalam hati.


Kutipan cerpen tersebut merupakan potongan dari …

A. Pengenalan
B. Komplikasi
C. Klimaks
D. Peleraian

15. Bacalah kutipan cerpen berkut!

Mama Fati sangat terpukul ketika mendengar klarifikasi dokter bahwa Fati mengidap kangker otak. Ia tidak bisa berucap apa-apa dengan bibirnya. Karena pipinya basah,hatinya memohon kemurahan Tuhan. Ibu harus segar, biar Fati juga tegar! Dokter menasehati dengan lembut. Mama Fati tetap membisu. Bibirnya bergetar, tapi tak bisa berucap.
Latar suasana dan daerah kutipan cerpen tersebut ialah ....
A. Haru, di rumah
B. sedih, di ruang dokter
C. kecewa, di daerah praktek
D. haru, di tempat

16. Perhatikan kutipan teks fabel berikut!

Burung hantu selalu tidur di siang hari. Ia akan bangkit sesudah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang ia berseru, “hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu serangga.

Ia ialah seekor burung hantu bau tanah yang galak, terutama bila ada yang mengganggu dikala ia tidur. Suatu sore isu terkini panas yang hangat, dikala ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua. Belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira namun dikala menyesakkan telinga. Burung hantu bau tanah itu menengok dari lubang pohon yang dipakai sebagai pintu dan jendela.


“pergi dari sini, tuan,” katanya kepada belalang tersebut. ”apakah anda tidak mempunyai sopan santun?” lanjutnya. “anda setidaknya harus mnghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” lanjut sang burung hantu bau tanah itu.


Akan tetapi belalang menjawab dengan bernafsu bahwa ia juga berhak berada di daerah ini. Lalu ia meneriakkan bunyi lebih keras dan lagu yang lebih berisik. Burung hantu yang bijak tau benar bahwa tak ada gunanya berdekat dengan belalang yang keras ini. Selain itu, matanya semakin rabun untuk memungkinkan dirinya menghukum belalang. Akhirnya, ia melupakan semua kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada belalang.


“Tuan belalang yang baik hati, bila saya harus tetap terjaga, saya akan tiba untuk menikmati nyanyian anda. Namun, dikala ini saya mempunyai anggur enak disini, kiriman dari olimpus. Silahkan tiba dan rasakan minuman enak ini bersama saya.” Sanjung burung hantu tua.


Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan burung hantu tua. Akhirnya, ia melompat kesarang burung hantu tua. Ketika belalang cukup akrab dalam jangkauan penglihatan, burung hantu bau tanah itu menerkam dan memakannya.


Latar waktu terjadinya kejadian dalam teks di atas ialah ....

A. pada pagi hari
B. pada malam hari
C. pada siang hari
D. pada sore hari

Bacalah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!

Pada suatu hari yangcerah. Seekor burung merak  berjalan dengan angkuhnya. Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si Merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.

“Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?” kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan. Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak. “Ah, saya ada logika untuk menyadarkan si merak.” pikir kancil suatu hari.


Lantas kancil membisiki beberapa sahabat lainnya. Diantaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya. Jalannya dibentuk miring-miring biar potongan bulunya kelihatan siapa saja.


17. Makna simbol bulu pada fabel tersebut adalah....

A. kesombongan
B. keindahan
C. kekayaan
D. kebaikan

18. Simpulan isi yang tersirat pada fabel tersebut adalah...

A. Kijang, kelinci dan bajing merasa kurang senag kepada si Merak.
B. Si Merak sombong alasannya mempunyai kelebihan dibanding dengan yang lainnya.
C. Kancil yang yang menyadarkan Merak.
D. Si merak yang suka pamer dengan bulu-bulunya.

19. Perhatikan kutipan cerpen berikut !

“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan alasannya banyak tanaman yang ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan, tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmn disitu yang kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget alasannya Parmin tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja, bantuin beres-beres” ia memang batal pulang dan ia sangat kecewa. Tidak gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.

Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut ialah ....

A. Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip gerak-gerik Parmin.
B. Tokoh saya  mencegah biar pulangnya nanti saja
C. Parmin batal pulang dan sepertinya sangat kecewa.
D. Parmin tidak ngomong apa-apa selalu menunduk dan menaruh sepeda

20. Perhatikan kutipan cerpen berikut !

Hasan kembali lagi kepada perilaku ibarat semula. Melengkung lagi pinggangnya. Tapi tangannya berkepal dan giginya berderik-derik. “ya, si Anwar dan Rusliah yang telah menyesatkan daku!. Mereka yang membikin saya bentrokan dengan ayahku sendiri!. Mereka yang terkutuk!. Mereka yang harus kuhancurkan!

Tangan Hasan yang kurus kering itu berkepal-kepal dan meninju-ninju pahanya sendiri. Cemas ia. Maka terbayang-bayanglah lagi wajah Anwar dengan pandangan matanya memandang istrinya di belakang punggungnya, kalau ia sedang di kantor. “etc.. etc. Si -Anwar!chih!”


Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut ialah ...

A. Hasan menjadi anak yang durhaka kepada orang tua.
B. Hasan dikhianati oleh Anwar dan Rusli.
C. Istri Hasan dilarikan Anwar dan Rusli.
D. Hasan terlalu pada Anwar dan Rusli.

Bagi yang ingin mempunyai soal full version-nya, agan bisa mendownloadnya lewat link dibawah ini.

Download via 

+==========================+
>> GD | UF | AF | QF | 9F <<
+==========================+

Demikian Prediksi Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia 2018 + Kunci Jawaban, semoga bermanfaat bagi kalian para siswa-siswi calon penerima UN. Selamat mengerjakan dan Good Luck. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya...
(https://broggerku.blogspot.com)