-->
Peran-Peran Indonesia Dengan Asia Tenggara
4/ 5 stars - "Peran-Peran Indonesia Dengan Asia Tenggara" Peran – Peran  Indonesia dengan Asia Tenggara  Wilayah Asia Tenggara terdiri beberapa negara-negara yang berada di tempat Asia Teng...

Peran-Peran Indonesia Dengan Asia Tenggara



 Wilayah Asia Tenggara terdiri beberapa negara Peran-Peran Indonesia dengan Asia Tenggara

Peran – Peran  Indonesia dengan Asia Tenggara 

Wilayah Asia Tenggara terdiri beberapa negara-negara yang berada di tempat Asia Tenggara. Beberapa negara-negara tersebut yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos. Setiap negara mempunyai kepentingan yang berbeda.Negara Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam Asia Tenggara.  Beberapa peranan penting dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, keamanan dan juga beberapa bidang lainnya. Peran Indonesia sangat besar lengan berkuasa pada terbentuknya ASEAN. Peran – tugas Indonesia dengan Asia Tenggra antara lain yakni sebagai berikut :

1. Mempelopori Berdirinya ASEAN.

Indonesia merupakan salah satu penggerak berdirinya ASEAN. Ketika tanggal 5- 8 Agustus 1967, lima negara mengadakan pertemuan yang terjadi di Bangkok. Kelima negara tersebut yakni Indonesia, Singapura, Malysia, Filipina, dan Thailand. Alasan ke lima negara tersebut mengadakan konferensi yakni kelima negara tersebut sama-sama pernah di jajah oleh negara lain, kecuali Thailand. Karena kesepakatan dalam konferensi tersebut maka berdirilah ASEAN. ASEAN merupakan bentuk kerja sam regional negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara yang mempunyai sifat politik bebas dan aktif. Ketika ASEAN telah bangun tentunya ini merupakan salah satu wadah yang bermanfaat untuk negara-negara di Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN menjadikan banyak kolaborasi antara para anggota Asia Tenggara tersebut. 

2. Sebagai Negara Perantara Perundingan Damai.

Indonesia salah satu negara sebagai penengah saat terjadinya konflik di negara lain. Seperti hal nya ada perang saudara yang terjadi di Kamboja. Kemelut konflik yang terjadi antara vietnam dan kamboja Indonesia membatu proses perdamaian yang terjadi di kamboja.. Indonesia mewakili ASEAN sebagai negara penengah kedua belah pihak semenjak tahun  1987. Dan pada jadinya terjadilah konferensi Paris untuk Kamboja dan Vietnam. Keputusan dari konferensi tersebut yakni perjajian tenang antara Vietnam dan Kamboja. Indonesia juga pernah sebagai penengah konfilk negara lainya. Konflik yag dialami pemerintah Filipina dan pemberontak Moro National Front Liberation. Kemudian kedua negara yag berkonflik mengadakan pertemuan di Indonesia. Dan berhasil menciptakan kesepakatan perjanjian tenang antara Filipina dan pemberontak Moro National Front Liberation. Oleh alasannya yakni itu Indonesia mempunyai peranan yang penting dan sanggup mempengaruhi perubahan tenang di negara- negara yang berkonflik.

3. Menyediakan Kebutuhan untuk Pengungsi

Indonesia juga memperlihatkan pinjaman kepada para negara-negara lain  di tempat Asia Tenggara yang terkena musibah atau tragedi alam. Kawasan Asia Tenggara merupakan rawan terjadinya tragedi alam. Maka dari itu Indonesia dengan sigap siap membatu untuk negara-negara tersebut. Indonesia juga pernal mengalami tragedi skala besar yaitu tsunami. Dan di Indonesia juga pernah diadakan pertemuan khusus gempa bumi dan Tsunami.  Bukan hanya itu saja Indonesia juga bersedia memperlihatkan batuan tragedi sosial. Ini pernah terjadi saat tempat Asia Tenggara terjadi pengungsian besar-besaran ke beberapa negara lain. Negara Indonesia mendapatkan pengungsi tersebut dengan tangan terbuka. Indonesia juga menyediakan pulau Galang untuk para pengungsi tersebut.

4. Terbentunya Gagasan Komunitas Keamanan.

Peran indonesia untuk organisasi ASEAN tidak hanya itu saja. Indonesia mempunyai tujuan untuk negara- negara ASEAN dalam menanggulangi kriminalitas, terorisme, sparatisme dan perampokan dll. Ini merupakan upaya Indonesia untuk melindungi negara – negara di Asia Tenggara. Upaya tersebut juga untuk meningkatkan kolaborasi antar negara- negara di Asia Tenggara dan meningkatkan keamanan yang lebih luas lagi.

5. Memberikan Anjuran Kerja Sama untuk Penukaran Barang dan Jasa.
Negara indonesia sudah menjalin kolaborasi yang cukup usang denga negara- negara ASEAN. Salah satu tujuannya untuk memperkuat perdagangan yang ada dan juga kemkamuran antar negara-negara yang bekerja sama. Indonesia memberi tawaran kolaborasi harus semakin dekat pada bidang ekonomi berupa pertukaran barang da jasa. Dan juga kolaborasi yag lannya menyerupai halnya jasa transportasi darat dan laut. Indonesia telah mengirim beberapa tenaga kerja ke Malaysia, Singapura dan negara- negara yang lannya.

6. Menyelenggarakan KTT ASEAN yang Pertama Kali.

Indonesia mempunyai peranan penting dalam menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kalinya dilakukan. Indonesia juga merupakan tempat pertama kali dilaksanakan KTT tersebut. Bali yakni tempat nya. Sedangkan KTT sendiri merupakan wadah untuk bertemunya anggota-anggota ASEAN. Pertemuan KTT ini membahas apa saja yang menjadi masalah- problem penting yang harus di selesaikan oleh anggota ASEAN.  KTT yang di adakan di Indonesia juga masih berlanjut pada tahun 2011 yang lalu. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah. Kesepakatan yang di sanggup dari pertemuan tersebut yakni kesepakatan tempat bebas senjata Nuklir Asia Tenggra. Artinya negara-negara ASEAN tidak diperbolehkan mengembagkan, menciptakan ataupun membeli senjata Nuklir tersebut. Para anggota ASEAN setuju dalam hal nuklir tersebut tanpa terkecuali.

7. Terselenggaranya Pementasan Kesenian dan Budaya yang Ada di ASEAN.

Indonesia menganjurkan adanya pementasan seni dan budaya dalam lingkup ASEAN. Ini merupakan bab dari kolaborasi yang dilakukan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya. Ada beberapa karya anak bangsa yang ikut ditampilakn dalam kesenian tersebut. Salah satu moment untuk memperlihatkan kesenian dan budaya yang ada di ASEAN.