Dalam ajang tahunan Pesta Blogger di tahun 2010 lalu, alhamdulilah, blog saya strategimanajemen.net terpilih sebagai blog terbaik dalam kategori business entrepreneurship (http://apresiasi.pestablogger.com/?p=63) . Oleh para juri (antara lain Najwa Shihab dan jurnalis internet Budi Putra) blog tersebut terpilih sebagai nomer satu, dan layak mendapat hadiah sebuah Netbook plus uang tunai 5 juta rupiah (lumayan bro).
Namun mungkin bukan hadiahnya yang penting. Yang lebih penting yaitu pertanyaan : faktor apa yang kira-kira menciptakan blog tersebut layak menjadi best blog? Dalam goresan pena ringkas ini, saya akan mencoba menelisik tiga faktor utama dibalik kemenangan itu.
Faktor yang pertama barangkali alasannya yaitu itu blog itu yaitu niche blog, atau blog dengan topik spesifik, yakni wacana administrasi bisnis. Sejak awal saya memang membangun blog itu dengan konsep yang terang dan spesifik, yakni bahwa konten blog itu hanya akan berbincang wacana topik taktik bisnis, management skills dan dunia seputar career life (pemilihan nama domain blog pun dilakukan berdasar konsep itu).
Saya sendiri percaya bahwa masa depan niche blog akan lebih kinclong dibanding dengan blog gado- gado. Alasannya sederhana : jikalau ditulis dengan konsisten, niche blog akan punya peluang lebih baik dalam menjaring loyal readers yang disatukan oleh minat yang sama. Contohnya : ya blognya Oom ini . Karena secara konsisten selalu berisikan hal-ihwal wacana internet dan online business, blog ini kemudian bermetamorfosis menjadi salah satu acuan utama bagi para peminat untuk topik tersebut.
Faktor kedua mungkin klise tapi amat penting : blog itu diupdate secara konsisten, dan lebih khusus lagi, diupdate setiap Senin pagi. Ya, semenjak hadir empat tahun silam, blog itu selalu dipdate setiap Senin pagi tanpa pernah berhenti. Dan kalimat “diupdate setiap Senin pagi” ini muncul di halaman homepage supaya semua pembaca tahu.
Update blog yaitu kunci untuk menyebarkan great blog. Akan lebih anggun lagi jikalau frekuensi update itu dilakukan secara konsisten (misal setiap ahad sekali tiap hari Senin atau Kamis). Saya melihat frekuensi update yang teratur ini menciptakan pembaca tahu kapan konten blog itu diupdate, dan akan mendorong mereka membangun “kebiasaan baru” : oh ya setiap Senin pagi atau Kamis pagi, saya harus selalu membuka blognya anu.
Frekuensi update yang teratur (dan konsisten) itu pasti akan mendorong para pembaca untuk menjadi loyal readers atau bahkan menjadi pelanggan melalui feedburner misalnya. Sebab mereka tahu, setiap minggu/setiap dua hari sekali pasti akan ada konten gres dalam blog tersebut (inilah juga yang mungkin menjadikan pelanggan feed blog taktik + administrasi telah mencapai angka 7500 subscribers; sebuah angka yang tidak mengecewakan tinggi).
Faktor terakhir yaitu yang paling penting : sebuah blog dianggap bermutu jikalau secara konsisten menyajikan konten yang bermutu tinggi dan bermanfaat bagi para pembacanya. Jujur saja, faktor ini yang cukup sulit, apalagi jikalau blog itu mempunya tema yang spesifik.
Konsekuensinya, sang blogger harus rajin membaca buku/majalah/internet dan melaksanakan riset biar bisa menghasilkan goresan pena bermutu setiap update. Itulah kenapa saya baiklah dengan ungkapan bahwa blogger yang anggun pastilah juga seorang yang punya hobi membaca. Sebab kalau tidak rajin membaca untuk mendapat gosip baru, bagaimana ia akan bisa menulis positingan yang anggun dan bermutu?
Itulah tiga elemen penting yang mungkin bisa dipetik sebagai pelajaran jikalau kita ingin membangun great blog. Yang pertama : bangunlah blog dengan tema yang spesifik (niche blog); kemudian update blog itu dengan teratur dan konsisten. Dan terakhir : selalu berusaha untuk menyajikan konten yang renyah, bermutu dan bisa menciptakan para pembaca kesengsem.
Kalau saja kita sanggup menerapkan tiga resep itu dengan teratur dan jitu, maka blog kita suatu ketika juga pasti akan menjulang dalam jagat persilatan blogger di tanah air. Bravo blogger Indonesia !!
Penulis dibalik Artikel ini:
Yodhia Antariksa | strategimanajemen.net