-->
Keutamaan Sholawat Ummy Serta Faedah-Nya
4/ 5 stars - "Keutamaan Sholawat Ummy Serta Faedah-Nya" Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh? Mari membaca Sholawat Ummy Sholawat yang begitu di anjurkan Nabiyullah Muhammad Shalallah...

Keutamaan Sholawat Ummy Serta Faedah-Nya




 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh KEUTAMAAN SHOLAWAT UMMY SERTA FAEDAH-NYA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh?

Mari membaca Sholawat Ummy Sholawat yang begitu di anjurkan Nabiyullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Sholawat Ummy yakni Sholawat dengan kalimah yang pendek, dan simpel gampang dihafal dan diamalkan, mengenai penyusunya atau pembuat karya-nya saya belum tahu apakah? ini Sholawat Ma'tsurah atau Goiru Ma'tsurah.. hanya ada yang menuliskan bahwa sholawat ini karya Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra, itupun saya belum tahu pastinya. Terlebih dahulu kita lihat dulu Lafadz Sholawatnya


اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma sholli'alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a'laa alihi wa shohbihi wasillam

Artinya :

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak sanggup membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Perhatian!

Pengertian dari lafadz (Ummy), jikalau di terjemahan yaitu (tidak sanggup membaca dan menulis) hal itu jangan kita artikan bahwa Rosulullah SAW tidak sanggup membaca dan menulis ibarat kita sekarang, alasannya Al Musthafa Muhammad SAW Manusia yang paling tepat utusan Yang Mahakuasa kepintarannya melebihi andal baca tulis.


Keterangan Hadits dan Fadilah Sholawat Ummy:

Dari keterangan-keterangan Rosulullah SAW, Sholawat Ummy memiliki keutamaan yang sangat luarbiasa beberapa keutamaannya dikatakan eksklusif olehnya:

Rosulullah SAW bersabda : "Barang siapa sholat ashar dihari Jum'at kemudian sebelum bangkit dari tempatnya ia membaca "ALLAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADIN UMMYYI WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMAN" delapan puluh kali (80 x) maka akan diampuni baginya dosa delapan puluh tahun, dan dicatat baginya ibadah delapan puluh tahun" (HR. Al-Baihaqi)

Menurut keterangan hadits Nabi

Muhammad SAW Bersabda : Barang siapa bersholawat atasku 1000 x (seribu kali) pada hari Jum'at dengan ucapan : "ALLAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMYI" maka dia akan melihat Rab-nya (Tuhannya) diwaktu malam atau Nabinya atau melihat tempatnya di surga. Jika tidak melihatnya lakukan hal itu dua jum'at, atau tiga jum'at, atau lima jum'at".
(Kitab At Tuhfah Al-Maldriyyah Fil-Akhbaril Qudsiyyah Wal-Ahaditsin-Nabawiyyah - As-Syikh-Abdul Majid Al-'Adawiy)

Dari Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra berkata: "Barang siapa membaca secara rutin sighat sholawat tersebut dalam sehari atau dimalam jum'at sebanyak 500 x (limaratus kali) maka dia tidak akan mati sebelum berkumpul bersama Nabi SAW dialam positif / keadaan sadar ( terjaga ).

Syekh Yusuf An-Nabhani menambahkan dan menandakan : "Apabila sholawat tersebut berfaedah untuk melihat Nabi SAW dialam positif , tentunya sholawat tersebut lebih berfaedah lagi untuk melihat dia didalam tidur."

Ada satu Cerita : Khollad bin Katsier dikala dia sedang naza akan mati tiba-tiba didapatkan dibawah kepalanya surat yang tertulis di dalamnya :
"ini tanda kebesaran api neraka bagi Khollad bin Katsier"
dan dikala ditanyakan pada istrinya :
" apakah amal yang biasa di lakukan Khollad"
Jawab Istrinya
"Dia biasa membaca sholawat ALLAHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN NABIYIL UMMYYI setiap hari Jum'at 1000 x (seribu kali)". (Dari Kitab Irsyadul 'Ibad Ilasabilirrosayad)

Wallahu..'alam..

Al-fakir Ijazahkan amalan-amalan Sholawat Ummyi ini bagi yang mau mengamalkannya dan ambil Hikmahnya.

Pesan penulis..

Kawanku semua..

Ada aneka macam keterangan dalam hadist mengenai Shalawat kepada Nabi Al-Musthafa SAW, disamping kutamaan dan manfaatnya, juga adanya peringatan! dan bahkan 'kecaman' terhadap mereka yang enggan mengucapkan.

Hadist-hadits diatas yang mengenai kemuliaan Shalawat kepada Nabi dan faedah bagi orang yang mengamalkan, memang sangat menciptakan kita ingin melakukannya untuk hal itu namun ingat! yang terutama bagi kita semua sebagai Hamba Yang Mahakuasa dan Umat Nabi Muhammad SAW membaca sholawat bukan hanya meng harap fadilah dan keutamaan-nya tetapi bersholawat semoga Istiqomqh jadikan ritin, membiasakan diri kita semoga selalu, mendo'a kan pada Rosulullah, sebagai rasa cinta kita padanya.

Masih banyak memang yang ingin dan maunya di sampaikan di sini cuma, yang sedikit mudah-mudahan tidak gampang di lupakan.

Semoga saja kita selalu terus bersholawat atas Nabi berapa kalipun, dan sholawat apun itu yang penting kita Ikhlash membacanya.

Semoga bermanfa'at.

Wassalamualaiku..wr.wb!