-->
Latihan Soal Tps Kecerdikan Budi Umum Utbk 2020 + Pembahasan
4/ 5 stars - "Latihan Soal Tps Kecerdikan Budi Umum Utbk 2020 + Pembahasan" Teks 1 (digunakan untuk menjawab soal 1-5) Mengkhawatirkan sekaligus mengenaskan. Kasus ijab kabul dini di Kabupaten Malang y...

Latihan Soal Tps Kecerdikan Budi Umum Utbk 2020 + Pembahasan




Teks 1 (digunakan untuk menjawab soal 1-5)
Mengkhawatirkan sekaligus mengenaskan. Kasus ijab kabul dini di Kabupaten Malang yang sempat beberapa tahun kemudian diperangi secara kontinyu oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ternyata efeknya tidak terlihat di lapangan. Angka ijab kabul dini di Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Tahun 2017, dari data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, tercatat 240 kasus. Meningkat tahun 2018 menjadi 264 kasus. Sedangkan data dari Pengadilan Agama (PA) Negeri Kabupaten Malang lebih tinggi lagi. Tahun 2017 terdapat masalah ijab kabul dini sebanyak 377 dan meningkat tahun 2018 menjadi 400 kasus. Data tersebut didasarkan pada permohonan keringanan nikah yang masuk ke PA Kabupaten Malang.


Dispensasi nikah yaitu sebuah regulasi bagi warga negara yang ingin menikah di bawah umur. Yakni di bawah 19 tahun untuk pria dan di bawah 16 tahun untuk wanita. Hal ini diatur dalam Pasal 7 ayat 2 UU Perkawinan 1974. Data DPPKB Kabupaten Malang semakin mengejutkan. Sejak 2016, masalah ijab kabul dini mencapai 6.425 dan 2017 mencapai 4.272 kasus. Kondisi tersebut diperparah dengan faktor ijab kabul dini yang terjadi di Kabupaten Malang. Salah satunya dikarenakan "kebobolan" atau hamil terlebih dahulu.

Hal ini dibenarkan oleh Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Malang, Irfan Hakim. "Ada peningkatan masalah ijab kabul dini. Ini tentunya mengkhawatirkan lantaran salah satu sebabnya yaitu hamil duluan sebelum nikah. Dan ini yang mendominasi adanya ijab kabul dini," ucapnya sambil memberikan data-data masalah ijab kabul dini tersebut. Faktor dijodohkan semenjak kecil serta budaya menikahkan anak-anak, masih berdasarkan Irfan, dari jumlah tersebut bahkan tidak ada. Artinya, masalah ijab kabul dini tersebut didominasi dua faktor. Yakni, sex bebas serta rasa takut orang bau tanah melihat anak-anaknya berpacaran begitu intim dan tidak bisa dipisahkan. "Dua faktor itu yang alhasil menciptakan ijab kabul dini terjadi. Bahkan Maret tahun 2019 ini sudah ada sekitar 41 pasangan nikah dini," ujarnya. Irfan juga mewanti-wanti seluruh orang bau tanah untuk lebih meragukan pergaulan bebas anak-anaknya di kurun segalanya begitu gampang di susukan melalui internet ini. "Orang bau tanah wajib waspada kondisi zaman ketika ini. Pornografi yang tersebar bebas dan gampang diakses siapa pun. Ini menciptakan anak-anak rusak dalam pergaulannya. Mereka akan coba-coba melaksanakan kekerabatan intim. Akibatnya, pihak perempuan hamil terlebih dahulu," urai Irfan.

Senada dengan yang disampaikan Lilik Muliana, ketua Pengadilan Agama (PA) Negeri Malang. Menurutnya, pengajuan keringanan nikah memang terbilang tinggi di wilayahnya. Lilik menjelaskan, pihaknya akan memperlihatkan keringanan sesuai regulasi apabila semuanya telah terpenuhi. "Syarat nikah itu usia minimal pria 19 tahun dan perempuan 16 tahun. Itu pun harus ada izin dari kedua orang tua. Kalau di belum dewasa dan terjadi kecelakaan duluan, maka izin dimasukkan ke pihak kita dulu," ujarnya. Persyaratan keringanan nikah yaitu surat penolakan dari KUA yang menjelaskan tak bisa dilangsungkannya perkawinan lantaran batas minimal usia pernikahan. Lalu, syarat lainnya yaitu KTP kedua orang tua, kartu keluarga dan sertifikat kelahiran kedua anak yang akan diajukan keringanan nikah. "Pada bulan Maret tahun ini sudah ada pengajuan keringanan nikah sebanyak 34 pasangan. Kebanyakan lantaran hamil duluan. Dimungkinkan akan naik terus jumlahnya," kata Lilik.

