-->
Download Rpp Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word
4/ 5 stars - "Download Rpp Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word" Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Ke...

Download Rpp Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word



Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Kelas SD K13 revisi 2018/terbaru. Rpp k13 kelas 6 revisi 2018 ini berformat mikrosoft word. Bagi rekan-rekan yang ingin mempunyai Rpp matematik revisi 2018 ini silah download pada link yang sudah admin sediakan.


Download rpp k13 kelas 6 revisi 2018 ini admin bagikan secara gratis, rekan-rekan yang membutuhkan tinggal klik link di bawah ya. Rpp kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 terbaru ini merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan RPP matematika SD/MI sekolah dasar yang terintegrasi pada literasi, PKK dll.


Rpp kelas 6 revisi 2018 ini merupakan RPP matematikan yang terilang gres , alasannya yaitu rpp matematika tersebut merupakan RPP matematika revisi tahun 2018.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :    ..............................
Kelas / Semester              :    VI (Enam) / 1
Mata Pelajaran                :     Matematika
Bab 1                                 :     Operasi Hitung Campuran
Alokasi Waktu                 :    8 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
Hari / Tgl Pelaksanaan:   ..................... / ........................


A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1   :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2   :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3   :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Kelas SD K Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PERTEMUAN 1
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1 Mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1 Mengurutkan bilangan dengan benar.


PERTEMUAN 2
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1  Menentukan bentuk operasi hitung campuran
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1  Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran

PERTEMUAN 3
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1  Menentukan bentuk operasi hitung campuran
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1  Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran

PERTEMUAN 4
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1   Menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1   Menyelesaikan soal dengan benar.

PERTEMUAN 5
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1   Menentukan bentuk operasi hitung campuran.
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1   Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran

PERTEMUAN 6
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1   Menentukan bentuk operasi hitung campuran.
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1  Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran.

PERTEMUAN 7
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1   Menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif.
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1  Menyelesaikan soal dengan benar.

PERTEMUAN 8
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1  Menentukan bentuk operasi hitung campuran
2
4.3Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1   Mampu menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar dan memberikan strateginya.
4.3.Membuat soal dongeng dengan menggunakan bentuk operasi hitung yang tepat.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Setelah membaca data, siswa bisa menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya dengan benar.
2.      Dengan memakai bilangan yang tersedia, siswa mampu mengurutkan bilangan dengan benar.

Pertemuan 2
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.      Setelah membaca soal, siswa bisa menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar.

Pertemuan 3
1.      Setelah membaca soal cerita, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung adonan dengan benar.
2.      Setelah membaca soal cerita, siswa bisa menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar.

Pertemuan 4
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.
2.      Setelah memilih bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.

Pertemuan 5
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.      Setelah membaca soal, siswa bisa menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar.

Pertemuan 6
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.      Setelah membaca soal, siswa bisa menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar.

Pertemuan 7
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.
2.      Setelah memilih bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.

Pertemuan 8
1.      Setelah membaca soal, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
2.      Setelah membaca soal, siswa bisa menuntaskan soal dengan bentuk operasi hitung adonan dengan benar dan memberikan strateginya.
3.      Setelah membaca soal, siswa bisa memilih bentuk operasi hitung campuran dengan benar.
4.      Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan soal dongeng dengan menggunakan bentuk operasi hitung yang tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengusut kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk diubahsuaikan dengan acara pembelajaran.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
§  Siswa diajak membaca teks wacana bawang merah. Guru memperlihatkan waktu 3 menit untuk memahami bacaan. Communication
§  Siswa mengerjakan soal berikut bersama teman. Gotong Royong
Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
§  Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya di dalam kelompoknya kemudian meminta setiap perwakilan kelompok untuk memberikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan masukan, komentar, atau mempertanyakan balasan teman. Collaboration
§  Guru memperlihatkan balasan apabila dibutuhkan.
160.800.000 = seratus enam puluh juta delapan ratus ribu
Penggunaan Tanda Pisah Angka
rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Kelas SD K Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format WordTanda pisah angka dipakai untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut dipakai untuk memisahkan setiap tiga digit angka dari sebelah kanan urutan angka. Tanda pemisah angka memisahkan kelompok angka ribuan, jutaan, dst. Di Indonesia tanda pemisah angka yang dipakai yaitu tanda titik (.).
rekan semua kali ini admin akan membagikan Rpp Matematika Kelas SD K Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Format Word                                                             
                                



Angka-angka bila dikelompokkan berdasarkan batas tanda pemisah maka akan mempunyai kelompok-kelompok angka.
·      Kelompok angka dasar, mempunyai tiga angka paling kanan.
·      Kelompok angka ribuan, mempunyai tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah ribuan.
·      Kelompok angka jutaan, mempunyai tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah jutaan.

PERTEMUAN 2 
§  Siswa membaca soal matematika wacana kentang. Pada acara ini siswa harus menemukan bentuk operasi hitung adonan terkait urutan operasi hitungnya. Mandiri
§  Soal pertama dikerjakan secara individu dan siswa membahasnya dengan sobat kelompoknya. Guru meminta seorang siswa untuk memberikan kesudahannya dan memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setiap siswa atau dikerjakan dalam kelompok, menciptakan soal dongeng yang melibatkan operasi hitung adonan dan ditukarkan dengan tiga sobat atau kelompok. Soal tersebut harus dijawab. Guru harus mengecek soal siswa dan memberi masukan sebelum dijawab. Collaboration
§  Guru membimbing terkait bentuk operasi hitung campuran.
§  Siswa melaksanakan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§  Guru sanggup menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

