-->
Psikologi Perkembangan Anak - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Psikologi Perkembangan Anak - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Psikologi Perkembangan Anak Lengkap Jawaban Pada usia 10 bulan, Loli sudah sanggup bicara sepatah kat...

Psikologi Perkembangan Anak - Soal Dan Jawaban



Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Psikologi Perkembangan Anak Lengkap Jawaban
  1. Pada usia 10 bulan, Loli sudah sanggup bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia sudah sanggup mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan pola dari adanya efek .... 
    a. Periode kritis 
    b. Nonnormatif 
    c. Normatif berdasarkan sejarah 
    d. Normatif berdasarkan usia 
  2. Dari ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohkan dengan .... 
    a. Memasukkan Loli ke kelompok bermain pada usia 3 tahun 
    b. Mengajak Loli bicara semenjak ia masih bayi 
    c. Membawa Loli dan keluarga besarnya ke Amerika 
    d. Memperkenalkan Loli dengan bahasa Inggris di kelompok bermain
  3. Tahun ini, Bu Linda akan memasukkan Muti yang ketika ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa ketika ini Muti sedang berada pada tahap .... 
    a. Usia sekolah 
    b. Masa kanak-kanak awal 
    c. Toddlerhood 
    d. Masa bayi 
  4. Bayi di awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk menciptakan Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessie memahami kebutuhan anaknya dari sudut pandang.... 
    a. Fisiologis 
    b. Psikologis 
    c. Fisiologis dan psikologis 
    d. Semua pilihan tidak tepat
  5. Dengan pengetahuannya yang baik ihwal angkasa luar, Farhan sering diminta oleh teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek .... 
    a. Fisik dan kognitif 
    b. Fisik dan psikososial 
    c. Kognitif dan psikososial 
    d. Fisik, kognitif, dan psikososial
  6. Masalah yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah dilema .... 
    a. Kesehatan 
    b. Keberanian bertindak 
    c. Makanan dan tidur 
    d. Kepercayaan diri
  7. Pictorial Stage ialah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasi pada usia .... 
    a. 2 -3 tahun 
    b. 4 -5 tahun 
    c. 5 -6 tahun 
    d. Diatas 6 tahun 
  8. Manfaat bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Anak sanggup mengembangkan kekuatan 
    b. Melatih keterampilan fisik motorik 
    c. Eksplorasi terhadap lingkungan 
    d. Menjadi pemenang 
  9. Kegiatan yang sanggup mengembangkan kemandirian antara lain ....
    a. Menjahit 
    b. Makan sendiri 
    c. Berjalan dibalik tirai 
    d. Melipat kertas 
  10. Dampak sosial dari kematangan yang dicapai anak ialah .... 
    a. Berkembangnya sejumlah keterampilan gres pada anak 
    b. Makin terorganisirnya kepribadian anak 
    c. Meningkatnya kesadaran diri terhadap evaluasi orang lain 
    d. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
  11. Apa yang Anda ketahui ihwal perkembangan emosi anak.... 
    a. Emosi sudah ada, tidak perlu diajarkan kepada anak 
    b. Anak lahir tidak mempunyai emosi, jadi harus diajarkan 
    c. Emosi tidak diperlukan 
    d. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi 
  12. Yang bukan merupakan anak dalam situasi ialah ....
    a. Korban kerusuhan 
    b. Korban peristiwa alam 
    c. Yang menjadi pengungsi
    d. Yang tertabrak mobil 
  13. Pasal 53 Pasal 1 memuat ihwal .... 
    a. Perlindungan terhadap anak dalam kondisi darurat 
    b. Batasan usia pada anak 
    c. Hak perkawinan 
    d. Tanggung jawab pemerintah dalam memperlihatkan tunjangan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di daerah terpencil 
  14. Anak di bawah usia 3 tahun mempunyai bentuk badan yang tidak proporsional, di mana bab atas lebih besar dibandingkan dengan bab bawah tubuh. Hal tersebut sesuai dengan prinsip .... 
