RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu) | 3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat |
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan. | 4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan. |
Muatan : PJOK
Kompetensi | Indikator |
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. | 3.8.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh |
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. | 4.8.1 Menceritakan guna bagian-bagian tubuh. |
C. TUJUAN
- Dengan bermain “Guru Berkata”, siswa dapat menunjukkan anggota tubuhnya.
- Dengan berkumpul bersama teman, siswa dapat menceritakan guna bagian-bagain tubuh.
- Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
- Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang panca indera.
- Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya..
D. MATERI
- Mengenal Nama-Nama Anggota Tubuh Sambil Bermain.
- Mengenal Panca Indera.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan CeramahSumber https://matakt.blogspot.com/