-->
Cara Biar Artikel Blog Tidak Dapat Di Copas
4/ 5 stars - "Cara Biar Artikel Blog Tidak Dapat Di Copas" Cara menciptakan blog menjadi tidak dapat dicopy paste - Bagaimana cara supaya blog tidak dapat disalin/dicopas blogger lain? Itulah pertan...

Cara Biar Artikel Blog Tidak Dapat Di Copas



Cara menciptakan Postingan Blog Tidak dapat di COPAS Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa di COPASCara menciptakan blog menjadi tidak dapat dicopy paste - Bagaimana cara supaya blog tidak dapat disalin/dicopas blogger lain? Itulah pertanyaan yang ditanyakan kalau kita secara tidak sengaja menemukan postingan blogger lain yang isinya sama persis dengan artikel yang sudah kita buat dengan susah payah. Parahnya lagi gambar dan internal link pada artikel tersebut pun sama persis dengan postingan blog yang kita buat. Dan yang lebih parah lagi, ranking di SERP (Hasil Pencarian) si copaser itu lebih baik dari konten originalnya.

Saya sendiri pernah menjadi korban kopi paste artikel(22 artikel). Copaser seenaknya mencuri artikel yang saya buat tanpa mengganti judul postingan, tidak mengapus tautan yang ada didalam postingan dan tidak menyertakan link sumber.  Ranking di search engine konten blog saya pun dibawah blog tukang copas.

Saya sempat melaporkannya ke Google DMCA, tapi entah kenapa laporan saya ditolak dengan alasan sumber yang kurang jelas, ngenes Gan!!!. Akhirnya, dengan berat hati saya merelakan konten tersebut untuk tayang di blog lain dan melaksanakan deindex pada blog saya sendiri kemudian menghapus satu per satu posting blog yang di copas.

Dari insiden tersebut saya mencari isu bagaimana cara memproteksi konten blogspot agar tidak di ambil orang lain. Setelah browsing sana sini, alhasil saya menemukan trik mengunci artikel supaya tidak dapat di copy.

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa di COPAS

Melalui postingan ini, saya akan membagikan tips cara mencegah copy paste artikel di blog, tutorial ini memakai dua cara, teman bebas menentukan cara mana yang akan diterapkan pada blog sobat.

Mengamankan Artikel Dengan CSS

Salah satu trik yang dapat dilakukan yaitu dengan menyisipkan instruksi css ke dalam template blog yang teman gunakan, caranya sangat mudah.

  1. Pertama, Buka Blogger
  2. Pergi ke Menu Tema / Template
  3. Pilih Edit HTML
  4. Cari instruksi ]]></b:skin> , untuk memudahkan proses pencarian, tekan CTRL + F
  5. Jika ketemu, letakan salah satu instruksi css ini diatas ]]></b:skin>

Kode I
.post-body {  -webkit-user-select: none;  -khtml-user-select: none;  -moz-user-select: none;  -ms-user-select: none;  user-select: none }

Kode II
 .post-body {  -webkit-user-select: none;  -khtml-user-select: none;  -moz-user-select: none;  -ms-user-select: none;  user-select: none } kbd,blockquote,pre,code {  -webkit-user-select: text;  -khtml-user-select: text;  -moz-user-select: text;  -ms-user-select: text;  user-select: text }

Kode III
body {  -webkit-user-select: none;  -khtml-user-select: none;  -moz-user-select: none;  -ms-user-select: none;  user-select: none }

Keterangan instruksi CSS

Kode I
Fungsi css dari instruksi CSS yang pertama yaitu tidak mengijinkan user(visitor) untuk melaksanakan copas pada bab postingan saja, jadi pengunjung dapat melaksanakan copas di bab header, sidebar dan footer blog.

Kode II
Untuk fungsi CSS yang kedua sama menyerupai yang pertama. Tapi, visitor dapat copas pada blockquote,kbd,pre dan code.

Kode III
Pengunjung sama sekali tidak dapat copy paste di blog sobat.

Cara Pasang Kode Anti-Copas atau Matikan Klik Kanan

Cara yang kedua ini terbilang Mudah, hanya perlu memasang instruksi ini di widget/tata letak blog sobat.
 <script language=JavaScript> //Disable right mouse click Script //By Maximus (maximus@nsimail.com) w/ mods by DynamicDrive //For full source code, visit http://www.dynamicdrive.com var message="Function Disabled!"; /////////////////////////////////// function clickIE4(){ if (event.button==2){ alert(message); return false; } } function clickNS4(e){ if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){ if (e.which==2||e.which==3){ alert(message); return false; } } } if (document.layers){ document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=clickNS4; } else if (document.all&&!document.getElementById){ document.onmousedown=clickIE4; } document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false") // </script>
Ganti Function Disabled! Sesuai impian sobat
Cara Lain
1. Template > Edit HTML
2. Temukan (Ctrl+F) instruksi <body>
3. Ganti/replace instruksi <body>dengan instruksi berikut ini:
 <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' ondragstart='return false' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

CATATAN!!!
Memasang css dan script anti copas di blog tidak menjamin blog menjadi tidak dapat di copas, trik ini hanya untuk meminimalisir pencurian artikel. Sudah berbagai cara yang dibagikan di internet wacana Cara Copy Website Anti Copy Paste. NoSystemIsSafe Bro! Haha!

Mungkin hingga disini saja Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa di COPAS. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat, apabila ada kritik, saran dan suplemen mengenai artikel ini, Silahkan tulis di kolom Komentar..
Terimakasih Sudah berkunjung!
(https://masihterjaga.blogspot.com)