    a. Pertumbuhan otak dan tulang 
    b. Cephalocaudal 
    c. Proximodistal 
    d. Centralisasi 
  15. Cara yang paling gampang untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak ialah dengan cara sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua 
    b. Pola makan dan nutrisi 
    c. penyakit yang diderita anak 
    d. Lingkungan daerah anak berada 
  16. Setiap hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan acara sarapan bersama. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak, ialah .... 
    a. Fisiologis 
    b. Rasa aman 
    c. Cinta dan perasaan menjadi bagian 
    d. Penghargaan 
  17. Tiga pembagian besar faktor protektif dan faktor risiko mencakup hal-hal berikut ini, kecuali....
    a. Faktor herediter 
    b. Karakteristik individu 
    c. Keluarga 
    b. Lingkungan 
  18. Berikut ini ialah pola diri keluarga sebagai faktor ptotektif atau risiko kecuali .... 
    a. Keluarga utuh atau keluarga bercerai 
    b. Lingkungan daerah tinggal keluarga 
    c. Ada-tidaknya ikatan yang berpengaruh antara anak dengan minimal salah satu dari orang tuanya 
    d. Ada-tidaknya kekerasan dalam rumah rumah tangga 
  19. Gambaran diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali .... 
    a. "Gigi saya ompong dua" 
    b. "Mata saya bulat" 
    c. "Kulit saya sawo matang" 
    d. "Saya gemar melompat dan berlari" 
  20. Sahabat bagi anak usia kanak-kanak awal ialah sebagai berikut, kecuali sahabat .... 
    a. Berbagi cerita 
    b. Bermain masak-masakan 
    c. Yang bahagia melaksanakan acara bersama anak 
    d. Saling meminjam mainan
  21. Setiap hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya masing-masing. Apa yang dilakukan guru ialah dalam rangka meningkatkan .... 
    a. Pemahaman diri 
    b. Tanggung jawab terhadap diri 
    c. Perilaku sosial 
    d. Sosialisasi 
  22. Kegiatan-kegiatan yang sanggup meningkatkan pemahaman diri anak ialah .... 
    a. Pergi berkunjung ke panti asuhan 
    b. Membacakan buku cerita 
    c. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas 
    d. Belajar dalam kelompok 
  23. Hal yang menerangkan bagaimana individu berprilaku terhadap orang lain dalam hidupnya ...
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  24. Ketika di pasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen abang yang sudah habis, tapi Ani juga minta dbelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menandakan Ani berada pada tahap .... 
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  25. Disekolah, Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau menyebarkan mainan dengan sahabat lainnya. Tindakan yang dilakukan Ani termasuk ....
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  26. Selanjutnya, anak sanggup berpikir secara ..... mengenai gosip moral sejalan dengan perkembangan usianya.
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  27. Teori Vygotsky dikenal sebagai teori yang bersifat .... 
    a. Kontekstualis 
    b. Deduktif 
    c. Induktif 
    d. Model 
  28. Apabila interaksi anak dengan orang sampaumur atau sahabat sebaya yang lebih kompeten tidak mencapai tahap internalisasi maka pemahaman anak .... 
    a. Tetap bisa mencapai yang potensial 
    b. Mencapai tahap aktual 
    c. Mencapai yang faktual dan potensial 
    d. Tidak sanggup mencapai yang aktual 
  29. Pola sikap terorganisasi yang merefleksikan cara berinteraksi tertentu dengan lingkungan tersebut .... 
    a. Refleks 
    b. Perilaku bawaan 
    c. Asimilasi 
    d. Skema 
  30. Nabil bercerita pada ibunya bahwa pohon melambai-lambai kalau tertiup angin. Penjelasan mengenai insiden alam berdasarkan sikap insan oleh Piaget disebut budi sehat ....
    a. Deduktif 
    b. Induktif 
    c. Semilogisme 
    d. Transduktif 
  31. Burung beo Pak Amat sanggup mengucapkan "selamat datang" pada setiap tamu yang tiba ke rumah Pak Amat. Dalam hal ini terjadi proses yang dinamakan penguasaan .... 
