Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Psikologi Perkembangan Anak Lengkap Jawaban
- Pada usia 10 bulan, Loli sudah sanggup bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia sudah sanggup mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan pola dari adanya efek ....a. Periode kritisb. Nonnormatifc. Normatif berdasarkan sejarahd. Normatif berdasarkan usia
- Dari ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohkan dengan ....a. Memasukkan Loli ke kelompok bermain pada usia 3 tahunb. Mengajak Loli bicara semenjak ia masih bayic. Membawa Loli dan keluarga besarnya ke Amerikad. Memperkenalkan Loli dengan bahasa Inggris di kelompok bermain
- Tahun ini, Bu Linda akan memasukkan Muti yang ketika ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa ketika ini Muti sedang berada pada tahap ....a. Usia sekolahb. Masa kanak-kanak awalc. Toddlerhoodd. Masa bayi
- Bayi di awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk menciptakan Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessie memahami kebutuhan anaknya dari sudut pandang....a. Fisiologisb. Psikologisc. Fisiologis dan psikologisd. Semua pilihan tidak tepat
- Dengan pengetahuannya yang baik ihwal angkasa luar, Farhan sering diminta oleh teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek ....a. Fisik dan kognitifb. Fisik dan psikososialc. Kognitif dan psikososiald. Fisik, kognitif, dan psikososial
- Masalah yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah dilema ....a. Kesehatanb. Keberanian bertindakc. Makanan dan tidurd. Kepercayaan diri
- Pictorial Stage ialah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasi pada usia ....a. 2 -3 tahunb. 4 -5 tahunc. 5 -6 tahund. Diatas 6 tahun
- Manfaat bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain sebagai berikut, kecuali ....a. Anak sanggup mengembangkan kekuatanb. Melatih keterampilan fisik motorikc. Eksplorasi terhadap lingkungand. Menjadi pemenang
- Kegiatan yang sanggup mengembangkan kemandirian antara lain ....a. Menjahitb. Makan sendiric. Berjalan dibalik tiraid. Melipat kertas
- Dampak sosial dari kematangan yang dicapai anak ialah ....a. Berkembangnya sejumlah keterampilan gres pada anakb. Makin terorganisirnya kepribadian anakc. Meningkatnya kesadaran diri terhadap evaluasi orang laind. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
- Apa yang Anda ketahui ihwal perkembangan emosi anak....a. Emosi sudah ada, tidak perlu diajarkan kepada anakb. Anak lahir tidak mempunyai emosi, jadi harus diajarkanc. Emosi tidak diperlukand. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi
- Yang bukan merupakan anak dalam situasi ialah ....a. Korban kerusuhanb. Korban peristiwa alamc. Yang menjadi pengungsid. Yang tertabrak mobil
- Pasal 53 Pasal 1 memuat ihwal ....a. Perlindungan terhadap anak dalam kondisi daruratb. Batasan usia pada anakc. Hak perkawinand. Tanggung jawab pemerintah dalam memperlihatkan tunjangan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di daerah terpencil
- Anak di bawah usia 3 tahun mempunyai bentuk badan yang tidak proporsional, di mana bab atas lebih besar dibandingkan dengan bab bawah tubuh. Hal tersebut sesuai dengan prinsip ....a. Pertumbuhan otak dan tulangb. Cephalocaudalc. Proximodistald. Centralisasi
- Cara yang paling gampang untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak ialah dengan cara sebagai berikut, kecuali ....a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tuab. Pola makan dan nutrisic. penyakit yang diderita anakd. Lingkungan daerah anak berada
- Setiap hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan acara sarapan bersama. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak, ialah ....a. Fisiologisb. Rasa amanc. Cinta dan perasaan menjadi bagiand. Penghargaan
- Tiga pembagian besar faktor protektif dan faktor risiko mencakup hal-hal berikut ini, kecuali....a. Faktor herediterb. Karakteristik individuc. Keluargab. Lingkungan
- Berikut ini ialah pola diri keluarga sebagai faktor ptotektif atau risiko kecuali ....a. Keluarga utuh atau keluarga berceraib. Lingkungan daerah tinggal keluargac. Ada-tidaknya ikatan yang berpengaruh antara anak dengan minimal salah satu dari orang tuanyad. Ada-tidaknya kekerasan dalam rumah rumah tangga