Lantas bagaimanakah dengan Pemkab Malang dalam problem tersebut? Persoalan yang tentunya tidak bisa didekati hanya dengan skala prioritas jadwal yang sekarang sedang dikejar oleh Pemkab Malang. Apalagi yang selalu terfokus pada jadwal kerja OPD gres bisa dianggarkan kalau bisa menghasilkan pendapatan orisinil kawasan (PAD). Bagaimana juga dengan nasib Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK) Insan Generasi Berencana (GenRe) yang dulu dijadikan garda depan memerangi ijab kabul dini tersebut, bahkan digadang-gadangkan bisa mencegah dan menurunkan jumlah masalah ijab kabul dini di Kabupaten Malang? Tentunya perlu ada kebijakan-kebijakan yang tidak hanya berkutat pada persoalan-persoalan kemiskinan, kesehatan, dan infrastruktur saja dengan kondisi faktual di depan mata tersebut.
Sumber : https://mamankdzgn.blogspot.com/search?q=latihan-soal-tps-kemapuan-memahami-bacaan-dan-menulis-utbk-2020-dan-pembahasannya" target="_blank">Latihan Soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis UTBK 2020 + Pembahasan
8. Berdasarkan paragraf 1, apa yang simpulan PALING MUNGKIN terjadi bila tidak ada HKI? 
A. Tidak ada seperangkat hukum untuk menghargai hak dan kekayaan intelektual.
B. Tidak ada situs dan konten yang diblokir.
C. Tidak ada hak yang dihargai.
D. Konten ilegal sanggup diakses dan merajarela.
E. Tidak ada laporan aduan ihwal konten negatif

9. Berdasarkan paragraf 3, pernyataan yang PALING BENAR ihwal indoxxi adalah? 
A. Akan menutup layanan pada awal tahun 2020.
B. Bisa diakses pada tahun 2020
C. Mendapat apresiasi lantaran menutup situs secara mandiri
D. Merupakan situs film bajakan yang paling terkenal.
E. Melanggar ketentuan HKI

10. Berdasarkan tabel Rekap Data Blokir Kategori Pelanggaran HKI, pada bulan dan tahun berapakah terjadi kenaikan pemblokiran tertinggi kedua?
A. Januari 2018 
B. Desember 2018
C. Juli 2019
D. September 2019
E. Desember 2019

11. Sebuah kelompok senam terdiri dari lima orang. Kemal lebih berat daripada Tifa. Tifa dan Astrid mempunyai berat yang sama. Astrid lebih ringan daripada Josua dan Farel. Josua mustahil menjadi yang terberat.
Berdasarkan data di atas, manakah dari pernyataan berikut yang niscaya benar? 
A. Tifa tidak lebih berat daripada Farel
B. Tifa lebih berat daripada Josua
C. Farel merupakan yang paling berat
D. Kemal merupakan yang paling berat
E. Kemal dan Josua mempunyai berat yang sama

12. Restoran Corola yang gres saja buka selama sebulan sedang melaksanakan pengecekan terhadap hasil penjualan banyak sekali jenis roti dan mendapat data sebagai berikut :
Setiap pembelian 1 buah Bagel, Croissant, dan Limpa diberikan diskon masing-masing 15%. Sedangkan setiap pembelian 1 buah Muffin dan Kulca diberikan diskon masing-masing 20%. Menu apakah yang memperlihatkan laba paling terbesar kedua di Restoran Corola?
A. Bagel
B. Croissant
C. Limpa
D. Muffin
E. Kulca

13. Ketika ulang tahun yang ke-11 Roberto dihadiahi sebuah puzzle yang setiap sisinya berbentuk segilima(seperti pada gambar). Setiap sisi dari puzzle tersebut berbeda warna. Jika dilihat dari depan hanya terlihat warna putih, merah, ungu, hijau, kuning, dan biru. Sedangkan ada sisi lain berbeda warna yang tidak terlihat dari gambar sejumlah p. Berapakah nilai dari (p2 + p) × p + p.....
A. 84
B. 222 
C. 258
D. 320
E. 504

14. Tanggal 14 Februari 2020 merupakan hari ulang tahun ibu Antum yang ke-48. Antum berencana membelikan hadiah cokelat untuk ibunya. Ketika datang di toko ada 5 opsi cokelat yang ditawarkan. Cokelat Belgia lebih anggun daripada cokelat Paris tetapi tidak lebih anggun daripada cokelat Arab. Cokelat Itali paling tidak anggun diantara yang lain. Cokelat Arab mempunyai ukuran paling besar dan manis. Cokelat Belgia lebih besar daripada cokelat Itali tetapi tidak lebih besar daripada cokelat Paris. Cokelat Paris mempunyai ukuran terbesar ketiga dan termanis ketiga. Ibu Antum tidak terlalu suka anggun dan Antum ingin membelikan cokelat yang besar. Opsi manakah yang sebaiknya dipilih?
A. Arab
B. Itali
C. Paris 
D. Korea
E. Belgia

