-->
Wow! Fitur Keren Android P - Os Terbaru Google
4/ 5 stars - "Wow! Fitur Keren Android P - Os Terbaru Google" MamankDzgn - Hampir setahun lebih semenjak Google merilis Android 8 atau lebih dikenal Android "Oreo" pada Agustus 2017, sekarang...

Wow! Fitur Keren Android P - Os Terbaru Google



MamankDzgn - Hampir setahun lebih semenjak Google merilis Android 8 atau lebih dikenal Android "Oreo" pada Agustus 2017, sekarang Google kembali telah merilis Android 9 atau mereka sebut dengan Android "P". Hal tersebut disampaikan  di program Google I/O 2018 developer conference beberapa waktu yang lalu. Meski gres dalam versi beta, sistem operasi Android P ini mempunyai beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan Android P? Yuk kita simak.

Baca juga:

Game Android Terbaik Seru Untuk Ngabuburit Puasa 2018

Terungkap HP Xiaomi Terbaru, Xiaomi Mi 8

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dan Aplikasi HP

Sistem Operasi Android P



Versi tampilan developer ini mempunyai banyak perubahan pada UI (User Interface), fitur-fitur dan beberapa peningkatan untuk menciptakan smartphone akan bertahan lebih usang dan lebih efisien.



1. Sistem Navigasi Berbasis-Gestur



Perubahan terbesar dalam Android P yaitu dihilangkannya tombol navigasi tradisional Android. Tapi kau tidak perlu khawatir, alasannya hanya dengan memakai sistem navigasi gres beberapa jam saja kau akan sudah terbiasa kok. Rasanya memang berbeda, tapi cukup intuitif.

Pertama-tama kau harus mengaktifkan dahulu navigasi gestur di Android P. Caranya, ke sajian Setting > System > Gestures > Swipe up on home button.

Setelah mengaktifkan navigasi gestur ini, maka tombol navigasi tradisional - home, back dan recent apps - akan hilang. Tombol back akan muncul secara otomatis kalau pada aplikasi ada pilihan sajian untuk kembali.



Untuk berpindah antar aplikasi yang gres saja digunakan, geser ke atas dari tombol home kemudian akan muncul layar yang berjulukan overview. Kamu akan melihat aplikasi yang gres saja digunakan, bilah penelusuran, dan 5 saran aplikasi di bab bawah. Lebih cepat kan dari pada harus membuka sajian aplikasi (app drawer). Dari sini, kau sanggup menggeser ke kiri untuk melihat aplikasi yang gres dibuka. Kamu juga sanggup menyeret tombol home ke kiri untuk berpindah cepat dengan aplikasi. Google menyebut gerak ini sebagai Quick Scrub.

2. Fitur Hemat Baterai

Pada Android P, Google meluncurkan dua buah fitur gres yang akan membantu menghemat baterai seharian.

Baterai Adaptif



Baterai Adaptif yaitu fitur gres yang memakai pembelajaran perangkat di perangkat (on-device machine learning) untuk menjaga hp kau biar tidak boros baterai. Fitur ini merupakan hasil kerjasama dengan DeppMind, Baterai Adaptif akan membatasi konsumsi baterai untuk aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan. Fitur ini akan memprediksi aplikasi apa yang akan kau gunakan selanjutnya, mana yang tidak dipakai dalam beberapa jam atau aplikasi mana yang tidak pernah dibuka. Google mengklaim,  fitur ini sanggup menghemat 30 persen penggunaan CPU.

Kecerahan Adaptif



Fitur lain yang sanggup membantu menghemat baterai yaitu Kecerahan Adaptif. Sementara sebagian besar smartphone mempunyai sensor cahaya ambient untuk membantu menyesuaikan kecerahan dalam pengaturan yang berbeda, Kecerahan Adaptif membawanya selangkah lebih maju. Fitur gres ini akan mempertimbangkan lingkungan dan acara Anda, dan mempelajari pengaturan kecerahan langsung kau dari waktu ke waktu sehingga layar tidak terlalu cerah atau redup.

3. Pintasan Volume Baru



Dengan Android P, sekarang kau sanggup beralih ke mode silent lebih mudah. Fitur ini ada di alam sajian pengaturan di bab gestur. Kamu akan melihat pilihan "prevent ringing". Dari sini, kau sanggup mengatur apakah hp kamu untuk beralih ke mode getar atau membisu ketika kau secara bersamaan menekan tombol daya dan volume naik.

4. App Actions and Slices



Ini merupakan dua buah fitur gres lainnya pada Android P. App Actions and Slice akan memungkinkan kau untuk melompat ke bab tertentu dari aplikasi dari bab manapun di sistem operasi.

App Actions merupakan sebuah jalan pintas kecil yang akan muncul di app drawer berdasarkan tindakan yang berdasarkan hp kau akan dilakukan selanjutnya. Misalnya, kalau saya sering membuka laci aplikasi, membuka aplikasi telepon saya, dan memanggil istri saya, Android P kemungkinan akan mulai memperlihatkan saya jalan pintas untuk memanggil istri saya di dalam laci aplikasi. 

App Actions bahkan sanggup juga bekerja dengan skenario yang berbeda. Jika kau sering mencolokkan headphone dan meluncurkan Spotify, misalnya, kau mungkin melihat saran untuk memulai playlist Spotify sesudah mencolokkan headphone. Keren ya..!

Sementara Slices seolah-olah dengan App Actions, bedanya Slice hanya muncul di Bilah Penelusuran Google mengatakan saran untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu di dalam aplikasi berdasarkan apa yang kau cari. Misalnya, kalau kau mengetik "Hawaii" di Penelusuran, Android P mungkin menyarankan kau melihat foto liburan Hawaii kau di aplikasi Google Foto.

5. Notifikasi yang Lebih Pintar



Android sudah menangani pemberitahuan dengan sangat baik. Notifikasi semakin cendekia di Android P.

Katakanlah kau mendapatkan jenis notifikasi aplikasi tertentu setiap hari. Jika kau sering mengabaikan pemberitahuan tersebut tanpa bertindak, Android P akan mengatakan untuk berhenti menampilkan notifikasi tersebut kepada kamu.



Ada tombol Kelola Notifikasi gres di bab bawah bayangan pemberitahuan juga, yang akan membawa kau ke daftar pemberitahuan yang terakhir kau terima. Dari sana, kau sanggup mematikan pemberitahuan apa pun yang telah mengganggu kau belakangan ini. Sangat membantu ya...



Smartphone yang Support Android P untuk ketika ini adalah Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, serta tujuh perangkat OEM (Original Equipment Manufacturer/Produsen Asli) lainnya dari OnePlus, Nokia, dan lainnya. Nantinya setiap OEM akan membangun Android P dengan versi pabrikan mereka masing-masing. Itu berarti Android P di Xperia XZ2 akan mempunyai antarmuka Sony, Mi Mix 2 akan tetap mempunyai antarmuka Xiaomi, dan seterusnya.

Untuk mendownload Android P silahkan klik link di bawah ini: