-->
Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online
4/ 5 stars - "Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online" Cara Cek Nomor Rekening - Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan keresahan bagi si pengirim ...

Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online



Cara Cek Nomor Rekening - Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan keresahan bagi si pengirim uang tersebut. Berbelanja online, memakai jasa berbayar seseorang, serta adanya pesan singkat dari seseorang yang menyuruh kita untuk melaksanakan transaksi ke rekening tersebut. Beberapa hal tersebut sangat berpotensi untuk menjadi sebuah tindak penipuan sehingga anda harus benar-benar waspada, jangan gampang percaya.

Untuk hal yang pertama (belanja online) dan yang kedua (menggunakan jasa berbayar ke seseorang) memang tidak semuanya bakal melaksanakan penipuan, banyak juga yang mencari rejeki dengan cara yang jujur dan halal. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan maka kita harus melaksanakan tindakan pencegahan sebelum penipuan tersebut benar-benar terjadi pada kita.

Bagaimana Caranya?



Dengan melaksanakan cek rekening. Karena kebanyakan proses transaksi online harus mengirimkan sejumlah uang ke rekening orang tersebut maka melaksanakan pengecekan rekening untuk memastikan perihal keamanan rekening tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Cek Rekening?



Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) sudah sangat baik sekali dengan meluncurkan suatu website yang mempunyai kegunaan untuk mengecek suatu rekening apakah pernah bermasalah dan pernah dilaporkan atas kasus tindakan kejahatan.

Website yang dimaksud yaitu CekRekening.id menyerupai apa website tersebut? Dan bagaimana cara kerjanya?

Tentang CekRekening.id



CekRekening.id merupakan website milik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibentuk dengan tujuan membantu pengguna transaksi elektronik demi terciptanya lingkungan e-commerce yang aman, sehat, dan nyaman.

Sistem kerja website ini yaitu dengan melaksanakan pengumpulan database rekening bank yang pernah melaksanakan tindakan penipuan. Ada beberapa unsur tindak pidana yang sanggup kita laporkan terkait rekening bank yang dimaksud

  1. Penipuan
  2. Terorisme
  3. Investasi Palsu
  4. Narkotika dan Obat-obatan Terlarang
  5. Dan Juga Kejahatan Lainnya
Makara selain berfungsi untuk mengecek nomor rekening, website tersebut juga mempunyai kegunaan untuk melaporkan tindak kejahatan yang berafiliasi dengan transaksi online.

Bagaimana Cara Melakukan Pengecekan Nomor Rekening di CekRekening.id?



 Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan k Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online
Sumber gambar : cekrekening.id

  • Isi Nama Bank dan Juga Nomor Rekening Pada Kotak yang Telah Disediakan

 Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan k Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online
Sumber gambar : cekrekening.id

  • Jika Rekening Tersebut Aman Maka Muncul Kotak Seperti Dibawah Ini
 Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan k Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online
Sumber gambar : cekrekening.id

Jika rekening tersebut bermasalah, maka akan muncul peringatan bahwa rekening tersebut terindikasi tindak kejahatan.

Selain sanggup mengecek, anda juga sanggup melaporkan suatu tindakan kejahatan yang berafiliasi dengan transaksi online pada website tersebut. Isi data-data (nama Bank, nomor rekening, kronologi, dan tidak lupa bukti tindak kejahatan orang tersebut) maka laporan anda segera diproses untuk mendapat penanganan.

Anda juga sanggup melaksanakan laporan ataupun konsultasi melalui di nomor 0822-1010-1112 dan (021) 384.5786 atau via email ke cybercrimes@mail.kominfo.go.id

Tips Aman Melakukan Transaksi Online


 Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menjadikan k Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online
Sumber gambar : pixabay.com
  • Cek Terlebih Dahulu Harganya
Cek terlebih dahulu barang yang dijual apakah mempunyai harga yang masuk akal atau tidak. Kalaupun memang sengaja dijual murah oleh si Penjual tentu mustahil dijual dibawah 50% dari harga pasaran. 

Banyak orang yang termakan dan kesudahannya tertipu sebab terlalu percaya dengan harga yang "terlalu" murah. Jika anda menemukan barang dengan harga yang terlalu murah bahkan selisihnya melampaui 50%.

  • Cek Trade Record Si Penjual
Penting rasanya bagi seorang calon pembeli untuk mengetahui trade record serta dapat dipercaya si penjual. Cek apakah beliau pernah melaksanakan penipuan atau tidak, cek juga apa beliau mempunyai banyak pelanggan dan testimoni yang memperlihatkan bagusnya barang yang dijual dan juga testimoni yang baik bagi si penjual.

Namun anda juga perlu berhati-hati, terkadang testimoni yang dibentuk memang sengaja "dibuat-buat" untuk mengelabui calon pembeli.

  • Pilih E-Commerce yang Terpercaya
Melakuan belanja online memakai e-commerce memang lebih kondusif daripada melaksanakan belanja online pribadi ke orang lain yang belum dikenal. Pilihlah e-commerce yang kondusif dan terpercaya sehingga sanggup bertanggung jawab apalagi terjadi duduk kasus pada jual beli tersebut (entah barang rusak, cacat, ataupun hal lainnya)

Selain itu e-commerce melaksanakan sistem pembayaran bersistem rekber (rekening bersama) dimana si pembeli menyerahkan terlebih dahulu uang ke pihak e-commerce. Uang ditahan terlebih dahulu oleh pihak e-commerce sebelum barang benar-benar dikirim dan hingga ke pembeli. Tentu hal ini memperlihatkan keamanan bagi calon pembeli.


  • Jangan Lupa Simpan Bukti Transaksi
Saat melaksanakan transaksi online yang berpotensi terjadinya penipuan ini penting bagi seseorang untuk menyimpan bukti transaksi ke rekening orang tersebut. Tidak lupa simpan juga bukti percakapan anda dengan si penjual mulai dari tahap perundingan hingga uang berhasil dikirimkan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Maraknya penipuan berkedok transaksi online menciptakan banyak orang yang takut sehingga tidak mau lagi untuk melaksanakan transaksi online. Tak perlu takut, asal tetap waspada dan selalu melaksanakan pengecekan sebelum melaksanakan transaksi maka semua akan baik-baik saja.

Jangan terburu-buru untuk melaksanakan pembayaran dikala belanja online, jangan berikan kesempatan bagi penipu untuk melaksanakan agresi penipuan lebih lanjut lagi menyerupai apa yang telah dikatakan Almarhum Bang Napi :
Kejahatan Terjadi Bukan Karena Adanya Niat Dari Pelaku, Tetapi Terjadi Karena Adanya Kesempatan. Maka Waspadalah, Waspadalah !


Bijaklah Dalam Bertransaksi, Niscaya Kejahatan Tidak Akan Mengintai Kita.

Baca Juga : Alasan Mengapa Jasa Penulisan Artikel Dibutuhkan 

Sekian artikel tentang Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online biar bermanfaat bagi pembaca sekalian.