15. 
4  2  6 7
5  4  9 6
2  5  x 5
Tentukan nilai x!
A. 3 
B. 5
C. 6
D. 8
E. 9

Jawaban dan Pembahasan

1. Jawaban D. Data ijab kabul dini di Malang oleh Kemenag dan PA berbeda
Pembahasan : 
A. Tidak sesuai dengan kalimat “…..beberapa tahun kemudian diperangi secara kontinyu oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ternyata efeknya tidak terlihat di lapang.”
B. Pada tahun 2018 memang meningkat tetapi tidak dijelaskan meningkat setiap tahun dari kapan. Tidak bisa diartikan ‘sejak dulu’.
C. Menurut kemenag benar tahun 2017 ada 240 masalah ijab kabul dini. Namun tanggapan kurang sempurna lantaran berdasarkan forum lain menyerupai PA angkanya berbeda lagi. Masih terjadi perbedaan perihal jumlah kasus(belum pasti).
D. “Tahun 2017, dari data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, tercatat 240 kasus. Meningkat tahun 2018 menjadi 264 kasus. Sedangkan data dari Pengadilan Agama (PA) Negeri Kabupaten Malang lebih tinggi lagi. Tahun 2017 terdapat masalah ijab kabul dini sebanyak 377 dan meningkat tahun 2018 menjadi 400 kasus”. Dari kalimat tersebut memperlihatkan bahwa pada oleh Menenag dan PA berbeda.
E. “Data tersebut didasarkan pada permohonan keringanan nikah yang masuk ke PA Kabupaten Malang.”. Seharusnya ‘PA’, bukan Kemenag.

2. Jawaban E. Data Kemenang mungkin saja meningkat pada tahun 2019
Pembahasan : 
A. Tidak ada kalimat atau data yang menerangkan tetang jumlah ijab kabul dini tahun 2020. Tidak bisa dipastikan.
B. Pada tahun 2015 justru meningkat.
C. 2014 = 7.732
2015 = 7.809
7.809 – 7.732 = 77
D. Data Kemenag meningkat pada tahun 2018 tetapi pada tahun 2019 belum bisa dipastikan meningkat atau turun. Sesuai kalimat “Bahkan Maret tahun 2019 ini sudah ada sekitar 41 pasangan nikah dini”. Data yang disebutkan gres hingga bulan Maret, tidak setahun penuh 2019.
E. Benar lantaran mungkin saja terjadi. Bahkan, pihak kemenag sempat kaget bahwa di Bulan Maret, angka ijab kabul dini telah mencapai 41. “Bahkan Maret tahun 2019 ini sudah ada sekitar 41 pasangan nikah dini”

3. Jawaban D. Hamil duluan sebelum nikah
Pembahasan : Dari kalimat pada paragraf 3 “Ada peningkatan masalah ijab kabul dini. Ini tentunya mengkhawatirkan lantaran salah satu sebabnya yaitu hamil duluan sebelum nikah. Dan ini yang mendominasi adanya ijab kabul dini” dan pada paragraph 4 "Pada bulan Maret tahun ini sudah ada pengajuan keringanan nikah sebanyak 34 pasangan. Kebanyakan lantaran hamil duluan. Dimungkinkan akan naik terus jumlahnya”.
A. Tidak sesuai
B. Tidak sesuai
C. Benar, tetapi bukan merupakan penyebab utama. Pergaulan bebas belum tentu menyebabkan hamil.
D. Paling tepat
E. Sama menyerupai opsi C

4. Jawaban B. Menurut data PA total ijab kabul dini tahun 2019 yaitu 41 kasus
Pembahasan : Opsi B salah lantaran 41 masalah bukan total yang terjadi pada tahun 2019, tetapi yang terjadi hingga bulan Maret 2019 saja. Opsi lain sesuai dengan bacaan.

5. Jawaban A. Prihatin terhadap problem ijab kabul dini di Malang
Pembahasan : Dari paragraf 5 secara keseluruhan memperlihatkan perilaku peduli dan prihatin pengarang terhadap problem ijab kabul dini di Malang.

