-->
Memahami Perbedaan Wordpess.Com Dan Wordpress.Org
4/ 5 stars - "Memahami Perbedaan Wordpess.Com Dan Wordpress.Org" Apa bedanya WordPress.com dan WordPress.org? Mana yang lebih baik? Iya, ini yakni pertanyaan yang paling umum dikalangan Blogger pemula. ...

Memahami Perbedaan Wordpess.Com Dan Wordpress.Org



Apa bedanya WordPress.com dan WordPress.org? Mana yang lebih baik? Iya, ini yakni pertanyaan yang paling umum dikalangan Blogger pemula.

Sebagai pemula mungkin kita sedikit kebingungan dengan Perbedaan Antara Wordpress.Com Vs Wordpress.Org.

...Karena, dari namanya saja sudah sangat mirip

 ini yakni pertanyaan yang paling umum dikalangan Blogger pemula Memahami Perbedaan Wordpess.com dan WordPress.org

Oh iya, sebelumnya ada yang sudah tahu...

Apa Itu WordPress?


WordPress adalah perangkat lunak open source berbasis PHP dan MySQL . Ini yakni CMS (Content Management System) yang sanggup dipakai untuk menciptakan blog dan situs web. Kita sanggup mengunduhnya secara gratis, menginstal, memakai dan juga memodifikasinya.

Sebagai platform blogging, WordPress kini banyak dipakai untuk banyak sekali jenis situs web non-blog termasuk situs eCommerce. Tidak diragukan lagi, WordPress yakni raja pasar CMS dikala ini yang menguasai 27% dari semua situs web online.

Jadi, jikalau kita ingin menciptakan situs web berbasis WordPress, kita mempunyai dua opsi untuk dipilih: WordPress.com atau WordPress.org.

Jadi, mari kita lihat dan membahas perbedaan dari kedua platform tersebut.

Berikut yakni perbedaan sederhana dari WordPress.com vs WordPress.org

  • WordPress.org - atau WordPress self-hosted, yakni perangkat lunak WordPress open source yang sanggup diunduh dan dipakai oleh siapa saja. Kita cukup membeli hosting dari perusahaan layanan webhosting dan mempunyai kontrol penuh dari WordPress tersebut.
  • WordPress.com - yakni salah satu implementasi untuk layanan situs web yang khususnya dibentuk di perangkat lunak WordPress.org. WordPress.com menghosting suatu situs tanpa mempunyai kontrol penuh dan fleksibilitas.

...mari kita lihat lebih detail lagi

Apa perbedaannya? WordPress.com vs WordPress.org


Apa Itu Wordpress.com?

WordPress.com adalah platform online untuk menciptakan blog atau menciptakan situs web secara GRATIS. Ini yakni platform yang menyerupai mirip Blogger atau Tumblr dan lainnya.

Di WordPress.com, kita tidak perlu mengunduh, menginstal, membayar hosting dan membeli domain. Jadi, WordPress.com yakni platform untuk menciptakan blog secara gratis. Namun, dengan batasan tertentu. Apakah teman mau mencoba Membuat Blog Gratis Menggunakan WordPress.com?

Apa Itu wordpress.org?

WordPress.org adalah ruang untuk perangkat lunak open source WordPress. Di sinilah kita sanggup mengunduh perangkat lunak WordPress dan menginstal pada layanan webhosting untuk menciptakan situs web.

Wordpress.org yakni platform yang di-hosting sendiri yang berarti bahwa kita perlu mencari perusahaan hosting sendiri bersamaan dengan nama domain.

Kinerja pada situs, keamanan, dan aspek keseluruhan pada situs web yakni semua tanggung jawab kita yang sebagian besar bergantung pada kualitas web host yang kita gunakan.

Dengan memakai wordpress.org kita mempunyai kebebasan atau kontrol penuh dalam kustomisasi maupun mengelola suatu website.

...Masih resah bro?
Mari kita bahas lagi.

Apa Perbedaan Utama Antara WordPress.com dan WordPress.org?


