-->
Penjelasan Mengenai Unsur-Unsur Kepribadian Pada Manusia
4/ 5 stars - "Penjelasan Mengenai Unsur-Unsur Kepribadian Pada Manusia" Sebelumnya kita sudah membahas wacana pengertian kepribadian dan juga ciri-cirinya, ketika ini admin akan memperlihatkan klarifikasi unsur-u...

Penjelasan Mengenai Unsur-Unsur Kepribadian Pada Manusia



Sebelumnya kita sudah membahas wacana pengertian kepribadian dan juga ciri-cirinya, ketika ini admin akan memperlihatkan klarifikasi unsur-unsur kepribadian yang ada pada diri manusia. Apa saja unsur-unsurnya?

Sebelumnya kita sudah membahas wacana pengertian kepribadian dan juga ciri Penjelasan Mengenai Unsur-unsur Kepribadian pada Manusia

Unsur-unsur Kepribadian

Menurut Prof.Dr.Koentjaraningrat, seorang antropolog tanah air, dia membagi kepribadian menjadi 3 unsur yakni :

  • Pengetahuan
Pengetahuan menjadi hal paling fundamental yang dimiliki seseorang di dalam nalar pikirannya. Hal ini dikarenakan setiap pengetahuan insan berasal dari pola pikir rasional mengenai fantasi, pemahaman, serta pengalaman aneka macam hal yang diperoleh dari lingkungan sekitar.  Pengalaman itu terekam di dalam otaknya dan secara perlahan terungkap dalam bentuk sikap di kehidupan masyarakat.

  • Perasaan
Perasaan sanggup diartikan sebagai suatu keadaan dalam kesadaran insan yang alasannya imbas pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif/negatif (Koentjaraningrat, 1986). Perasaan bersifat subyektif, setiap orang mempunyai perasaan yang tidak sama. Si A boleh saja senang menghadapi insiden tersebut, namun belum tentu dengan Si B, C dan yang lainnya.

  • Dorongan Naluri
Setiap insan mempunyai hasratnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik secara jasmani maupun rohani. Beberapa rujukan dorongan naluri ialah mempertahankan hidup, mencari makan, dan juga berinteraksi antar sesama manusia.


Itulah sedikit klarifikasi singkat mengenai unsur-unsur kepribadian menurut Koentjaraningrat, supaya bermanfaat bagi anda.