-->
Apa Itu Sistem Operasi Pada Komputer Dan Perkembangan Komputer
4/ 5 stars - "Apa Itu Sistem Operasi Pada Komputer Dan Perkembangan Komputer" Penjelasan Sistem Komputer Dan Perkembangan Komputer Dari Awal Hingga Akhir Definisi Sistem Operasi Sistem operasi (operating sys...

Apa Itu Sistem Operasi Pada Komputer Dan Perkembangan Komputer




Penjelasan Sistem Komputer Dan Perkembangan Komputer Dari Awal Hingga Akhir





Definisi Sistem Operasi

Sistem operasi (operating system atau OS) ialah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan menawarkan akomodasi untuk pemakai dalam penggunaan komputer. Sistem Operasi akan melaksanakan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan tersebut menyerupai susukan ke disk, administrasi memori, kiprah penjadwalan, dan antar-muka user. Bagian kode yang melaksanakan tugas-tugas ini dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

BACA JUGA : Cara Membuat Folder biar tidak sanggup di hapus di PC

 Ragam sistem operasi

Sistem operasi yang dipakai untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

1. Keluarga Microsoft Windows
 Penjelasan Sistem Komputer Dan Perkembangan Komputer Dari Awal Hingga Akhir  Apa itu Sistem Operasi Pada Komputer dan Perkembangan Komputer

 Sistem operasi mencakup antara lain ialah Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x sampai versi 3.x), berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT menyerupai Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014. Keluarga Windows CE menyerupai windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

2. Keluarga Unix. 
 Penjelasan Sistem Komputer Dan Perkembangan Komputer Dari Awal Hingga Akhir  Apa itu Sistem Operasi Pada Komputer dan Perkembangan Komputer

Sistem operasi ini memakai antarmuka sistem operasi POSIX, menyerupai SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Sistem operasi keluarga unix lainnya menyerupai AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare,

3. Keluaraga Mac OS. 
 Penjelasan Sistem Komputer Dan Perkembangan Komputer Dari Awal Hingga Akhir  Apa itu Sistem Operasi Pada Komputer dan Perkembangan KomputerCara Menimpan File dalam Gambar (kalian harus tau)

Perkembangan Umum Sistem operasi

Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sanggup dibagi ke dalam lima generasi.
a) Generasi Awal (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan insan untuk menghitung terbatas dan insan sangat gampang untuk menciptakan kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi aba-aba yang harus dikerjakan secara pribadi oleh pengguna.

b) Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, kemudian dihukum secara berurutan. Generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, misalnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS

BACA JUGA :Cara Meretas Android Jarak Jauh tanpa menyentuh HP korban

c) Generasi Ketiga (1965-1980)
Sistem operasi pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pemakai, dimana para pemakai berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. Sistem operasi menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus), multi-programming (melayani banyak kegiatan sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak kiprah dan pekerjaan / Batch Processing System)

d) Generasi Keempat (1980 – 2000-an)
Pada masa ini sistem operasi telah memakai Graphical User Interface(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan gampang digunakan. Pada masa ini juga dimulai abad komputasi tersebar (distributed computer) dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

e) Generasi Selanjutnya
Pada generasi ini diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem Operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server. Pada masa ini, diperkenalkan virtualization sistem yaitu satu komputer sanggup diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang sanggup bekerja bersama-sama, Cross Platform Operating System (multiboot system) yang sanggup menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi berbeda menyerupai : Linux dan Windows. Generasi ini merupakan awal tren Mobile Computing, yang perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows mobile, Windows Phone dan Symbian. Pada masa ini dikenalkan sistem iClaud (layanan komputasi awan) yaitu sistem layanan jaringan yang dipublikasikan oleh Apple Inc pada tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data menyerupai foto, musik, dan dokumen dari perangkat satu ke perangkat lain menyerupai ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan.

Sekian Penjelasan Apa itu Sistem Operasi pada komputer beserta perkembangan komputer.
Jangan lupa share dan comment