WordPress.com

WordPress.org

1. Platform yang dihosting -  WordPress.com menghosting blog secara GRATIS. Ruang situs web dibatasi sampai 3GB.1. Platform yang dihosting sendiri - Membeli dan Menggunakan layanan webhosting, kapasitas tergantung dari hosting yang kita gunakan
 2. Subdomain WordPress.com - kita akan mendapat subdomain gratis. URL situs web terlihat seperti brodanie blog.wordpress.com. kita perlu meningkatkan ke paket premium jikalau ingin memakai domain khusus.2. Domain khusus - kita harus memakai domain sendiri. Memungkinkan kita untuk mengeluarkan uang, harganya tergantung dari penyedia layanan hosting
3. Keamanan Dasar, Cadangan, dan Pemeliharaan - WordPress.com menangani semuanya dengan beberapa plugin WordPress built-in.3. Keamanan, Cadangan, dan Pemeliharaan - kita harus menjaga aspek-aspek ini sendiri. Kita sanggup memakai bantuan VaultPress atau hosting pihak ketiga lainnya, layanan keamanan dan kita bebas menginstal plugin keamanan apa pun.
4. WordPress.com Themes- kita sanggup memakai tema lebih dari 150 tema Gratis dan 200+ tema Premium di WordPress.com. kita tidak sanggup memakai tema khusus.4. Tema Tidak Terbatas - kita sanggup menginstal tema apa pun dari WordPress.org theme reposikita atau dari penyedia tema WP tema pihak ketiga seperti ThemeGrill .
5. Kustomisasi Desain - kita sanggup menciptakan adaptasi dasar dalam desain blog. Kita harus meningkatkan ke versi berbayar untuk opsi adaptasi lainnya.5. Kustomisasi Desain Tanpa Batas - kita mempunyai kendali penuh atas desain situs web kita. Kita sanggup menginstal tema apa saja dan menyesuaikan cara apa pun yang kita inginkan atau membangun tema sendiri dengan PHP dan CSS.
6. Plugin Built-in Terbatas - Ada beberapa plugin built-in secara default untuk fitur menyerupai berbagi, statistik, komentar, dll. Tetapi jikalau kita membutuhkan lebih banyak fungsi, kita tidak sanggup menginstal plugin pihak ketiga.7. Plugin Tidak Terbatas - Pasang plugin WordPress gratis atau premium apa pun yang kita suka dan perluas fungsionalitas situs sesuka kita.
8. Tidak Ada Iklan - kita tidak sanggup menambahkan iklan sendiri di situs WordPress.com gratis, tetapi pihak WordPress menampilkan 'iklan WordPress.com ' di situs kita. Jika kita tidak menginginkannya, kita perlu meningkatkan ke paket premium. Paket premium juga memungkinkan kita menambahkan iklan sendiri menggunakan WordAds . Iklan dari iklan pihak ketiga menyerupai Google AdSense, OpenX, dan BuySellAd tidak diizinkan.
8. Beriklan dan memonetisasi - Tampilkan sebanyak mungkin iklan yang di inginkan dari jaringan iklan dan dapatkan uang. Memiliki iklan dari iklan pihak ketiga menyerupai Google AdSense, OpenX, dan BuySellAds sangat baik. kita  tidak akan terganggu oleh iklan default menyerupai di WordPress.com; tidak ada orang lain yang sanggup menambahkan iklan tanpa persetujuan

Pertanyaan Seputar WordPress.com VS WordPress.org


1. Lebih Bagus Mana WordPress.com VS WordPress.org Untuk Bisnis

Kalau untuk bisnis, sangat disarankan untuk memakai WordPress.org, alasannya yakni terlihat lebih profesional untuk klien dan masyarakat umum. WordPress.com kurang menggambarkan gambaran yang profesional.

2. Lebih Bagus Mana WordPress.com VS WordPress.org Untuk Membuat Blog

Tergantung dari keseriusan kita dalam mengelola blog, jikalau Ngeblog hanya sekedar hobi tanpa ada rencana untuk memonetisasi blog, tidak ada salahnya menggunakanWordPress.com. tapi jikalau kita serius dalam menciptakan blog, sangat disarankan untuk memakai WordPress.org

3. Mana Lebih Bagus Antara WordPress.com Atau WordPress.org

Menurut pendapat aku WordPress.org menang talak, alasannya yakni dari segi adaptasi lebih profesional, sedangkan WordPress.com sangat terbatas.

4. Mana Lebih Murah WordPress.com Atau WordPress.org

Untuk paket dasarnya WordPress.com gratis, untuk paket premiumnya sekita $99 per tahun. Kalau WordPress.org tergantung dari layanan hosting yang kita gunakan, alasannya yakni harga dari setiap hosting bervariasi.

Nah, sesudah kita Mengetahui Perbedaan Antara Wordpress.Com Dengan Wordpress.Org, kini tergantung kita mau pilih yang mana, dan sesuai dengan kebutuhan yang dicari.

Sekian untuk artikel kali ini agar sanggup membantu. Terimakasih !

Sumber Refrensi:
https://themegrill.com/blog/wordpress-com-vs-wordpress-org/
https://startbloggingonline.com/wordpress-com-vs-wordpress-org-whats-the-difference/