Para kaum awam yang belum mengerti wacana dunia internet niscaya masih aneh dengan sebutan SEO, ibarat kita ketika pertama kali mendengan apa itu sosial network (jejaring sosial) dan chat/chatting. Tetapi kalau para pecinta dunia internet tidak aneh lagi dengan apa ituSEO.
SEO yaitu abreviasi kata dari bahasa inggris yaituSearch Engine Optimization. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya yaitu pengoptimalisasian pada mesin pencari. Tetapi niscaya banyak orang bertanya, mesin pencari apa? apa yang dioptimalisasikan? dan apa itu friendly?
SEO merupakan sebuah aktivitas komputer yang dirancang untuk membantu seseorang dalam mencari sesuatu ibarat website, layanan produk, informasi, file, dan masih banyak yang lainnya.
Mesin pencari itu sendiri mengumpulkan warta yang bersumber dari internet kemudian mengelompokan, mengurutkan, dan membaginya dari banyak sekali sisi. Mesin pencari ini memakai sistem database dan memakai aturan-aturan algoritma. Maka dari itu fungsinya ketika seseorang mencari atau mengetikan di mesin pencari, mesin pencari akan menampilkan suatu hasil yang cukup cepat dan sempurna sesuai dengan apa yang anda cari.
Apa yang dioptimalisasikan?
Dalam suatu penataan dalam mesin pencari, pengelompokan ini terdiri dari banyak sekali kriteria. Dan kriteria ini akan diurutkan sesuai dengan kondisi atau kualitas suatu data tersebut. Maka semakin manis data yang diperoleh maka mesin pencari akan lebih mengutamakan data dengan kualitas yang cukup manis untuk ditampilkan. Di sinilah tugas pengoptimalisasian berguna, supaya data yang kita inputkan kedalam internet memenuhi persyaratan mesin mencari dan mendapat kualitas yang cukup manis supaya data kita diutamakan dalam mesin pencari.
Friendly disini dalam bahasa indonesia berarti “bersahabat”. Maka dari itu friendly dalam SEO maka artinya erat dengan mesin pencari mana saja. Dan apabila data yang kita inputkan kedalam internet itu dalam kategori friendly SEO maka data kita akan diutamakan dalam mesin pencari dan menaikan rating data kita.
Nah gimana udah paham belum ?