PERTEMUAN 3 
§  Setiap soal dinilai oleh guru.
§  Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan sobat sebelah atau satu kelompok. Guru memperlihatkan penguatan terhadap konsep operasi hitung adonan yang ada. Collaboration
Guru melaksanakan evaluasi terhadap satu kelompok dikala mereka berdiskusi. Saat menilai, guru memakai rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini sanggup dinilai dikala mereka melaksanakan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§  Guru melaksanakan hal yang sama terhadap soal berikutnya.
§  Siswa melaksanakan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§  Guru sanggup menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

PERTEMUAN 4
§  Siswa melanjutkan acara dengan membaca soal dalam hati. Guru memberi waktu dua menit. Mandiri
Udin membantu Ibu membuka belanjaan.
Di dalam tas terdapat 2 botol kecil susu masing-masing berharga Rp1.500.00. Kemudian Udin menemukan 2 kardus kecil telur masingmasing
berharga Rp10.000,00.
§  Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan sobat sebelah atau di dalam kelompoknya kemudian meminta setiap perwakilan kelompok untuk memberikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan masukan, komentar, atau mempertanyakan balasan teman. Collaboration
§  Guru memperlihatkan balasan apabila dibutuhkan.
Jawaban yang benar:
1) 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
§  Siswa dan guru mendiskusikan jawaban. Guru memberikan kepada siswa bahwa pengurutan operasi bilangan akan memilih hasil.
§  Siswa kemudian berlatih soal yang berbeda. Guru memperlihatkan penguatan.
8 + 4 x 6 – 4 =
Dikerjakan soal perkalian terlebih dahulu.
8 + 24 – 4 = 28
§  Siswa kemudian mengerjakan pola yang lain. Guru meminta setiap siswa mengerjakan soal dan dibahas bersama setelahnya. Critical Thinking and Problem Solving
4 + 7 x 3 =
§  Guru kemudian memperlihatkan penguatan.
§  Siswa mencoba menuntaskan soal berikut dan mendiskusikan kesudahannya dengan teman. Collaboration
15 – 16 : 2
§   Guru memperlihatkan penguatan.
§  Siswa melanjutkan acara dengan mengerjakan soal berikut dan memberikan kesudahannya di depan kelas. Guru sanggup meminta siswa lain untuk memperlihatkan komentar dan memperlihatkan penguatan. Communication
17 – 9 + 5
§  Selanjutnya siswa berusaha untuk menemukan balasan soal berikut. Guru meminta salah satu siswa untuk memberikan pendapatnya dan siswa lain mengomentari. Guru kemudian memperlihatkan penguatan.
8 × ( 2 + 6 )
INGAT!
Langkah operasi hitung yaitu sebagai berikut.
·                    selesaikan operasi di dalam kurung
·                    selesaikan perkalian dan pembagian
·                    selesaikan penjumlahan dan pengurangan

PERTEMUAN 5 
§   Siswa membaca soal matematika wacana ikan bandeng asap. Pada acara ini siswa harus menemukan bentuk operasi hitung terkait urutan operasi hitungnya. Mandiri
§   Soal pertama dikerjakan secara individu dan siswa menukarkan jawabannya dengan sobat kelompoknya. Siswa kemudian membahasnya dengan sobat kelompoknya. Collaboration
§   Guru meminta seorang siswa untuk memberikan kesudahannya dan memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem Solving
§   Siswa kemudian melanjutkan acara menuntaskan soal.
§   Siswa melaksanakan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
 
PERTEMUAN 6 
§   Siswa melanjutkan acara dengan membaca soal cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membacanya dengan saksama dan menjawab soal dengan cermat. Mandiri
§   Guru mengusut balasan siswa.
§   Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan sobat sebelah atau satu kelompok. Guru memperlihatkan penguatan terhadap konsep hitung adonan yang ada. Collaboration
§   Siswa menciptakan soal dan menukarkannya kepada sobat sebelah. Setiap siswa sanggup menciptakan dua soal dan dijawab temannya.
Jawaban dinilai dengan skor yang ada di halaman penilaian.
§   Siswa melaksanakan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§   Guru sanggup menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

PERTEMUAN 7 
§   Siswa melanjutkan acara dengan membaca soal dalam hati. Guru memberi waktu dua  menit. Mandiri
§   Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan sobat sebelah atau di dalam kelompoknya kemudian meminta setiap perwakilan kelompok untuk memberikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan masukan, komentar, atau mempertanyakan balasan teman. Collaboration
§   Siswa kemudian mengomunikasikan kesudahannya melalui tulisan.
§   Siswa kemudian berlatih soal yang berbeda dan memberikan kesudahannya melalui tulisan. Communication
§   Siswa memperlihatkan kesudahannya kepada sobat sebelahnya. Guru memperlihatkan penguatan.

PERTEMUAN 8
§    Siswa membaca soal matematika wacana pengusaha sayur. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memahaminya. Mandiri
§   Soal dikerjakan secara individu dan siswa menukarkan jawabannya dengan sobat kelompoknya. Siswa kemudian membahasnya dengan sobat kelompoknya. Collaboration
§   Guru meminta seorang siswa untuk memberikan kesudahannya dan memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk membetulkan jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem Solving
Jawaban siswa dinilai dengan memakai skor.
§   Siswa melaksanakan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§   Guru sanggup menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
§     Siswa melanjutkan acara dengan menciptakan soal cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membaca arahan dengan saksama dan menciptakan soal. Mandiri
§   Guru mengusut soal siswa kemudian mengembalikannya kepada siswa.
§   Siswa menukarkan soalnya kepada tiga orang temannya dan menjawab soal yang ada. Collaboration
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Menyanyikan lagu tempat “Anak Kambing Saya”
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius
15 menit

E.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).


Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................
NIP. ..............................
…………, ………….2018
Guru Kelas VI




..............................
NIP. ..............................