    a. Bahasa tanpa bicara 
    b. Bahasa dan bicara 
    c. Bicara tanpa bahasa 
    d. Yang salah dari bicara dan bahasa 
  32. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sanggup mensugesti perkembangan bahasa pada anak. Pengaruh lingkungan pada anak dimulai pada waktu .... 
    a. Anak masih bayi 
    b. Anak masih berada di perut ibu/sebelum melahirkan 
    c. Usia balita 
    d. Remaja dewasa
  33. Ada banyak pihak yang membantu perkembangan bahasa anak. Pada usia 4-6 tahun, dibandingkan dengan usia lain, siapa yang paling banyak terlibat dalam perkembangan bahasa ini? 
    a. Orang bau tanah di rumah 
    b. Guru di sekolah 
    c. Teman sebaya 
    d. Pengasuh 
  34.  Seorang anak yang mempunyai IQ kurang mengalami kesulitan bahasa ekspresi alasannya hal sebagai berikut, kecuali ....
    a. Malu mengungkapkan perasaan 
    b. Tidak tahu cara mengungkapkannya 
    c. Sulit memilih kata yang tepat 
    d. Perlu waktu cukup usang untuk berfikir dibandingkan yang lain 
  35. Selain bicara, apakah hal lain yang penting dalam dasar perkembangan bahasa ana prasekolah
    a. Mendengar 
    b. Menulis 
    c. Menganalisis
    c. Mengarang 
  36. Esensi terpenting beri anak dimana ia harus membereskan sisa-sisa material yang ada ialah agar .... 
    a. Bersih 
    b. Guru tidak capek 
    c. Anak mencar ilmu untuk bertanggung jawab dengan tugasnya 
    d. Anak tidak jatuh
  37. Apabila guru tidak bisa bernyanyi, apa yang harus dilakukannya? 
    a. Tetap mengajarkan seni dengan tunjangan kaset/CD lagu. 
    b. Tetap bernyanyi dengan bunyi yang fals 
    c. Tidak mengajarkan seni 
    d. Meminta anak saja yang bernyanyi 
  38. Peranan bermain yang sempurna berdasarkan Freud ialah .... 
    a. Meredakan rasa cemas pada anak 
    b. Mengatasi dilema anak 
    c. Menanamkan nilai positif pada anak 
    d. Mengembangkan kemudahan anak 
  39. Kegiatan anak merepresentasikan pengalaman faktual atau khayalnya melalui penggunaan objek, gerakan, dan bahasa terjadi pada tahap bermain .... 
    a. Sensorimotor 
    b. Simbolik 
    c. Sosial 
    d. Olahraga 
  40. Menurut Papalia secara garis besar acara bermain dikelompokkan dalam tiga kategori, kecuali bermain .... 
    a. Peran 
    b. Konstruktif 
    c. Khayalan 
    d. Fungsional
  41. Bermain simbolik mulai dialami anak pada tahap perkembangan .... 
    a. Sensorimotor 
    b. Praoperasional 
    c. Akhir sensorimotor 
    d. Akhir praoperasional 
  42. Hasil penelitian menandakan bahwa anak wanita yang mempunyai hormon androgen dalam kadar tinggi akan kecuali .... 
    a. Tidak suka bermain boneka 
    b. Lebih pasif 
    c. Tidak bahagia menjaga adik 
    d. Lebih mendominasi 
  43. Berikut ini ialah cara mencar ilmu yang sanggup diberikan untuk anak yang mempunyai gaya mencar ilmu kinestetik, kecuali meminta anak untuk .... 
