-->
4 Perbedaan Antara Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta
4/ 5 stars - "4 Perbedaan Antara Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta" Images Source :  pixabay.com Apa saja perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta itu? Bagi sebagian orang menentukan sekolah te...

4 Perbedaan Antara Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta



Perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta 4 Perbedaan Antara Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta
Images Source : pixabay.com

Apa saja perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta itu? Bagi sebagian orang menentukan sekolah terbaik merupakan hal yang harus dilakukan demi mendapat pendidikan yang lebih baik sehingga sanggup mempengaruhi kecerdasan seseorang. Juga bagi orang bau tanah niscaya tidak ingin kalau anaknya masuk ke dalam sekolah dengan lingkungan yang tidak mendukung proses pembelajaran yang baik.

Umumnya sekolah terbagi atas sekolah negeri dan swasta. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sudah menjadi sterotip di kalangan masyarakat bahwa sekolah negeri mempunyai kualitas yang lebih baik berkat status "favorit" yang disematkannya. Berbeda dengan swasta yang dianggap sebagai sekolah buangan oleh sebagian orang.

Anggapan tersebut bersama-sama tidak selalu benar. Kenyataannya, cukup banyak orang bau tanah yang memasukkan anaknya ke sekolah swasta atas beberapa pertimbangan. Tidak ada yang salah kalau seseorang masuk ke sekolah negeri atau swasta alasannya yaitu masing-masing telah mempunyai perbedaannya sendiri-sendiri yakni sebagai berikut :


Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta 

1. Ditinjau dari Biaya Pendidikan

Harus diakui membayar biaya pendidikan (SPP, uang gedung, dan lain sebagainya) di sekolah swasta lebih mahal daripada negeri. Alasannya tidak bukan alasannya yaitu santunan pemerintah yang sedikit untuk sekolah swasta sehingga biaya harus dibebankan kepada siswanya.

Berbeda dengan sekolah negeri yang mendapat santunan secara menyeluruh dari pemerintah baik kawasan ataupun sentra melalui dana BOS ataupun yang lainnya menciptakan biaya pendidikan sedikit sanggup ditekan. Bahkan beberapa sekolah sekarang telah menerapkan aktivitas sekolah gratis alasannya yaitu menganggap santunan yang diberikan oleh pemerintah sudah cukup untuk memenuhi operasional sekolah.


2. Ditinjau Dari Fasilitas yang Ditawarkan

Sehubungan dengan hal diatas telah disebutkan bahwa sekolah swasta menarik lebih banyak uang kepada murid-muridnya. Hal ini menciptakan kebutuhan sekolah salah satunya yang berkaitan dengan kemudahan sedikit lebih banyak dan lengkap daripada sekolah negeri.

Namun bukan berarti sekolah negeri tanpa kemudahan apa-apa. Tempat tersebut tetap mempunyai kemudahan namun dengan jumlah yang sangat terbatas. Bahkan kita juga tak sanggup memungkiri kalau masih banyak sekolah milik pemerintah yang justru mempunyai kemudahan yang tidak layak. Sungguh keadaan yang miris.

3. Ditinjau dari Jumlah Siswa

Melihat dari sisi jumlah siswa, maka sekolah negeri mempunyai jumlah siswa yang lebih banyak. Dalam satu kelas sanggup saja menampung sampai 30-40 siswa. Penyebabnya tentu saja tingginya minat calon siswa untuk sanggup bersekolah di negeri.

Berbeda dengan sekolah swasta yang hanya menampung sedikit siswa. Bahkan untuk satu kelas hanya 20 siswa saja. Di sisi lain hal ini dianggap menguntungkan alasannya yaitu proses pembelajaran lebih efektif dikarenakan jumlah murid yang lebih sedikit.

4. Ditinjau dari Sisi Pergaulan

Perbedaan terakhir sanggup kita lihat bagaimana siswa tersebut bergaul di lingkungan sekolah tersebut. Anak-anak yang berada pada sekolah negeri cenderung mempunyai pergaulan yang lebih heterogen dikarenakan latar belakangnya berasal dari banyak sekali suku, bangsa, ras, dan agama.

Sementara itu sekolah swasta lebih banyak didominasi diisi oleh orang-orang dari kelompok-kelompok tertentu sehingga pergaulannya sedikit lebih sejenis dan terbatas. Biasanya sekolah ini juga dianggap mempunyai pergaulan yang langsung alasannya yaitu latar belakang ekonomi diatas rata-rata dan kelompok siswa yang didominasi keyakinan tertentu.


Penutup

Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, terdapat perbedaan masing-masing yang sanggup dijadikan pertimbangan untuk menentukan sebuah sekolah. Tidak ada yang lebih baik alasannya yaitu keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena intinya sekolah hanyalah tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu, tinggal bagaimana siswanya berusaha meraih prestasi yang maksimal.

Itulah beberapa perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta, agar sanggup jadi pertimbangan dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk bawah umur anda.