- Gambaran diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali ....a. "Gigi saya ompong dua"b. "Mata saya bulat"c. "Kulit saya sawo matang"d. "Saya gemar melompat dan berlari"
- Sahabat bagi anak usia kanak-kanak awal ialah sebagai berikut, kecuali sahabat ....a. Berbagi ceritab. Bermain masak-masakanc. Yang bahagia melaksanakan acara bersama anakd. Saling meminjam mainan
- Setiap hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya masing-masing. Apa yang dilakukan guru ialah dalam rangka meningkatkan ....a. Pemahaman dirib. Tanggung jawab terhadap diric. Perilaku sosiald. Sosialisasi
- Kegiatan-kegiatan yang sanggup meningkatkan pemahaman diri anak ialah ....a. Pergi berkunjung ke panti asuhanb. Membacakan buku ceritac. Menggambar diri sendiri di sehelai kertasd. Belajar dalam kelompok
- Hal yang menerangkan bagaimana individu berprilaku terhadap orang lain dalam hidupnya ...a. Perkembangan moralb. Excahange of favorsc. Transgresi morald. Fleksibel
- Ketika di pasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen abang yang sudah habis, tapi Ani juga minta dbelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menandakan Ani berada pada tahap ....a. Perkembangan moralb. Excahange of favorsc. Transgresi morald. Fleksibel
- Disekolah, Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau menyebarkan mainan dengan sahabat lainnya. Tindakan yang dilakukan Ani termasuk ....a. Perkembangan moralb. Excahange of favorsc. Transgresi morald. Fleksibel
- Selanjutnya, anak sanggup berpikir secara ..... mengenai gosip moral sejalan dengan perkembangan usianya.a. Perkembangan moralb. Excahange of favorsc. Transgresi morald. Fleksibel
- Teori Vygotsky dikenal sebagai teori yang bersifat ....a. Kontekstualisb. Deduktifc. Induktifd. Model
- Apabila interaksi anak dengan orang sampaumur atau sahabat sebaya yang lebih kompeten tidak mencapai tahap internalisasi maka pemahaman anak ....a. Tetap bisa mencapai yang potensialb. Mencapai tahap aktualc. Mencapai yang faktual dan potensiald. Tidak sanggup mencapai yang aktual
- Pola sikap terorganisasi yang merefleksikan cara berinteraksi tertentu dengan lingkungan tersebut ....a. Refleksb. Perilaku bawaanc. Asimilasid. Skema
- Nabil bercerita pada ibunya bahwa pohon melambai-lambai kalau tertiup angin. Penjelasan mengenai insiden alam berdasarkan sikap insan oleh Piaget disebut budi sehat ....a. Deduktifb. Induktifc. Semilogismed. Transduktif
- Burung beo Pak Amat sanggup mengucapkan "selamat datang" pada setiap tamu yang tiba ke rumah Pak Amat. Dalam hal ini terjadi proses yang dinamakan penguasaan ....a. Bahasa tanpa bicarab. Bahasa dan bicarac. Bicara tanpa bahasad. Yang salah dari bicara dan bahasa
- Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sanggup mensugesti perkembangan bahasa pada anak. Pengaruh lingkungan pada anak dimulai pada waktu ....a. Anak masih bayib. Anak masih berada di perut ibu/sebelum melahirkanc. Usia balitad. Remaja dewasa
- Ada banyak pihak yang membantu perkembangan bahasa anak. Pada usia 4-6 tahun, dibandingkan dengan usia lain, siapa yang paling banyak terlibat dalam perkembangan bahasa ini?a. Orang bau tanah di rumahb. Guru di sekolahc. Teman sebayad. Pengasuh
- Seorang anak yang mempunyai IQ kurang mengalami kesulitan bahasa ekspresi alasannya hal sebagai berikut, kecuali ....a. Malu mengungkapkan perasaanb. Tidak tahu cara mengungkapkannyac. Sulit memilih kata yang tepatd. Perlu waktu cukup usang untuk berfikir dibandingkan yang lain
- Selain bicara, apakah hal lain yang penting dalam dasar perkembangan bahasa ana prasekolaha. Mendengarb. Menulisc. Menganalisisc. Mengarang
- Esensi terpenting beri anak dimana ia harus membereskan sisa-sisa material yang ada ialah agar ....a. Bersihb. Guru tidak capekc. Anak mencar ilmu untuk bertanggung jawab dengan tugasnyad. Anak tidak jatuh
- Apabila guru tidak bisa bernyanyi, apa yang harus dilakukannya?a. Tetap mengajarkan seni dengan tunjangan kaset/CD lagu.b. Tetap bernyanyi dengan bunyi yang falsc. Tidak mengajarkan senid. Meminta anak saja yang bernyanyi
- Peranan bermain yang sempurna berdasarkan Freud ialah ....a. Meredakan rasa cemas pada anakb. Mengatasi dilema anakc. Menanamkan nilai positif pada anakd. Mengembangkan kemudahan anak