6. Jawaban C. Konten pornografi merupakan aduan ihwal konten negatif yang paling banyak.
Pembahasan : 
A. Aduan : 431.065, Pornografi : 244.738, Fitnah : 57.984
431.065 - 244.738 – 57.984 = 128.343
Berarti ada sebanyak 128.343 aduan selain konten pornografi dan fitnah
B. ‘terdapat 431.065 aduan ihwal konten negatif, lebih banyak didominasi berupa aduan untuk konten pornografi sebanyak 244.738, diikuti konten yang memuat fitnah 57.984’. Dari serpihan kalimat tersebut diketahui bahwa konten fitnah merupakan aduan ihwal konten negatif paling banyak kedua sehabis konten pornografi. Bukan merupakan yang paling sedikit lantaran masih ada konten aduan jenis lain yang tidak disebutkan.
C. ‘terdapat 431.065 aduan ihwal konten negatif, lebih banyak didominasi berupa aduan untuk konten pornografi sebanyak 244.738’. Kata lebih banyak didominasi membuktikan paling banyak
D. ‘Sepanjang 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat terdapat 431.065 aduan ihwal konten negatif’. Baru mendapat laporan belum hingga memblokir situs sejumlah 431.065.
E. Tidak diterangkan pada paragraph 1 dan secara logika mustahil menghapus semua konten illegal tanpa terkecuali.

7. Jawaban C. Kominfo akan memblokir semua situs dan konten illegal yang melanggar ketentuan HKI.
Pembahasan : 
A. Tidak sanggup ditentukan. Kata semenjak dulu tidak bisa ditentukan rentang tahunnya sedangkan data yang ada hanya pada tahun 2017, 2018, dan 2019.
B. 2017 = 190, 2018 = 412, 2019 = 1143
190 + 412 = 602 
602 < 1143
C. ‘Kominfo menyatakan secara tegas akan memblokir situs ilegal menyerupai streaming film, musik dan yang lainnya lantaran dianggap melanggar ketentuan HKI’. Pernyataan sesuai.
D. Sejak tahun 2017 hingga 2019 Kominfo telah memblokir 1745 situs dan konten, bukan semenjak berdiri.
E. Tidak ada pada data.

8. Jawaban A. Tidak ada seperangkat hukum untuk menghargai hak dan kekayaan intelektual.
Pembahasan : "Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan, pemblokiran situs yang memuat konten bermuatan pelanggaran HKI ini dilakukan untuk menghargai hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki bangsa Indonesia ataupun negara lain," kata Kominfo……
Pilihan A mungkin dan sesuai dengan kalimat diatas.
Sementara pilihan B C D E tidak diterangkan pada paragraph 1.

9. Jawaban A. Akan menutup layanan pada awal tahun 2020.
Pembahasan : 
A. ‘pengelola situs Indoxxi menyatakan akan menutup layanan mereka per tanggal 1 Januari 2020’. Pernyataan sesuai.
B. C. D. tidak sesuai dengan bacaan
E. Sesuai dengan bacaan secara keseluruhan, tapi di soal hanya diminta berdasarkan paragraf 3.

10. Jawaban B. Desember 2018
Pembahasan : Kenaikan paling tinggi terjadi pada Desember 2019 (534 – 76 = 458), disusul pada Desember 2018 (116 – 0 = 116).

11. Jawaban A. Tifa tidak lebih berat daripada Farel
Pembahasan : Dari data didapat beberapa kemungkinan sebagai berikut,
(diurutkan dari yang terberat dari kiri)
A niscaya benar, B salah, sedangkan C D E bisa benar bisa salah.

12. Jawaban A. Bagel
Pembahasan : 
Bagel = 20.000 x 85% = 17.000 → 17.000-14.000 = 3.000 → 3000 x 150 = Rp450.000 (terbesar ke-2)
Croissant = 21.000 x 85% = 17.850 → 17.850-15.000 = 2850 → 2850 x 160 = Rp456.000 (terbesar)
Limpa = 16.000 x 85% = 13.600 → 13.600-12.000 = 1600 → 1600 x 250 = Rp400.000
Muffin = 28.000 x 80% = 22.400  22.400-20.000 = 2400 → 2400 x 180 = Rp432.000
Kulca = 25.000 x 80% = 20.000  20.000-18.000 = 2000 → 2000 x 200 = Rp400.000

13. Jawaban C. 258
Pembahasan : Sisi warna lain yang tidak terlihat sama menyerupai yang terlihat, yaitu 6 sisi. Dapat dibuktikan dari jaring-jaring bangunnya.
(6.2 + 6) × 6 + 6 = (36 + 6) × 6 + 6 = 42 × 6 + 6 = 252 + 6 = 258

14. Jawaban D. Korea
Pembahasan : Opsi yang paling sempurna yaitu coklat Korea lantaran tidak terlalu manis(urutan ke-4) dan ukuran tidak mengecewakan besar(urutan ke-2)

15. Jawaban B. 5
Pembahasan : 
42 ÷ 6 = 7
54 ÷ 9 = 6
25 ÷ x = 5
jadi, x = 5


Sumber https://yuanizen.blogspot.com/