-->
Komunikasi Pada Jaringangan Komputer Dan Telepon
4/ 5 stars - "Komunikasi Pada Jaringangan Komputer Dan Telepon" Komunikasi Pada Jaringan Komputer  Jaringan komputer yaitu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertuka...

Komunikasi Pada Jaringangan Komputer Dan Telepon



Komunikasi Pada Jaringan Komputer 

Jaringan komputer yaitu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer yaitu biar sanggup mencapai tujuannya, setiap bab dari jaringan komputer sanggup meminta dan menawarkan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien  dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server.
Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan dipakai pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Cara Kerja

  • Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat / memancar dengan prinsip kerja jaringan komputer.
  • Agar suatu jaringan sanggup saling bertukar isu data, diperlakukan suatu alat yang disebut modem (modulator demodulator) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, maupun sebaliknya.
Ada 4 komponen utama pada komunikasi jaringan komputer
  1. Sender : suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan memakai informasi. 
  2.  Protokol : sebuah hukum atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. 
  3. Media transmisi : media yang menghubungkan antara pengirim dan akseptor isu (data), alasannya yaitu jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan arahan inilah yang akan dimanipulasi dengan banyak sekali macam cara untuk diubah kembali menjadi data 
  4. Receiver : Receiver (penerima pesan) yaitu pihak yang menjadi target pesan yang dikirimkan oleh sumber (komunikator). Pertama tama sender mengirimkan sinyal isu menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver dalam hal ini protokol sanggup di istilahkan menyerupai penerjemah isu data. 

Komunikasi Pada Jaringan Telepon 

 A.  Jaringan Telepon Kabel 

Telepon kabel memakai sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya sanggup berfungsi .

Cara kerja telepon kabel :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 
  • Microphone mengubah gelombang bunyi menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon 
  • Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke sentra telekomomunikasi 
  • Dari sentra telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima 
  • Setelah hingga ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang bunyi oleh alat yang disebut speaker. 

 B. Jaringan Telepon Seluler 

Telepon seluler memakai sistem wireless. pengirim dan akseptor harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.

Cara kerja telepon seluler :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 
  • Microphone mengubah gelombang bunyi menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat 
  • Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke sentra telekomunikasi 
  • Dari sentra telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima.
  • Setelah hingga kepada akseptor , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang bunyi oleh alat yang disebut speaker.