    a. Meraba permukaan yang halus dan kasar 
    b. Berjalan dengan dan tanpa mata tertutup guna mencar ilmu memahami belum dewasa yang kurang beruntung (buta) 
    c. Berlari pelan, kemudian cepat, dan mencicipi perbedaan yang terjadi dalam napas dan denyut nadi
    d. Mengamati gerakan banyak sekali binatang 
  44. Seorang anak memperlihatkan gejala lebam di wajah dan tangannya. Ada kemungkinan anak tersebut mengalami .... 
    a. Pengabaian 
    b. Penganiayaan secara emosional 
    c. Penganiayaan secara seksual 
    d. Penganiayaan secata fisik 
  45. Berikut ini pernyataan yang benar ihwal budaya, kecuali .... 
    a. Budaya yang berbeda mempunyai norma-norma yang berbeda pula dalam banyak sekali hal 
    b. Nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan norma dari budaya yang lain
    c. Adanya perbedaaan budaya sanggup menyebabkan terjadinya kesalahan interpretasi terhadap sikap anak 
    d. Budaya mensugesti cara seseorang berpikir dan berinteraksi dengan orang lain 
  46. Kegiatan yang sanggup dilakukan guru dalam meningkatkan phonological awareness antara lain .... 
    a. Bermain peran 
    b. Game tebak kata 
    c. Story tellng 
    d. Syair 
  47. Pertanyaan dibawah ini yang tidak termasuk definisi dari seni secara umum ialah .... 
    a. Selalu merupakan sesuatu yang indah 
    b. Hanya sanggup dinikmati sendiri 
    c. Merupakan hasil eksplorasi terhadap lingkungannya 
    d. Hasilnya sanggup dinikmati oleh orang banyak 
  48. Pada usia berapa insan mulai bereaksi terhadap suara? 
    a. Saat masih di dalam kandungan, berusia 2 bulan 
    b. Saat masih di dalam kendungan, berusia 7 bulan 
    c. Saat dilahirkan 
    d. Pada ketika masuk TK
  49. Mulai usia 2 tahun, tahapan anak dalam menggambar ialah .... 
    a. Scribbling 
    b. Tadpole 
    c. Menggambar orang dengan lengkap 
    d. Tidak ada tahapan untuk usia 2 tahun
  50. Elemen gerakan ialah sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Kontrol tubuh
    b. Area yang digunakan 
    c. Kekuatan gerakan 
    d. Kognisi 
Kunci Jawaban:
  1. d. Normatif berdasarkan usia 
  2. b. Mengajak Loli bicara semenjak ia masih bayi 
  3. b. Masa kanak-kanak awal 
  4. c. Fisiologis dan psikologis
  5. c. Kognitif dan psikososial 
  6. c. Makanan dan tidur 
  7. b. 4 -5 tahun 
  8. d. Menjadi pemenang 
  9. b. Makan sendiri 
  10. d. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
  11. d. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi 
  12. d. Yang tertabrak mobil 
  13. d. Tanggung jawab pemerintah dalam memperlihatkan tunjangan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di daerah terpencil 
  14. b. Cephalocaudal 
  15. a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua 
  16. a. Fisiologis
  17. a. Faktor herediter 
  18. b. Lingkungan daerah tinggal keluarga 
  19. d. "Saya gemar melompat dan berlari" 
  20. a. Berbagi cerita
  21. b. Tanggung jawab terhadap diri 
  22. c. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas 
  23. a. Perkembangan moral
  24. b. Excahange of favors
  25. c. Transgresi moral
  26. d. Fleksibel
  27. d. Model 
  28. c. Mencapai yang faktual dan potensial 
  29. a. Refleks 
  30. a. Deduktif 
  31. c. Bicara tanpa bahasa 
  32. b. Anak masih berada di perut ibu/sebelum melahirkan 
  33. c. Teman sebaya 
  34. a. Malu mengungkapkan perasaan 
  35. a. Mendengar 
  36. c. Anak mencar ilmu untuk bertanggung jawab dengan tugasnya
  37. d. Meminta anak saja yang bernyanyi 
  38. a. Meredakan rasa cemas pada anak
  39. b. Simbolik 
  40. a. Peran 
  41. c. Akhir sensorimotor 
  42. b. Lebih pasif 
  43. d. Mengamati gerakan banyak sekali binatang 
  44. d. Penganiayaan secata fisik 
  45. b. Nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan norma dari budaya yang lain
  46. d. Syair 
  47. b. Hanya sanggup dinikmati sendiri 
  48. b. Saat masih di dalam kendungan, berusia 7 bulan 
  49. a. Scribbling 
  50. d. Kognisi