- Kegiatan anak merepresentasikan pengalaman faktual atau khayalnya melalui penggunaan objek, gerakan, dan bahasa terjadi pada tahap bermain ....a. Sensorimotorb. Simbolikc. Sosiald. Olahraga
- Menurut Papalia secara garis besar acara bermain dikelompokkan dalam tiga kategori, kecuali bermain ....a. Peranb. Konstruktifc. Khayaland. Fungsional
- Bermain simbolik mulai dialami anak pada tahap perkembangan ....a. Sensorimotorb. Praoperasionalc. Akhir sensorimotord. Akhir praoperasional
- Hasil penelitian menandakan bahwa anak wanita yang mempunyai hormon androgen dalam kadar tinggi akan kecuali ....a. Tidak suka bermain bonekab. Lebih pasifc. Tidak bahagia menjaga adikd. Lebih mendominasi
- Berikut ini ialah cara mencar ilmu yang sanggup diberikan untuk anak yang mempunyai gaya mencar ilmu kinestetik, kecuali meminta anak untuk ....a. Meraba permukaan yang halus dan kasarb. Berjalan dengan dan tanpa mata tertutup guna mencar ilmu memahami belum dewasa yang kurang beruntung (buta)c. Berlari pelan, kemudian cepat, dan mencicipi perbedaan yang terjadi dalam napas dan denyut nadid. Mengamati gerakan banyak sekali binatang
- Seorang anak memperlihatkan gejala lebam di wajah dan tangannya. Ada kemungkinan anak tersebut mengalami ....a. Pengabaianb. Penganiayaan secara emosionalc. Penganiayaan secara seksuald. Penganiayaan secata fisik
- Berikut ini pernyataan yang benar ihwal budaya, kecuali ....a. Budaya yang berbeda mempunyai norma-norma yang berbeda pula dalam banyak sekali halb. Nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan norma dari budaya yang lainc. Adanya perbedaaan budaya sanggup menyebabkan terjadinya kesalahan interpretasi terhadap sikap anakd. Budaya mensugesti cara seseorang berpikir dan berinteraksi dengan orang lain
- Kegiatan yang sanggup dilakukan guru dalam meningkatkan phonological awareness antara lain ....a. Bermain peranb. Game tebak katac. Story tellngd. Syair
- Pertanyaan dibawah ini yang tidak termasuk definisi dari seni secara umum ialah ....a. Selalu merupakan sesuatu yang indahb. Hanya sanggup dinikmati sendiric. Merupakan hasil eksplorasi terhadap lingkungannyad. Hasilnya sanggup dinikmati oleh orang banyak
- Pada usia berapa insan mulai bereaksi terhadap suara?a. Saat masih di dalam kandungan, berusia 2 bulanb. Saat masih di dalam kendungan, berusia 7 bulanc. Saat dilahirkand. Pada ketika masuk TK
- Mulai usia 2 tahun, tahapan anak dalam menggambar ialah ....a. Scribblingb. Tadpolec. Menggambar orang dengan lengkapd. Tidak ada tahapan untuk usia 2 tahun
- Elemen gerakan ialah sebagai berikut, kecuali ....a. Kontrol tubuhb. Area yang digunakanc. Kekuatan gerakand. Kognisi
Kunci Jawaban:
- d. Normatif berdasarkan usia
- b. Mengajak Loli bicara semenjak ia masih bayi
- b. Masa kanak-kanak awal
- c. Fisiologis dan psikologis
- c. Kognitif dan psikososial
- c. Makanan dan tidur
- b. 4 -5 tahun
- d. Menjadi pemenang
- b. Makan sendiri
- d. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
- d. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi
- d. Yang tertabrak mobil
- d. Tanggung jawab pemerintah dalam memperlihatkan tunjangan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di daerah terpencil
- b. Cephalocaudal
- a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua
- a. Fisiologis
- a. Faktor herediter
- b. Lingkungan daerah tinggal keluarga
- d. "Saya gemar melompat dan berlari"
- a. Berbagi cerita
- b. Tanggung jawab terhadap diri
- c. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas
- a. Perkembangan moral
- b. Excahange of favors
- c. Transgresi moral
- d. Fleksibel
- d. Model
- c. Mencapai yang faktual dan potensial
- a. Refleks
- a. Deduktif
- c. Bicara tanpa bahasa
- b. Anak masih berada di perut ibu/sebelum melahirkan
- c. Teman sebaya
- a. Malu mengungkapkan perasaan
- a. Mendengar
- c. Anak mencar ilmu untuk bertanggung jawab dengan tugasnya
- d. Meminta anak saja yang bernyanyi
- a. Meredakan rasa cemas pada anak
- b. Simbolik
- a. Peran
- c. Akhir sensorimotor
- b. Lebih pasif
- d. Mengamati gerakan banyak sekali binatang
- d. Penganiayaan secata fisik
- b. Nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan norma dari budaya yang lain
- d. Syair
- b. Hanya sanggup dinikmati sendiri
- b. Saat masih di dalam kendungan, berusia 7 bulan
- a. Scribbling
- d. Kognisi